Apa itu Startup ? Sejarah, Pengertian, dan Cara Memulai Bisnis Startup

MasIrfun

Apa itu Startup ? Sejarah, Pengertian, dan Cara Memulai Bisnis Startup
MasIrfun.com - Apa itu Startup - Pernahkah kamu mendengar sebuah istilah Startup? Tahukah kamu apa itu Startup ? Mungkin orang awam yang tidak tahu tentang bisnis tentunya belum mengenal sama sekali Startup Ini. Karena kalau berbicara mengenai Startup ini tentu hal ini tidak jauh-jauh dengan yang namanya bisnis. Ya, walaupun ada sebagian orang yang mempunyai anggapan bahwasannya Startup ini merupakan bisnis perjudian.

Ternyata orang yang mempunyai anggapan seperti itu, menurut MasIrfun tidak mengerti apa itu Startup. Karena pada dasarnya Startup ini merupakan bisnis yang sangat menggiurkan dan tentunya mempunyai nominal yang sangat tinggi sekali. Apabila kamu menganggap Startup adalah sebuah perjudian, maka itu artinya kamu bukanlah salah satu orang yang termasuk otak pembisnis.

Nah, Pada kesempatan kali ini MasIrfun akan mengulas tentang Apa Itu Startup. Banyak sekali yang belum mengenal salah satu bisnis yang sangat-sangat membuat kita menjadi orang HEBAT. Karena Starup sendiri di Indonesia ini sudah terbukti berhasil untuk sebagian orang menikmatinya.

Sejarah Singkat Bisnis Startup 


Apa itu Startup ? Sejarah, Pengertian, dan Cara Memulai Bisnis Startup

Apa itu Startup ? Ternyata kata Startup ini adalah serapan dari Bahasa Inggris yang berarti tindakan atau proses memulai sebuah organisasi baru atau juga usaha bisnis. Apabila kita melihat istilah Startup ini berkaitan dengan teknologi, website, internet, dan masih banyak lagi. Hal tersebut terjadi karena istilah Startup sendiri mulai populer secara Internasional pada masa Gelembung_dot_com.

Apa itu Gelembung_dot_com? Fenomenan yang terjadi pada Gelembung_dot_com merupakan pada saat periode sekitar tahun 1998 sampai 2000 ini banyak perusahaan dot-com didirkan secara bersamaan. Ketika itu sedang gempar-gemparnya perusahaan membuka website pribadinya. Semakin banyak orang yang mengenal internet sebagai ladang baru untuk memulai bisnisnya dan saat inilah Startup lahir dan berkembang.

Berdasarkan pernyataan Ronald Widha dari TemanMacet_dot_com, Startup tidak hanya perusahaan baru yang bersentuhan dengan teknologi, dunia maya, aplikasi atau produk tetapi dapat juga mengenai jasa dan gerakan ekonomi rakyat akar rumput yang dapat mandiri tanpa bantuan perusahaan-perusahaan yang lebih besar dan mapan.

Kemudian berputar-putar mencari informasi mengenai Startup lewat bantuan pada pencarian Google, bahwa menyebutkan untuk Startup sendiri mempunyai kharakteristik. Menurut informasi yang saya baca pada website TechinAsia bahwa Startup ini mempunyai 7 kharakteristik antara lain :

-Usia perusahaan kurang dari 3 tahun
-Jumlah pegawan kurang dari 20 orang
-Pendapatan kurang dari $100.000/tahun
-Masih dalam tahap berkembang
-Secara umum beroperasi dalam bidang teknologi
-Produk yang dibuat berupa aplikasi dalam bentuk digital
-Biasanya beroperasi melalu website

Dari kharakteristik diatas mungkin tampak bahwa Startup lebih condong ke perusahaan yang bergerak dalam bidang teknologi dan website. Akan tetapi, faktanya memang seperti demikian, kini perkembangan perusahaan yang lazim dilabeli nama Startup merupakan perusahaan yang berkenaan dengan bidang teknologi dan online.

Pengertian Apa itu Startup ?


Apa itu Startup ? Berdasarkan sumber refrensi pada Wikipedia yang MasIrfun baca bahwa Startup merupakan perusahaan ristisan, umumnya disebut dengan Startup atau juga ejaan lain seperti Start-up) yang merujuk pada semua perusahaan yang belum lama beroperasi.

Pengertian Startup ini bisa jadi lebih terminologinya, akan tetapi menurut MasIrfun sendiri ini akan lebih mudah apabila istilah Startup diartikan menajdi perusahaan baru yang sedang berkembang. Dimana perkembangan akhir tahun 1990 sampai dengan tahun 2000, ternyata istilah Startup banyak diketerkaitan dengan teknologi, web, internet dan masih banyak lagi.

Adapun Apa itu Startup berdasarkan pernyataan para ahli yaitu :

Startup adalah sebuah perusahaan yang di desain untuk berkembang dengan cepat. baru dirintis tidak serta merta membuat sebuah perusahaan menjadi Startup. Perlu diinggat bahwa Startup tidak harus bergerak dalam bidang teknologi, memperoleh dana dari investor, dan melakukan exit. Hal yang paling penting yaitu berkembang dengan cepat. Semua hal yang berkaitan dengan Startup akan mengikuti perkembangan perusahaan tersebut. - Ungkat Paul Graham.

Dari penjelasa diatas bisa disebutkan bahwa Startup tidak harus bergerak dalam bidang teknologi saja, meskipun kebanyakan Startup yang ada bergerak pada bidang ini seperti Web, IOT, Internet atau juga Perangkat Portabel.

Perkembangan Startup di Indonesia


Di negara Indonesia sendiri ini perkembangan Startup bisa dibilang cukup bagus dan membahagiakan. Setiap tahun banyak sekali founder-founder Startup baru bermunculan di Indonesia ini. Berdasarkan sumber dari dailysocial.net ini sekarang sudah terdapat setidaknya lebih dari 1500 Startup loka yang ada di Indonesia. Potensi pengguna Internet Indonesia yang semakin naik dari tahun ke tahun ini membuat suatu lahan basah untuk mendirikan Startup.

Berdasarkan Rama Mamuaya meruapakan CEO dari dailysocial.net ini, bahwa Startup di Indonesia digolongkan dalam tiga kelompok yaitu Startup pencipta game, Startup aplikasi edukasi dan Startup perdagangan seperti e-commerce juga informasi. Menurut Rama ini pada Startup game dan aplikasi edukasi punya pasar potensial dan terbuka di Indonesia. Hal tersebut dikarenakan proses pembuatan game dan aplikasi edukasi relatif mudah.

Dengan berkembangnya media sosial dan smartphone, pasar untuk mobile game dan social game semakin besar. Sedangkan untuk aplikasi atau website yang bergerak dalam bidang e-commerce dan informasi, CEO dari dailysocial.net menilai tantangannya di Indonesia masih cukup besar karena masih minimnya pengguna kartu kredit.


Langkah Awal dalam Memulai Bisnis Startup


Kenali dirimu Sebelum memulai sebuah bisnis Startup ini, kamu harus lebih memahami diri sendiri. Kenali hal yang menjadi kekuatan dan kelemahan pada dirimu. Kenali pekerjaan yang bisa kamu lakukan dengan baik dan mana yang harus kamu hindari. 

Berjalannya kamu memulai menjalankan usaha, maka akan lebih banyak waktu yang dihabiskan sendirian dan banyak halangan justru muncul dari pemikiran pribadi. Pengetahuan mengenai diri sendiri akan banyak berguna untuk mengatasi halangan tersebut. terutama dalam melawan dorongan untuk berhenti berusaha.

  • Mempertajam Feeling

Banyak sekali bos besar yang bicara mengenai insting ketika mereka mempertimbangkan keputusan tertentu. Ada pula sebagian orang yang mengambil keputusan secara impulsif kemudian mengacaukan banyak hal. Kamu harus mempelajari perbedaan kedua hal tersebut, pikirkan dengan baik sebelum melakukan apapun. Gunakan keinginan itu tercata permanen dalam pikiran. Tidak hanya itu, karena hal ini dapat membantu menyusun definisi keputusan utama.

  • Tulis tujuanmu

Ambil bulpen atau apapun untuk media tulis dan kertas, kemudian tuliskan keinginan pribadi kamu disana. Cara seperti ini membuat keinginan itu tercatat permanen dalam pikiran. Selain itu, jua dapt membantu kamu menyusun definisi simple mengenai usaha yang akan kamu dirikan. Jangan lupa untuk menyimpan kertas ini di tempat yang mudah dilihat, Ingat ! Tulis menggunakan bulpen, jangan mengetik !

  • Melakukan Riset

Apapun yang kamu lakukan, pastikan selalu melakukan riset sebelum mengambil keputusan. kamu wajib selalu mempunyai bukti pendukung keputusan, jangan hanya mengandalkan insting atau pendapat diri sendiri. Seperti sebelum menentukan media sosial yang akan digunakan, telitilah dulu komposisi dan potensi penggunanya bagi brand milikmu.

  • Pelajari tabu

Setiap industri mempunyai tabu tersendiri yang tidak disebutkan secara terang-terangan. Tugasmu saat mengawali usaha yaitu menyadari topik, bahasa sampai percakapan tabu apa saja yang sebaiknya ditinggalkan. MasIrfun berikan contoh sederhana, apabila target brand kamu itu vegetarian artinya jangan sekali-sekali mengunggah sesuatu yang berkaitan dengan daging.

  • Mencoba hal baru

Bersikap terbuka pada kesempatan untuk mencoba sesuatu yang baru. Apabila sempat, lakukan riset terkai hal baru tersebut. Bayangkan produk yang kamu buat belum pernah ada di pasar, maka lakukan uji coba supaya dapat mengetahui tingkat efektivitasnya menurut kamu.

  • Orginal

Banyak orang yang berusaha mempunyai produk. Jadilah original karena kamu dapat memikirkan sesuatu yang unik dan berguna untuk pelangganmu. Jangan sekedar melakukan tindakan acak demi disebut unik.

  • Atur Strategi

Buatlah perencanaan yang sesuai dengan tujuan utamamu. Atur strategi dalam bentuk rencana jangka pendek dan jangka panjang. Tuliskan hal-hal yang ingin kamu dapatkan dalam sebulan, setahun, lima tahun, dan bahkan sepuluh tahun yang akan datang. Catat juga bagaimana caramu untuk mencapainya.

  • Bergerak dinamis

Sekarang dapat saja kamu telah membuat strategi dan rencana bisnis dengan detail hingga ke tahun-tahun yang akan datang. Namun jangan malah kaku dan mengikuti rencana tertulis itu tanpa pertimbangan baru. Berjalannya tahun akan ada teknologi baru, keinginan pasar berubah, konsumen berubah. Maka bersikaplah dinamin, Jalankan strategi awalmu dengan kesiapan untuk mengubahknya sewaktu-waktu diperlukan.

  • Lacak tindakanmu

Kamu perlu mencatat apa saja yang telah dilakukan untuk membangun bisnis. Catat segala hal tentnag aktivitas di media sosial, e-mail, jumlah download aplikasi, dan lain sebagainya. Dengan cara inilah kamu akan paham tindakan apa saja yang berhasil, apa yang wajib diubah dan apa yang harus ditinggalkan.

Cara Memulai Bisnis Startup


Cara memulai bisnis Startup yang menurut MasIrfun ini sangatlah sederhana sekali. Karena cara-cara yang MasIrfun kasih tentunya sudah pernah dilakukan dari para ahli-ahli yang berhasil. Darimana MasIrfun tahu ? Semua MasIrfun tahun karena melalui riset dalam pencarian di Google.

  • Tujuan

Tujuan merupakan hal yang sangat krusial apabila kamu ingin memulai bisnis atau sesuatu hal lainnya. Tujuan yang MasIrfun maksud yaitu bukan hanya dari segi keuangan, namun ciptakan sebuah tujuan yang nantinya akan menjadi target untuk bisnis Startup kamu.

  • Niat

Hal yang paling mendasar saat kamu sudah mempunyai apa tujuanmu dalam membangun bisnis Startup ini yaitu Niat. Karena tanpai Niat yang kuat usaha bisnis yang sedang kamu bangun bisa saja terhambat dikarenakan rasa malas dan sudah tidak ingin melanjutkan lagi. Hal tersebut karena niat yang kurang kuat dalam membangun bisnis Startup.

  • Temukan Ide Bisnis

Ide Bisnis dan tujuan merupakan sesuatu hal yang berbeda. Ide bisnis yaitu hal apa yang akan kamu lakukan dalam kegiatan bisnis Startup ini ada baiknya kamu membangun sesuai pada bidang kamu. Karena melakukan hal yang sesuai dengan bidang akan membuat kita nyaman dan tidak membuat kita bosan.

  • Membuat Strategi Bisnis

Temukan strategis bisnis yang terbaik yaitu mengetahui akan membuat Startup apa, kamu wajib membuat strategi supaya startup kamu bisa berdiri. Dimana strategi lebih simplenya sama halnya dengan visi misi yang ada pada sekolah kita.

  • Bangun Tim dan Lakukan Tes Pasar

Sebagi tim kamu juga wajib pintar dalam memeriksa hal yang sedang laku di pasaran atau melakukan survey di pasar yang ada. Selalu mengecek apa yang sedang trending atau coba ciptakan sesuatu yang mempunyai indikasi bisa menjadi trending.

  • Konsisten

Dalam sebuah bisnis memulai apapun apabila kamu tidak konsisten, sama hal nya kamu membangunnya dengan setengah-setengah. Artinya sesuatu yang kamu bangun akan lambat berdirinya. Lebih baik berkonsisten dari dini untuk tidak menysal di kemudian hari, karena menikmati hasil diawali kerja keras sebelumnya.

Nah, itulah diatas tentang Apa Itu Startup yang sudah MasIrfun jelaskan begitu lengkap dan singkat. Semoga dengan adanya artikel ini, kamu mempunyai keinginan menjadi salah satu pembisnis tentunya menjadi Startup dalam team kamu. Sekian dan terima kasih atas membaca artikel ini sekiranya sampai tuntas.
MasIrfun
Load comments