Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol Versi MasIrfun

MasIrfun

Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol Versi MasIrfun
MasIrfun.com - Cara Memulai Bisnis Online dari Nol - Tahukah kamu apa itu bisnis ? Bisnis merupakan salah satu kegiatan yang biasanya dilakuakn oleh individualisme ataupun dalam bentuk berkelompok. Dalam dunia bisnis, mungkin banyak sekali permasalahannya. Termasuk masalah pada "Apa yang harus dilakukan untuk memulai bisnis ?".

Pertanyaan simpel, namun dalam banget artinya yang membutuhkan penjelasan sederhana, singkat, tetapi mudah dipahami. Yap, banyak sekali para pemulai yang bingung sekali terhadap langkah awal dalam memulai bisnis. Bahkan, mereka sampai-sampai riset untuk tahu apa yang harus dilakukan dalam memulai bisnis online dari nol.

Memulai bisnis online dari nol adalah salah satu langkah merintis menuju kesuksesan di era digital ini. Apalagi di jaman yang serba teknologi, semua bisa kita lakukan dengan mudah dengan memanfaatkannya. Oleh karena itu, MasIrfun akan memberikan ulasannya sebagai berikut.

Cara Memulai Bisnis Online dari Nol


tips-cara-memulai-bisnis-online-dari-nol inilah langkah yang harus dilakukan khusus untuk pemula. Cara yang ampuh bikin sukses dalam memulai bisnis online mulai dari nol.

Kamu suka dalah dunia bisnis dan ingin merintis dari nol sampai sukses ?

Semua orang tentunya bisa suksesk, kan ? Tenang, kamu pun mempunyai kesempatan untuk menjadi orang yang sukses dengan cara memulai bisnis online dari nol dengan memanfaatkan teknologi.

Yang perlu kamu tekankan dalam memulai bisnis online antara lain :


  • Niat
  • Usaha
  • Doa
  • Istiqomah


Empat hal yang harus kamu ingat sebelum memulai bisnis online dari nol ini. Karena keempat faktor diatas sangat mempengaruhi berkembang atau tidaknya sebuah bisnis kedepan nantinya.

Namun, terkadang ada pula para pemula yang gagal di awal, di tengah-tengah, dan di akhir. Apa alasannya utamanya ? Yaitu mereka tidak benar-benar serius dalam terjun di dunia bisnis dan selalu pesimis untuk bersaing dengan kompetitor lainnya.

Buat kamu yang ingin berbisnis, berikut cara memulai bisnis online dari nol versi MasIrfun.

1. Mencari Inspirasi


Hal yang pertama harus kamu lakukan adalah inspirasi. Yap, inspirasi ini dapat dikatakan sama halnya dengan menentukan ide pokok atau topik yang mau di bisniskan.

Entah itu berasal dari kerabat keluarga, saudara, ataupun teman sekalipun dalam mendapatkan inspirasi produk apa yang harus dijualkan.

Namun, setelah kamu tahu ini, kamu harus benar-benar mempertimbangkan dengan daerah sekitar yang cocok dengan berjualan produk apa yang lagi populer.

Jika kamu sudah menemukan ide ataupun inspirasi untuk berjualan yang cocok di daerah masing-masing, maka kamu dapat langsung action dengan produk tersebut.

2. Mencari Tahu Asal Produk


Hal yang kedua harus kamu lakukan adalah mencari tahu asal produk itu sendiri. Diantaranya kamu dapat melihat dengan betul-betul asal darimana produk yang akan kamu buat jualan.

Inilah salah satu cara untuk kamu mengetahui apakah produk tersebut asli, original, kualitasnya bagus, dan lain-lain.

Berbagai cara pula ada yang mulai dari reseller, dropsiher, atau bisa jadi produk tersebut buatan sendiri.

Jadi, kembali pada asal produk itu sendiri dengan memilih dan memilah supplier mengenai kualitas produknya.

Karena menurut MasIrfun, ini adalah salah satu langkah awal agar ketika para konsumen membeli produk kita tidak akan menyesal ataupun kecewa dengan hasilnya.

Baca juga : Ide Peluang Bisnis Online Rumahan Terbaik tahun 2019

3. Menentukan Tempat Menjual Produk


Cara memulai bisnis online dari nol selanjutnya yaitu kamu harus menentukan tempat menjual produknya dimana. Kamu dapat melihat sekitar lingkungan dengan memperhatikan apakah tempat tersebut strategis dalam memasarkan produkmu atau tidak.

Nah, jika kamu tidak ahli dalam membuat website sendiri untuk bisnis online shope ini bisa memasarkan di toko online yang terpercaya.

Misalnya seperti yang kita ketahui bahwa Bukalapak, Shopee, Lazada, ini adalah salah satu marketplace yang populer di era sekarang ini.

Tetapi kamu kalau mempunyai keahlian dalam mengelola website ini bisa membuat sendiri akan lebih memamerkan brand sendiri. Meskipun awalnya akan terasa sulit dalam mencari kepercayaan konsumen.

Perlu diingat, apabila kamu ingin membuat website online shop ini usahakan dengan menggunakan hosting dan domain yang berbayar, jangan gratisan yaa.

Mengapa domain penting untuk bisnis? Hal ini tentunya sudah MasIrfun jelaskan pada artikel yang sebelumnya. Sehingga kamu dapat membacanya sendiri.

4. Membuat Brand untuk Orang Percaya


Cara memulai bisnis online dari nol terakhir ini adalah kamu membuat brand atau merek untuk memikat orang percaya terhadap produk kamu.

Hal ini bisa dikatakan sangat sederhana, tetapi sulit untuk dilakukan. Namun, jika kamu berhasil membangun brand dengan kepercayaan konsumen ini akan memberi kesempatan dan kemudahan dalam berbisnis online.

Ada juga orang yang membuat brand atau merek dengan asal-asalan misalnya pada hal kecil ini dengan memberikan logo yang tidak revelan.

Selain itu, carilah ide untuk membuat nama yang mudah diingat untuk semua orang dengan logo yang kamu buat se-menarik mungkin.

Hal ini tentunya berkaitan dengan alasan kenapa domain penting untuk sebuah bisnis kamu.

5. Aktif Dalam Sosial Media


Jika kamu benar-benar ingin memulai bisnis online dari nol ini harus memantau di sosial media. Dimana kamu mempromosikan produkmu melalui sosial media pribadi.

Sehingga, selain kamu memasarkan di marketplace online shop ini kamu dapat promosi sendiri. Berikan kata-kata yang menarik agar konsumen tertarik dengan apa yang kamu perjualkan.

Kalau sudah mempunyai pelanggan atau konsumen, usahakan untuk fast respon. Karena terlambat saja, kamu akan kehilangan kesempatan.

Selain itu, kamu harus bener-bener amanah serta tanggung jawab dalam memberikan yang sesuai dengan kenyataannya.

Agar, jika konsumen mengecek memang benar kualitasnya bagus. Jangan sampai kualitasnya jelek, kamu bilang bagus.

Baca juga : Tips Strategi Promosi Pemasaran Bisnis Online

Nah, itulah yang bisa MasIrfun jelaskan untuk kesempatan kali ini. Semoga dapat menjadikan refrensi dan membuat kamu semakin tekun dalam menggeluti dunia bisnis.

Selamat Mencoba !
MasIrfun
Load comments