Belajar SEO: SEO On-Page dan Off-Page (Update 2019)

Advertisement

Belajar SEO: SEO On-Page dan Off-Page (Update 2019)

Friday, December 28, 2018

Cara Penerapan SEO On-Page dan Off-Page 2019

Belajar SEO: SEO On-Page dan Off-Page (Update 2019)

SEO singkatan yang berasal Search Engine Optimization, SEO adalah sebuah teknik atau upaya yang dilakukan webmaster agar website yang mereka kelola masuk pada halaman pertama bahkan nomor satu dihalaman pertama di mesin pencarian ( google, bing  ). SEO ini menjadi dua bagian yaitu SEO OnPage  dan OffPage. SEO OnPage merupakan sebuah cara atau tindakan yang dilakukan oleh webmaster untuk optimasi sebuah website dari dalam. Seperti nama domain, URL, template, tag judul. Sedangkan untuk SEO OffPage merupakan sebuah cara atau tindakan yang dilakukan oleh webmaster untuk optimasi sebuah website dari luar. Seperti social media, backlink, beriklan.
Baca juga : Belajar SEO : Panduan Lengkap Dalam Menerapkan SEO
Sebagai pemilik atau webmaster sebuah website tentunya ingin website tersebut dikenal banyak orang, dapat kunjungan banyak orang dan opini yang positif terhadap website tersebut.

Apa saja sih yang di dapat dari optimasi  seo OnPage and OffPage ?


  1. Website Berada dihalaman pertama mesin pencarian
  2. Website lebih cepat dikenal
  3. Website lebih ramai atau banyak pengunjung
  4. Isi Website lebih mudah dipahami pengunjung
  5. Penghasilan dari website akan bertambah

Kapan seharusnya menerapkan seo OnPage and OffPage ?


  1. Ketika Membangun Website
  2. Memilih Domain
  3. Melengkapi Webiste dengan Konten (Tittle Tag, Meta Description , URL, Konten yang berkualitas, Menggunakan Tag Heading sewajarnya, Teks Tautan, Pengoptimalan Gambar)
  4. Pada saat mempromosikan webiste (Social Media, Social Bookmark, Beriklan)


1. Teknik SEO On-Page

Optimalisasi halaman atau SEO On-Page adalah teknik optimalisasi yang digunakan pada website itu sendiri dengan tujuan agar mesin pencari mengetahui apakah website kamu sudah relevan/ sesuai dengan apa yang dicari oleh pengguna dengan kualitas yang baik. Dengan kata lain, kamu mengoptimalisasi website agar struktur serta kontennya bermanfaat bagi pengunjung, memudahkan pengunjung untuk bereksplorasi, pengunjung merasa “betah” dan mesin pencari mengerti struktur website kamu.

Perlu diketahui juga bahwa Google tidak menyukai konten yang tidak berbobot, tidak memberikan nilai tambah bagi pembaca, tidak asli (original). Nah, untuk melakukan teknik SEO On-Page ini, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan yaitu kamu harus memperhatikan beberapa bagian penting dalam website diantaranya seperti Heading Tag, Meta Description, Title Tag, Konten, Permalink, Outbond Link, Emphasize, dan Image alt-tag. Bagian-bagian tersebut memiliki fungsi sebagai kata pertama dalam pencarian Google. Kemudian ketika memberi keterangan Meta Description pada website, kamu harus memperhatikan panjang karakter maksimal mencapai 160 karakter, jangan mengulang kata lebih dari dua kali, dan posisikan kata kunci di awal deskripsi.

Teknik SEO On-Page selanjutnya yang harus kamu perhatikan adalah Emphasize, yakni memberikan keterangan Bold, italic, dan underline pada kata-kata yang penting. Untuk Image-Alt tag artinya setiap gambar harus diberi kata kunci, tujuannya agar gambar pada website kamu ikut terbaca sebagai keyword. Sementara untuk Outbond Link dilakukan dengan memasukan link website lain kedalam website kamu.
Baca juga: Belajar SEO: Panduan Lengkap dalam Menerapkan SEO (Update 2019)

Cara Optimasi SEO Onpage Blog Terbaru 2019

Belajar SEO: SEO On-Page dan Off-Page (Update 2019)

Cara Optimasi SEO Onpage 2019 – Kenapa blog saya tidak ada pengunjung yang datang sama sekali? padahal MasIrfun sendiri sudah punya blog itu sekitar 6-12 bulan lebih ? kenapa dan apa alasannya? alasannya sangat mudah,  karena artikiel kamu kurang berkualitas baik dari segi konten, struktur kode , atau bahwa optimasi seonya , dan bagaimana caranya apabila sudah terjadi seperti itu? dari sekarang ubah perilaku pembuatan artikel kamu ! Serta lakukan optimasi terhadap artikel yang telah kamu buat , pada artikel MasIrfun kali ini akan membahas cara optimasi seo onpage.

Apa Seo Onpage? optimasi yang datangnya atau apa yang kita lakukan (Action) dari dalam blog artinya kita sendiri sebagai admin yang menentukan optimasinya tersebut , mulai dari struktur kode artikel yang telah kamu buat saja hingga pembidikan kata kunci yang telah kamu target. nah sekarang MasIrfun akan memberikan tips dan sekaligus trik untuk mengoptimasi blog dengan teknik seo onpage berikut cara dan tipsnya

1.Minimum Kata dalam Artikel

Mini kata kunci yang sudah di sarankan dan di rekomendasikan dari pakar seo dan dari berbagai plugin dari wordpress maupun dari pakar seo untuk blogger yaitu adalah minimal 300 kata per artikel jika sudah membuat 300 kata per artikel tersebut maka seo onpage untuk kategori kata sudah dibilang layak atau SEO Score lumayan bagus . dan mari kita lanjut ke tips yang kedua.

2.Keyword di Judul Artikel

Pada Judul artikel atau title tag dengan struktur kodenya : <title>Judul Artikel</title> , Harus berisikan atau disisipkan kata kunci yang kamu target , dan peletakannya pun yaitu berada pada Kata Pertama Judul Artikel .

3.Alt Tag pada Gambar

Alt Tag pada gambar ini juga sangat di rekomendasikan oleh para pakar ahli yang selama ini MasIrfun hanya silent reader postingannya , karena bertujuan bukan hanya mengoptimasi gambar tersebut muncul pada halaman pertama google ,ini juga memberikan sebuah kontribusi point score seo .

4.Link Outbound dan Inbound

Pada artikel yang kamu buat, setidaknya berikan minimal 1 link outbound dan minimal 1 link outbound , yang belum tahu apa itu link inbound dan out , saya akan menjelaskan sedikit , link in yaitu link antara artikel yang telah kamu buat dengan artikel kamu yang lainnya (dalam satu blog) , sedangkan link outbound yaitu link dari artikel kamu yang mengarah ke artikel atau laman orang lain ( diluar blog kita)

5.Kerapatan Kata Kunci (Keyword Density)

Kerapatan keyword atau kata kunci biasa di kenal dengan Keyword Density ini juga bisa menjadi faktor seo onpage google 20118 , apa keyword density tersebut? dan bagaimana cara menghitung ? baca artikelnya mengenai Keyword Untuk SEO Yang Ideal
Baca juga : Keyword Density yang Ideal  menurut SEO

6.Meta Description

Siapa yang tidak tau dengan meta description ? Meta description adalah deskripsi dari judul bisanya tidak lebih dari 120 kata , dan jangan lupa dalam meta description juga jangan lupa memberikan kata kunci yang kamu bidik , karena yang pertama kali google akan mengcrawl judul , url dan deskripsi dan pastikan penempatan pada deskripsi sudha maksimal . tips : tempatkan di kata paling depan.

7.Keyword pada Permalink

Dalam enempatkan kata kunci pada permalink atau link dari sebuah artikel , pada blogger kamu dengan mudah bsia mengubah permalink artikel kamu , dan pastikan keyword yang ditarget juga di tempatkan pada url artikel kamu tersebut.
Baca juga : Letak Kata Kunci SEO Terbaik 2019

8.Banyak karakter pada Judul

Rekomendasi banyaknya karakter atau huruf pada judul artikel atau title tag sekitar antara 40 – 70 Karakter , karena hal tersebut sudah di riset oleh para ahli dan seo ideal untuk banyaknya huruf pada judul yakni sekitar 40 – 70 Karakter.

9.Fokus Keyword Berada di Paragraf Pertama

Fokus pada keyword ini juga harus berada di paragraf pertama pada artikel yang telah kamu buat , seperti yang saya bahas pada point sebelumnya bahwa google mengcrawl artikel dari atas dan biasanya google mengcrawl hingga 150 kata pertama, Akan tetapi kamu tidak di perbolehkan menempatkan kata kunci pada paragraf pertama terlalu rapat, karena nantinya akan di curigakan bahwa artikel tersebut tidak relevan dengan kata kunci.

10.Focus Keyword berada di H2 (Heading 2)

Kelengkapan heading pada artikel ini juga bisa menjadi salah satu faktor dalam optimasi seo onpage pada sebuah artikel , dan kamu di rekomendasikan membuat h1 , h2 h3 atau sampai h1-h6. hal ini akan menambah point score seo artikel kam tersebut.

11.Belum Membidik kata kunci Tsb sebelumnya

Para ahli SEO tidak merekomendasikan membuat artikel dengan kata kunci yang sama dengan artikel yang telah kamu buat sebelumnya karena nantinya akan terjadi bentrok data sehingga nantinya keduanya tidak akan di pilih menjadi page one mesin pencari.

12.Deskripsi Meta Menarik

Meta decription yang menarik ini bukan faktor seo akan tetapi juga bisa menjadi faktor dimana artikel kamu yang akan di klik oleh pengunjung , buat apa menjadi page one google kalau kita tidak dapet klik dari pengunjung bukan? berikan deskripsi yang menarik agar pengunjung ingintar & tertarik sehingga pengunjung tersebut akan klik dan membaca artikel kamu

Itu tadi artikel mengenai cara optimasi sebuah blog terbaru 2019 yang nantinya menjadi trik seo onpage terbaru 2019 , tidak ada salahnya jika kamu juga membaca dan memahami trik seo pada 2015 .

2. Teknik SEO Off-Page

Belajar SEO: SEO On-Page dan Off-Page (Update 2019)

Berbeda dengan Teknik SEO On-Page yang lebih dominan terhadap optimalisasi didalam halaman website itu sendiri, Teknik SEO Off-Page adalah sebuah proses optimalisasi yang dilakukan dari luar, yaitu dengan mencari backlink dan mempromosikan website tersebut. Jika keduanya dilakukan dengan baik, maka kamu akan mendapatkan hasil yang baik juga. Beberapa cara bisa dilakukan dalam optimalisasi SEO Off-Page, diantaranya dengan mempromosikan website kamu, social buzz, dan backlink. Memaksimalkan SEO Off-Page lebih cenderung mempromosikan website kedalam media sosial atau lainnya. Untuk backlink bisa dilakukan dengan anchor text dimana ada kalimat atau kata yang langsung mengarah ke website kamu. Sedangkan untuk promosi website dan social buzz hanya memasukan fitur media sosial ke dalam website.

Cara atau teknik SEO On-Page dan SEO Off-Page diatas bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Mengoptimalkan website sangat penting untuk meningkatkan banyaknya jumlah pengunjung.  Menjadikan website kamu berada di  rank pertama pencarian memberikan dampak yang baik bagi perkembangan bisnis kamu, Whello sebagai agensi digital marketing yang juga menyediakan layanan jasa optimalisasi SEO yang memberikan penawaran mulai dari optimalisasi website kamu hingga menjadi nomor satu di halaman pencarian. Segera hubungi atau meng-contact center Whello Indonesia untuk mendapatkan penawaran menarik tersebut.

Bagaimana Cara Mendapatkan Backlink untuk Optimasi SEO Off Page dan Membangun Reputasi  Pada sebuah Website?

Update: Beberapa cara dibawah ini mungkin terbilang lama, tetapi masih dapat memancing pengunjung untuk mengakses website kamu. Ada banyak sekali cara terbaru yang saat ini sedang dikembangkan yaitu Link Building dan Guest Blogging. Kedua teknik ini juga dibahas di bagian bawah.

1. Melakukan Link Building Website dan Guest Blogging

Tujuan dari optimasi SEO Off Page yaitu untuk membangun kepercayaan dan otoritas website kamu dari mesin pencari. Kedua faktor utamanya adalah link dan reputasi. Bagaimana cara membangu link dan reputasi yang baik? Caranya yaitu dengan melakukan teknik link building dan guest blogging.

Apa itu Link Building?

Mesin pencari akan melihat tautan (link) yang mengarah ke website kamu sebagai dukungan. Link yang mengarah ke website kamu akan menjadi sinyal positif untuk mesin pencari, karena itu menandakan bahwa website kamu cukup bernilai/relevan/dapat dipercaya karena ditautkan oleh website lain.

Inilah alasan mengapa link building (membangun tautan) merupakan salah satu teknik optimasi SEO Off Page yang penting. Tetapi, kamu perlu berhati-hati dalam membangun link building, karena tidak setiap domain/website dapat menjadi bagian dari link building yang baik.

Ada 4 kriteria website yang baik untuk dijadikan bagian dari link building.

  • Relevansi antara konten dan halaman web dengan konten kamu
  • Website authority dari pemberik link (authority website lain)
  • Anchor text dari link yang diarahkan ke website kamu
  • Jumlah dari yang mengarah pada website kamu

Apa itu Guest Blogging?

Di atas Link Building terdapat Guest Blogging, Mengapa di atas?

Apabila link building hanya membangun tautan dari website lain ke website kita, ketika menerapkan teknik guest blogging, setidaknya ada dua keuntungan yang diperoleh:

  1. Membangun link building 
  2. Membangun Reputasi.


Guest Blogging merupakan teknik optimasi SEO Off Page dengan membuat artikel/postingan di halaman website lain. Website itu membiarkan penulis untuk mengarahkan link (tautan) ke website pribadi kamu. Link ini dapat menjadi iklan untuk mengenalkan pengunjung mengenai website yang sedang kamu kembangkan. Disamping itu ada keuntungan untuk membangun reputasi penulis dan brand melalui artikel yang ditulis.

Untuk melangkal awal dalam teknik ini, dapat dimulai dengan mencari situs dengan authority yang baik. kamu dapat menggunakan beberapa tool yang bisa membantu kamu menyarankan website yang baik untuk menulis guest blogging sekaligus dalam link building.

2. Memanfaatkan Profil, Postingan Sosial Media, Forum

Bangun backlink website kamu melalui sosial media dengan menyertakan domain website di profil sosial media. Bisa juga menyertakan domain website kamu melalui post yang kamu buat di sosial media. Ada beberapa sosial media yang bisa kamu gunakan untuk mengenalkan website kamu, seperti Facebook, Twitter, Google+, Pinterest, dan Scoopit.

Semua link yang kamu sebarkan dari sosial media tersebut akan dihitung sebagai total link yang terhubung dengan website kamu. Dari dua cara tersebut dianggap cukup membantu untuk menumbuhkan kepercayaan mesin pencari terhadap website kamu

Saat ini komentar pada website kurang berpengaruh banyak pada SEO kamu akan tetapi bisa dicoba untuk mengenalkan website kamu. Lengkapi profil kamu dan jawablah pertanyaan yang diajukan oleh user lain sehingga membaca profil kamu. Jadi pastikan pada profil kamu terdapat alamat website yang kamu punya.

3. Menggunakan Situs Penyedia Backlink Gratis

Situs ini dapat kamu gunakan untuk mendaftarkan bisnis kamu sehingga terdaftar pada website mereka. Saat memproses pendaftaran masukan website milik KAMU supaya bisa menjadi backlink dari website kamu. Sebelum mendaftarkan bisnis kamu, lakukan pencarian melalui Yelp.com atau Folkd.coim untuk memastikan bahwa website kamu belum terdaftar di situs itu.

Yelp dan Folkd ini hanyalah dua dari sekian banyak situs/website yang menyediakan backlink gratis.

4. Meninggalkan Komentar di Blog

Beberapa admin yang mengelola website biasanya menggunakan cara ini untuk mendapatkan pengunjung dari beberapa site. Namun, algoritma google sudah mulai menyaring mendaftar link yang berasal dari komentar dikarenakan banyak sekali komentar spam yang bermunculan.

Agar komentar kamu tidak masuk ke dalam kategori spam dan merusak reputasi SEO website, kamu bisa mencoba menggunakan cara berikut :

  1. Memberikan komentar yang relevan dengan isi artikel
  2. Tidak menyertakan URL pada komentar
  3. Memasang gravatar pada profil yang kamu gunakan

Tiga cara tersebut bisa kamu coba untuk mengenalkan website kamu melalui komentar dan tentu saja untuk menaikan kepercayaan mesin pencari sehingga optimasi SEO lebih optimal. Meskipun cara ini biasanya tidak memberikan dampak yang besar dalam membangun backlink, tetapi cukup untuk dicoba dan membangun reputasi atau popularitas website kamu.

5. Menulis Testimoni

Hampir seluruh perusahaan besar, menengah, atau kecil membutuhkan testimoni untuk perusahaan mereka. Atau bahkan di beberapa perusahaan menampilkan testimoni kamu di beranda mereka, dan beberapa memiliki halaman yang lengkap untuk memberikan informasi kepada pelanggan (yang selalu memiliki tautan di beranda – biasanya sesuai seperti “kisah sukses pelanggan”)

Jadi bagaimana kamu mengubah ini menjadi metode mudah untuk mendapatkan backlink berkualitas untuk situs kamu?

Pertama adalah dengan membuat daftar produk atau layanan yang sudah pernah kamu gunakan. Lalu lihat, dari daftar tersebut, produk mana yang mempunyai halaman untuk testimoni. Jika ada, luangkan waktu sejenak untuk menulis testimoni untuk mereka, kemudian hubungi, atau kirimkan tulisan tersebut melalui halaman kontak dan pesan.

Nah! kamu bahkan tidak perlu meminta tautan kepada mereka, karena biasanya mereka akan memasukkannya secara otomatis – hanya karena untuk membuktikan bahwa testimoni yang kamu berikan adalah benar adanya.

6. Membuat Infografis (Infographic)

Infografis adalah tren yang hangat di SEO dan itu adalah tambahan yang bagus untuk mengenalkan website kamu kepada pengguna internet. Strategi ini masih jarang digunakan oleh kebanyakan pakar SEO, jadi kamu dapat memanfaatkannya lebih dulu untuk mempromosikan website kamu dan membangun backlink yang berkualitas.

Hal ini mungkin saja karena mereka berpikiran untuk membuat infografis membutuhkan desain yang cukup rumit, padahal tidak. kamu dapat menggunakan situs job advertisement ‘iklan pekerjaan’ online yang sudah banyak tersebar di internet untuk merekrut seorang freelancer desainer dengan harga yang terjangkau.

Infografis memberikan informasi dengan cara estetika visual yang pasti akan menghasilkan saham online. Yang perlu kamu lakukan adalah memikirkan ide itu, menulis blok informasi singkat dan ringkas, dan menyewa seorang desainer untuk menghidupkannya.

kamu juga dapat memanfaatkan situs seperti Piktochart untuk membuat infografis sendiri.

Nah ketika infografis sudah ada, langkah selanjutnya adalah membagikan infografis melalui sosial media. kamu dapat memanfaatkan situs seperti Visual.ly, DailyInfoGraphic.com, dan AmazingInfoGraphics.com.

kamu juga dapat membagikan infografis kepada subscriber website atau membagikannya kepada pengunjung website pada saat itu.

7.  Memanfaatkan dari Social Bookmark, Artikel Direktori Hingga Website Directory

kamu juga dapat memanfaatkan Social Bookmark atau Article Directory untuk melakukan optimasi Off Page SEO kamu. Submit artikel kamu melalui sit generated konten seperti Medium, Kompasiana, atau Slidshare untuk memasukkan konten yang sudah kamu buat kemudian mengarahkannya ke domain website kamu sendiri.

Aplikasi yang Dapat Membantu kamu Melakukan Optimasi SEO Off Page
Ada beberapa aplikasi yang dapat kamu manfaatkan untuk melakukan riset sebelum mempraktekkan panduan cara optimasi SEO Off Page. Aplikasi-aplikasi ini menganalisa bagaimana website kamu bekerja dan memberikan saran apa saja yang dapat dilakukan agar SEO di dalam website lebih optimal.

  • Alexa
  • Ahref
  • Moz
  • Google AdWords
  • Majestic