Kelebihan dan Kekurangan Domain

MasIrfun

Kelebihan dan Kekurangan Domain
MasIrfun.Com - Kelebihan dan Kekurangan Domain - Kamu adalah seorang blogger ? Tentunya sudah mengenal yang namanya domain, bukan ?

Dalam sebuah website atau blog ini kebanyakan orang menggunakan domain sendiri. Hal ini dikarenakan banyak sekali yang didapatkan dari domain itu sendiri. Namun, setiap apapun kelebihannya, pastinya terdapat kekurangannya.

Untuk kesempatan kali ini MasIrfun akan memberikan ulasan mengenai Kelebihan dan Kekurangan Domain secara singkat. Disini, MasIrfun bakal menjelaskan dengan sederhana dan semoga dapat dipahami. Yuk, simak artikelnya untuk mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan domain dibawah ini !

Kelebihan Domain


kelebihan-dan-kekurangan- yang jarang sekali diketahui oleh pemula blogger. Dengan membaca artikel ini kamu akan mengerti mengenai kelebihan dari domain

Banyak orang yang masih tidak mengetahui betapa domain ini mempunyai kelebihan-kelebihan sebagai bisnis ataupun website pribadi. Hal tersebut sudah dibuktikan bahwa sudah tidak sedikit yang menggunakan domain ini. Biasanya orang menyebutnya TLD (Top Level Domain) yang terdiri dari beberapa bagian. (Nanti akan MasIrfun bahas pada postingan selanjutnya).

Dibawah inilah kelebihan domain yang jarang diketahui oleh pemula :

1. Merasa Puas dengan Kepemilikan Website/Blog


Salah satu kelebihan mempunyai domain sendiri adalah kita merasa puas dengan adanya domain. Hal ini tentu saja berbeda dengan yang namanya sub domain bawaan.

Apabila kamu menggunakan sub domain bawaan, pastinya kamu akan merasa ada yang kurang pas ataupun cocok. Karena kamu tidak cocok, maka kamu berinisiatif untuk membeli domain yang prabayar.

Nah, untuk domain ini mempunyai kelebihan yaitu kamu akan merasa kepuasan tersendiri yang akan membuat semakin rajin dalam mengelola sebuah website.

Sebaliknya, jika kamu menggunakan sub domain bawaan misalnya blospot.com atau wordpress.com, semacamnya ini bakal membuat malas dalam mengelolanya.

2. Webiste Akan Mudah Diingat


Kelebihan domain yang kedua ini dapat membuat website kita mudah diingat, apabila nama domain kamu cukup familiar dan hanya terdiri dari beberapa kosakata.

Misalnya pada online shop pada Bukalapak, Shopee, Lazada, mereka menggunakan nama dengan domain yang unik tetapi sangat melekat di masyarakat.

Oleh karena itulah mengapa domain penting untuk bisnis ini cukup berpengaruh. Jadi. jangan sampai kamu menggunakan domain yang gratisan apalagi sub domain bawaan.

Hal tersebut kamu bakal kehilangan dan ribet apabila bisnis yang kamu kelola sudah meningkat.

3. Website/ Blog Lebih Profesional


Kelebihan yang ketiga ini akan membuat website kamu lebih profesional.

Contoh : Kalau menggunakan sub domain bawaan seperti blogspot.com ataupun wordpress.com ini terlihat tidaklah profesional. Seperti masirfun.blogspot.com dan masirfun.wordpress.com, apakah bagus di mata ? Tentunya, hal ini akan terlihat berbeda dan profesional apabila menjadi MasIrfun.com, ya kan ?

Jadi, pikirkanlah baik-baik mengenai nama domain yang akan kamu buat sesuai dengan topik yang bakal kamu bahas nantinya.

Semakin singkat, semakin mudah dipahami, itu berarti menjadi suatu pertanda kamu mempunyai pikiran yang maju.

4.  Semakin Rajin Update Artikel


Seperti yang sudah saya singgung bahwa mempunyai domain sendiri ini akan membuat kamu semakin rajin dalam mengupdate artikel.

Bahkan, kamu akan serius dalam mengelola website kamu dalam bidang bisnis apapun itu. Sehingga ini menjadi suatu kelebih domain yang sepele tetapi pengaruhnya cukup besar.

5. Harga Jual Blog Tinggi


Dengan domain sendiri, maka harga jual pada website atau blog kamu sendiri ini akan cukup tinggi. Apabila tujuan kamu dalam membuat website yang kemudian dijual, maka saat website kamu sudah berdomain ini akan meningkatkan harga jual website atau blog kamu.

Bahkan, yang awalnya kamu hanya membeli domain dengan harga $5, suatu saat bila kamu jual akan bisa melebihan dari awal kamu membelinya. Bisa-bisa sampai berkali-kali lipat jika kamu menjualnya (tetapi pada saat website atau blog kamu sudah meningkat).

Baca juga : Pengertian dan  Manfaat Backlink

Kekurangan Domain


kelebihan-dan-kekurangan-domain- yang jarang diketahui oleh para pemula blogger. Dengan membac artikel ini kamu akan mengetahui mengenai kekuangan domain itu sendiri.

Setiap segala sesuatu yang mempunyai kelebihan, pastinya mempunyai kekurangan pada domain. Untuk kekurangan domain ini sebenarnya sudah banyak dirasakan para pemula blogging. Berikut kekurangan domain dibawah ini !

1. Harga Sewa Tahunan Mahal


Seperti yang kita tahu bahwa membeli domain ini kita tidak bisa sekali membeli, langsung menjadi seumur hidup. Namun, kita dapat menyewa sebuah domain dengan jangka panjang per tahun atau lebih.

Untuk harga domain ini sendiri mempunyai harga yang berbeda-beda. Apabila kamu ingin lebih murah, MasIrfun menyarankan untuk membeli domain .com untuk commercia yang harganya murah.

Jika kamu ingin membeli domain yang lebih profesional bisa membeli .id, namun harganya pun lebih mahal dibandingkan .com.

Sebagai pemasukannya, kamu dapat memasang website atau blog kamu dengan iklan adsense ataupun menjual produk. Agar setiap tahunnya bisa membayar sewa domain setiap tahunnya.

2. Susah Mendapatkan Domain Yang Kita Inginkan


Kekurangan domain satu ini tentunya cukup merugikan kita. Mengapa ?

Contohnya : Kamu membuat sebuah website bisnis untuk jual beli seperti online shop dengan produk hijab. Mungkin bisa menggunakan sub domain bawaan yaitu tokohijab.blogspot.com ataupun tokohijab.wordpress.com. Namun, susah sekali apabila sesuai dengan saat kita ingin membeli domain dengan kata tokohijab.com.

Oleh karena itu, pikirkan dengan baik-baik dan cek terlebih dahulu pada layanan yang tersedia seperti Rumahweb, Dewaweb, dan masih banyak lagi.

 3. Rank Merosot Hilang dan Butuh Waktu untuk Mempulihaknnya


Hal ini kerap sekali terjadi pada para blogger pemula yang tidak mengetahu kekurangan domain ini. Inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa di awal-awal langsung menggunakan domain daripada sub domain bawaan.

Misalnya, apapun yang kamu build pada blog di sub domain dengan backlink ratusan bahkan ribuan ini akan tetap terpasang di sub domain. Setelah, kamu mengubahnya menjadi domain, maka backlink tersebut akan hilang. Kecuali kamu melakukan direct domain atau semacamnya yang dilakukan pada setiap orang.

Oleh karena itu, sebelum membuat blog, pikirkan dengan baik-baik untuk investasi jangka panjang.

Nah, itulah diatas yang bisa MasIrfun jelaskan pada kesempatan kali ini dengan singkat dan sederhana. Semoga dapat membantu pengetahuan serta refrensi ilmu dalam dunia internet khususnya para blogger.

Sampai jumpa pada artikel yang selanjutnya dengan membahas edukasi dan review gadget terupdate hanya di MasIrfun.com !
MasIrfun
Load comments