Inilah 6 Cara Menghemat Baterai HP dari Semua Merek

Advertisement

Inilah 6 Cara Menghemat Baterai HP dari Semua Merek

Sunday, January 20, 2019

Perangkat Android biasa dikenal dengan konsumsi dayanya yang sangat besar sehingga cukup boros dalam konsumsi baterai. Maka dari itu kali ini MasIrfun akan mengulas beberapa tips sederhana untuk menghemat baterai Android supaya kamu tidak perlu repot untuk men-charge baterai setiap saat.


Padaa zaman modern sekarang ini, smartphone adalah salah satu benda yang tidak  dapat terpisahkan dari kehidupan kita. Smartphone ini sangat penting untuk sebuah komunikasi, mencari sebuah alamat, ataupun untuk penolong di saat terdesak lainnya.


Bahkan pada saat kamu sedang traveling atau mungkin lagi berwisata dan berada didalam di negara yang tidak kamu ketahui bahasa sekaligus jarang warga berbahasa Inggris. Nah untuk itu, kebetulan MasIrfun akan membahas tentang Cara Menghemat Baterai. Agar baterai tidak cepat habis, tidak ada salhanya mencoba beberapa tips atau cara menghemat baterai smartphone yang ampuh ini, supaya perjalanan wisata kamu tetap eksis guys!

Cara Menghemat Baterai HP Android Semua Merek

Baterai smartphone udah besar, tapi menapa baterai smartphone cepat habis ya? Mungkin kamu juga mengalami hal itu. Makanya supaya baterai Android kamu lebih hemat, KiniMasIrfun memberkan tips-tips yakni mencobalah untuk lakukan 6 Tips cara menghemat baterai android berikut:

1. Pilih Aplikasi yang Tepat



Meskipun tergiur dengan iming-iming diskonan sebuah online shop. Ingat, kalian harus memprioritaskan untuk memilih aplikasi yang penting saja. Beberapa aplikasi akan membuat baterai kalian terkuras habis. Beberapa online shop mengharuskan perangkat harus menyalakan fitur GPS yang cukup memboroskan baterai.

2. Aktifkan Battery Saver



Dengan cara battery saver ini, smartphonemu akan bisa secara otomatis “menidurkan” sedangkan untuk aplikasi-aplikasi yang sebenarnya tidak digunakan pada hari tersebut. Untuk itu, mesin smartphone baru bekerja pada saat kamu  sedang mengoperasikan aplikasi saja.

3. Gunakan Fitur Night Mode



Gunakan fitur night mode (Google Chrome). Fitur ini tentu saja sangat membantu sekali menghemat daya baterai. Sekaligus membuat kesehatan mata kalian terjamin. Gunakan ketika di dalam ruangan saja, setidaknya agar mengurangi penggunaan daya baterai yang dikeluarkan.

4. Matikan semua animasi yang yang membuat baterai boros



MasIrfun percaya salah satu hal ini merang sering tidak kamu perhatikan, sadarkah kamu kalau setiap tindakan di perangkat android ada animasi nya juga? Padahal kenyataannya  justru animasi ini yang membuat baterai android cepat habis amblas. Maka lebih baik kamu percepat saja animasi di android kamu masing-masing.Untuk melakukan pengaturan ini, kamu harus mengakses “menu rahasia” yang ada di setelah perangkat android. Dibawah ini langkahnya:

Cara Mengaktifkan Menu Rahasia dan Mengurangi atau Menghapus Perangkat Animasi

Mengaktifkan Menu Rahasia
Mengurangi atau Menghapus Animasi
Buka setelan. Buka Opsi pengembang.
Geser kebawah dan pilih “About Phone”. Setelah itu geser kebawah hingga dan lalu pilih Skala animasi jendela dan kemudian pilih 0,5.
Klik “Software Information” Pilih “Skala animasi transisi” dan pilih 0,5.
Yang ketiga geser kebawah lalu tekan “Nomor bentukan” atau “Build Number” 7 kali. Pilih “durasi animator” dan pilih 0,5.
“Sekarang kamu ialah Pengembang”, kamu akan mendapat pesan seperti itu.
-
Sekarang kembali ke setelah dan kamu akan melihat pengaturan baru: Opsi pengembang.
-

Perubahan akan berlaku dan tidak perlu merestart handphone. Silahkan kamu rasakan perbedaannya. Jarang diketahui oleh masyarakat umum, Bahwasannya animasi yang berkurang membantu menghemat masa penggunaan baterai sampai-sampai akan lebih awet.

5. Hindari Auto Brigtness



Meski memudahkan untuk melihat berbagai konten yang ditampilkan ke layar. Namun, fitur ini sangat mengurasa baterai smartphone kalian. Maka dari itu jauhi fitur seperti ini, yang kadang malah tak akurat menyesuaikan kondisi ruangan. Lima cara tadi bisa dilakukan tiap saat, bahkan jika dengan penerapan yang benar baterai smartphone kalian bakal bertahan sampai dua hari tanpa di isi ulang baterainya.

6. Jangan mengaktifkan Tethering



Tethering atau Hotspot Wi-Fi portabel sangat menguras baterai! saya sudah membuktikannya sendiri karena hampir setiap hari saya melakukannya. Untuk itu cara menghemat baterai android salah satunya yaitu dengan tidak menyalakan tethering. Mungkin di kampus atau sekolah kamu, banyak teman kamu yang minta untuk tethering, tetapi sebaiknya ketika baterai android tidak terlalu banyak maka sebaiknya kamu tidak perlu.

Sekian artikel mengenai Cara Menghemat Baterai Android. Cara menghemat baterai android ini dapat kamu gunakan untuk semua berbagai merek hp seperti smartfren, samsung, oppo, lenovo, asus, advan, dan merek lainnya. Sampai pada saat ini merupakan salah satu cara efektif membuat baterai android tahan lama.