Tuesday, March 19, 2019

Tips SEO : 5 Cara Menulis Artikel SEO Friendly yang Berkualitas

MasIrfun.COM - Artikel SEO, mungkin blogger pemula seperti saya masih mengabaikan dengan namanya SEO. Karena bagi saya awal nge-blog ini hanyalah asal-asalan post dengan memberikan informasi yang menarik dan semoga bermanfaat. Cara Menulis Artikel SEO, menurut saya merupakan sebuah salah satu hal yang bisa dikatakan mudah dan juga bisa dikatakan susah.

Tips SEO : Cara Menulis Artikel SEO yang Berkualitas Cocok bagi Pemula

SEO berasal dari singkatan Search Engine Organization, merupakan sebuah mesin pencari google yang membuat artikel kita nangkring di halaman pertama. Belajar SEO mungkin adalah salah satu yang membuat para blogger pemula seperti saya ini pusing, oleh karena itu kamu bisa membaca panduan menerapkan seo terlebih dahulu di artikel yang terkait. Nah, diatas mengapa saya mengatakan bahwa menulis artikel seo itu dikatakan mudah dan juga susah?

Pasalnya, dalam menulis artikel SEO ini sangatlah mudah menurut versi saya. Hanya dengan meniru pola kosakata pada web-web terbesar kita bisa menyainginya. Namun, hal ini bukan berarti kita meng-COPAS kata-katanya karena lebih tepatnya me-rewrite dengan kata-kata sendiri terus jangan lupa cek PLAGIAT di tools terbaik kamu.

Cara Menulis Artikel SEO Terlengkap Cocok Bagi Pemula Versi MasIrfun


Dengan menulis artikel seo ini akan membuat blog/website kamu akan semaki populer dan terkenal di SERP. Namun seperti yang sudah saya katakan bahwa dalam menulis artikel seo ini susah, karena kita bisa nangkring di halaman pertama. Namun yang susah adalah mempertahankannya. Hehe.

Nah, pada kesempatan kali ini akan saya sajikan dan MasIrfun akan kasih beberapa tips dibawah ini yang akan saya ulas. Sebelum kamu mengenal apa itu Backlink? Maka seharusnya kamu harus menulis artikel yang berkualitas terlebih dahulu. Karena menurut saya antara Konten vs Backlink itu lebih berkualitas Konten, dengan konten yang berkualitas ini dapat membuat website kamu nangkring di halaman pertama walaupun ada algoritma google baru update.

1.Riset Keyword


Hal yang pertama sebelum kamu menulis artikel yaitu me-riset keyword, maksudnya adalah mencari kata kunci yang banyak di cari oleh Audiens. Memilih kata kunci bagi MasIrfun yaitu bagian terpenting, karena hal ini bisa mempengaruhi performa blog atau webstie kamu dalam pencarian Search Engine. Tidak hanya itu saja, karena Riset Keyword ini juga mempunyai fungsi untuk menentukan kata kunci yang cocok dipakai dalam website dan blog kamu.

Lalu, apa yang wajib diperhatikan dalam Riset Keyword ini? Sebelum mengetahui apa saja hal yang diperhatikan dalam riset keyword ini, saya akan me-rekomendasikan 3 tools yang biasanya digunakan para ahli yaitu :


  • Google Keyword Planner
  • Keywordtool io
  • Ubbersuggest


Ada 4 hal yang perlu kamu perhatikan sebelum menulis artikel SEO ini yaitu dengan Riset Keyword.. Secara umum yang saya ketahui bahwa Riset Keyword ini hanya terdiri dari 4 jenis diantaranya Search Volume, Keyword Suggestion, Keyword Difficult dan terakhir SERP. Berikut penjelasannya dibawah ini !

Search Volume


Search volumer Riset keyword (Kata Kunci), merupakan berapa kata kunci yang banyak sekali mencari atau peminatnya di Google. Secara umum bahwa keyword tools ini akan memperlihatkan keyword dalam waktu kurang lebih satu bulan yang terakhir. Saya ambil contoh bahwa

Kamu sedang mencari di google dengan kata”Letak Kata Kunci SEO”, disitu akan tertera bahwa volumenya 10.000 seperti gambar dibawah ini. Dalam hal ini artinya bahwa kata kunci ini dicari dalam kurun waktu satu bulan terakhir sekitar segitu.

Letak Kata Kunci SEO versi MasIrfun

Keyword Suggestion


Keyword Suggestion ini yang mempunyai arti saran kata kunci, maksudnya bahwa hal ini terkait denga kata kunci apa yang sedang kamu cari. Saya ambil contoh yaitu :

Kamu sedang melakukan Riset Keyword dengan kata kunci “Belajar SEO”, biasanya hal ini akan di luruskan denagn tools keyword yang memberikan saran kata kunci. Misalnya “Belajar SEO Lengkap Bagi pemula” atau “Panduan Menerapkan SEO” dan lain sebagainya. Seperti gambar dibawah ini.

Panduan Menerapkan SEO Bagi Pemula

Keyword Difficult


Dalam Keyword Difficult ini merupakan salah satu hal yang menunjukkan kepada kamu bahwa kata kunci mempunyai kesulitan pada kata kunci di halaman pertama. Secara umum keyword tools ini memakai skala antar 0-100. Artinya semakin besar angka tersebut, maka akan sulit untuk menempati posisi untuk menyaingi di halaman pertama.

Search Engine Result Page


Search Engine Result Page yang biasa kita singkat SERP untuk lebih mudah mengingatnya. SERP ini memperlihatkan peringkat teratas dalam pencarian Google dengan keyword yang sudah kamu riset. SERP ini berfungsi melihat halaman-halaman yang nangkring di halaman teratas di pencarian Google.

2. Keyword Density yang Ideal untuk SEO


Setelah mendapatkan kata kunci dengan cara Riset Keyword diatas, MasIrfun akan mengenalkan kepada kamu tentang Keyword Density. Secara umum, Keyword Density merupakan kepadatan antara jumlah kata artikel dan keyword yang tertera dalam artikel tersebut. Hal ini dapat menyebabkan website/blog kamu menjadi buruk jika tidak memperhatikan betul-betul.

Pasalnya, keyword density ini mempunyai peranan yang sangat penting dalam menunjang artikel kamu semakin berkualitas. Sedikit saja dalam meletakkan keyword density ini juga buruk, apalagi kamu menempatkan kata kunci keyword density banyak dalam artikel ini dapat membuat penalty pada blog/website kamu. Lalu, berapa prosentase keyword density yang ideal untuk SEO?

Berdasarkan informasi yang saya dapatkan dari para ahli yang sudah berpengalaman yaitu sekitar 1 - 2,5%. Cara mengecek keyword density sementara yang saya tahu untuk pengguna Wordpress yang mudah menggunakan tools YOAST SEO. Bagi kamu, yang ingin lebih profesional maka gunakanlah Wordpress (Saran saya).

3. Membuat Artikel yang Panjang


Berdasarkan para master SEO bahwa dalam membuat artikel di sarankan memuat artikel yang sangat panjang dan dalam. Maksudnya ialah bahwa dalam sebuah artikel panjang normalnya sekitar 1000kata-1500kata, kalau ingin lebih joss lagi kamu bisa membuat artikel lebih dari 2000kata an. Asalkan dalam pembuatan artikel yang kamu buat tidak membuat Audiens berputar-putar yang artinya kosakata terlalu merumitkan untuk dipahami oleh pembaca.

Seperti yang sudah saya telusuri dalam mesin pencarian google dengan kata kunci “Panduan Menerapkan SEO”, dimana pada halaman pertama sampai kebawah mempunyai jumlah kata yang begitu banyak. Oleh karena itulah, untuk kamu yang ingin membuat artikel yang berkualitas dapat dengan cara salah satunya dengan panjang kata sekitaran 1000-1500kata.

4. Membuat Judul Yang Menarik


Membuat Judul artikel tentunya tidaklah semudah membalikkan kedua tangan, karena kita harus memikirkan judul artikel cocok dengan isi yang sudah kita buat artikelnya. Dalam hal cara menulis artikel SEO ini hal ini juga dapat dikatakan penting untuk menarik pengunjung. Oleh karena itulah, judul yang harus kamu buat se-menarik mungkin untuk memikat para pengunjung.

Seperti halnya TribunNews, merupakan sebuah media besar yang telah menyajikan informasi yang menurut saya sangatlah menarik dalam hal judul. Mengapa demikian? Faktanya, blog/website ini menjadi ranking 1 jika kamu mengecek di alexa rank. Untuk itu, maka gunakan kosakata agar dapat memikat para Audiens untuk meng-klik website kamu.

5.Permalink


Permalink, merupakan suatu istilah yang dipakai dalam URL di sebuah website/blog. Permalink ini berasal dari kata Permanen Link yang menurut bahasa Indoneisa yaitu Tautan Permanen. Dalam hal ini juga penting untuk website/blog kamu menjadi berkualitas.

Tidak kalah pentingnya, dalam membuat Permalink ini saran saya kamu mempersingkat URL yang biasa kita kenal dengan Slug Url. Maksudnya yaitu misalkan pada permalink kamu https://www.MasIrfun.com/daftar-hp-xiaomi-keluaran-terbaru-pada-tahun-2019.html. Hal ini tentunya akan mengurangi kualitas SEO, yang benar yaitu : https://www.masirfun.com/hp-xiaomi-keluaran-terbaru-2019.html.

Itulah artikel diatas yang sudah saya sajikan kepada kamu dengan lengkap mengenai bagaimana cara menulis artikel seo yang berkualitas cocok bagi pemula. Karena sebelum mengenal backlink, kamu harus membuat artikel yang berkualitas terlebih dahulu untuk Audiens. Dengan demikian, backlink lah yang akan datang kepada website/blog kamu.

Mungkin menurut versi MasIrfun adalah Konten is King, akan tetapi hal ini tidak dapat dipungkiri bahwa backlink juga berkualitas dalam menunjang peringkat halaman website/blog kamu. Jadi, kesimpulannya dalam konten atau backlink ini relatif yang tergantung siapa pemainnya. Karena setiap orang mempunyai keahlian masing-masing.

Artikel Terkait