Manfaatkan Algoritma TikTok Agar Kontenmu Viral

Photo of author
Written By masirfun

Seoarang rakyat jelata asal Jombang, Jawa Timur. 

MasIrfun.com – Algoritma TikTok adalah sistem rekomendasi untuk menentukan video mana yang akan muncul di FYP TikTok kamu. Setiap pengguna TikTok akan memiliki FYP yang berbeda. Jenis video yang muncul juga berubah berdasarkan preference dan juga kondisi mood masing-masing orang. 

Tentunya kamu ingin jadi salah satu kreator yang sukses dan memiliki banyak pengikut kan? Yuk pahami dulu cara kerja algoritma TikTok dan bagaimana cara memanfaatkannya di sini.

Elemen Algoritma TikTok

Algoritma menjadi kunci daya tarik dan keunikan media sosial yang membuat user betah di platform tersebut. TikTok tidak ingin spam dan karakter buruk lain bisa memainkan algoritma untuk mencari perhatian.

Beberapa elemen yang menjadi sinyal utama dari algoritma TikTok adalah:

  • Interaksi pengguna di platform seperti akun apa yang kamu follow, kreator mana yang kamu hide, komentar yang kamu posting, hingga klasifikasi video yang kamu tonton dan bagikan.
  • Informasi video dari konten yang cenderung kamu cari di discover tab seperti captions, tagar, efek, trending topik, dll.
  • Setelan akun dan perangkat yang kamu gunakan juga TikTok fungsikan untuk mengoptimalkan algoritma. Mulai dari pilihan bahasa, negara, tipe perangkat hingga kategori ketertarikan yang kamu pilih di awal.

Perlu kamu ketahui, mekanisme TikTok tidak akan merekomendasikan video berdasarkan jumlah followers atau kesuksesan video sebelumnya. Jadi, kunci untuk sukses sebagai TikTokers adalah bagaimana kamu membuat konten yang keren dan tepat sasaran untuk audiens.

Cara Meningkatkan Engagement Tiktok dengan Algoritma

Tujuan utamamu adalah untuk menjadi salah satu konten kreator baru untuk target audiens yang sesuai kan? Yuk terapkan beberapa tips dan cara meningkatkan engagement TikTok berikut untuk mencapai tujuanmu:

  1. Ganti ke TikTok Pro

Akun Pro tidak akan membuat videomu muncul di FYP TikTok. Tapi ini bisa jadi bagian penting untuk menguasai algoritma TikTok. 

Karena kamu akan mendapat metrik dan insight yang bisa digunakan untuk memahami siapa audiens, kapan mereka aktif, dan konten seperti apa yang disuka.

  1. Temukan Komunitas/Subculture

TikTokers menghabiskan paling banyak waktunya di FYP TikTok. Jika kamu bisa memanfaatkan komunitas atau subkultur yang sudah ada, maka ini akan lebih mudah. 

Subkultur TikTok ada di sekitar tagar. Memahami subkultur bisa membantu kamu membuat konten yang tepat.

  1. Maksimalkan Moment Pertama

Tak ada basa-basi di platform TikTok. Semuanya bergerak begitu cepat. Jika konten tidak memiliki hook di detik awal, maka pengguna akan langsung scroll ke bawah. Selalu tarik perhatian dan tunjukkan value konten di detik pertama.

  1. Post di Waktu yang Tepat

Engagement aktif dengan konten adalah sinyal utama dari algoritma TikTok. Melalui blognya, TikTok merekomendasikan kamu untuk posting 1-4 kali per hari.

Meski ada jam-jam tertentu yang direkomendasikan, namun lebih jauh kamu bisa cek di menu analytics di akun Pro. Karena setiap konten kreator memiliki tipe audiens yang berbeda-beda.

  1. Interaksi dengan Pengguna Lain

Sekitar 21% TikTokers merasa lebih terhubung dengan brand yang meninggalkan komentar di postingan orang lain. Berinteraksi dengan komentar-komentar pengguna di postingan kamu sendiri juga bisa jadi kunci untuk membangun engagement. Kamu juga bisa memanfaatkan fitur duet dan juga Stitch untuk berinteraksi dengan kreator lain.

  1. Perhatikan Captions

Kamu juga bisa menulis captions yang menarik dan meningkatkan rasa penasaran orang. Menanyakan sesuatu juga bisa memancing orang untuk berinteraksi, lho. Optimalkan kuota 150 karakter kamu dengan baik ya.

Selain keenam tips di atas, kamu juga wajib membuat konten dengan kualitas video yang bagus. Gunakan tagar yang tepat. Mulai dari tagar FYP hingga tagar yang sedang trending. Suara dan musik yang trending juga harus kamu manfaatkan, lho.Memang tidak ada resep instan untuk sukses di TikTok. Tapi algoritma TikTok akan membantumu meraih kesuksesan itu. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk kamu. Semangat terus buat kontennya ya!

Leave a Comment