MasIrfun
MasIrfun Seorang blogger pemula yang ingin memberikan informasi, edukasi, dan review gadget terupdate

12 Teknik Mencari Backlink Berkualitas Ala Mastah SEO [NO KOMENTAR SPAM]

MasIrfun.Com - Teknik Mencari Backlink - Tahukah kamu apa itu backlink ? Backlink merupakan sebuah link yang ditanakman di beberapa website lain. Dimana link tersebut akan mengarahkan pada website pribadi.


Untuk Backlink ini mempunyai beberapa teknik yang biasa dilakukan oleh pakar SEO. Hampir semua orang yang tidak mengetahui hal ini. Karena hanya disini MasIrfun akan memberikan beberapa teknik yang kerap sekali digunakan sekelas Mastah.

JANGAN TERLALU TEGANG ! Siapkan kopi untuk membacar artikel TEKNIK MENCARI BACKLINK ALA MASTAH SEO yaa guys ! Panjang banget beut ~


TEKNIK MENCARI BACKLINK BERKUALITAS ALA MASTAH SEO NO KOMENTAR SPAM!


Tipis cara teknik mencari backlink yang berkualitas yang biasa dilakukan oleh MASTAHSEO. Terapkan 12 untuk Anda bisa mendapatkan BACKLINK BERKUALITAS.

Tanpa bicara panjang lebar dan lebih detail tentang backlink, dan sebelum Anda mulai ‘berburu’ backlink dari hasil rekomendasi MasIrfun.

Maka… yang harus ditekankan dalam benak Anda, untuk mendapatkan backlink yang berkualitas dan betul-betul bisa mempengaruhi ranking web Anda, adalah hanya 4 pertanyaan di bawah ini:

1. Apakah backlinknya relevan dengan isi webmu?
2. Apakah backlinknya terletak dalam artikel yang berkualitas?
3. Apakah web atau blog tempat kamu memasang linkmu memiliki ranking skor DA (Domain Authority) dan PA (Page Authority) yang tinggi?
4. Apakah backlinknya natural (atau dibuat seakan natural)?

Semakin banyak backlink yang didapat dari web atau blog yang memiliki tema sama maka akan semakin baik dalam mengangkat ranking webmu di mesin pencari.

Tapi, sekalipun demikian, jika ada web yang tidak memiliki tema yang sama dengan webmu dan memberi link untuk webmu (apalagi dalam artikelnya) karena alasan suka atau sebagai referensi dari tulisannya, maka itu tetap bisa bekerja karena masih dalam prinsip natural backlink.

Bisa dibilang kalau teknik SEO saat ini tak lagi semudah dulu, terutama soal manajemen backlink.

Dan backlink yang banyak tidak bisa memastikan kalau webmu akan berada di urutan pertama di mesin pencari.

Walau backlinknya sedikit tapi di dapat secara natural dan dari web yang berkualitas maka ia bisa mengalahkan web yang memiliki ratusan backlink tapi tidak berkualitas.

Nah, web berkualitas yang dimaksud adalah web yang memiliki domain authority dan page authority yang tinggi.

Jika bisa pasang link dari web yang memiliki domain dan page authority di atas 20 saja maka itu sudah lumayan. Tapi ini tidak bisa juga dijadikan acuan utama karena banyak web yang tidak memiliki DA dan PA yang bagus tapi tetap punya reputasi yang baik.

Cara mengecek DA dan PA sebaiknya lewat Moz di sini :

https://moz.com/researchtools/ose/

(semakin tinggi angkanya maka akan semakin bagus)

Jika empat pertanyaan di atas sudah tertanam dalam benak Anda dan bisa dipraktekkan dengan baik dalam setiap optimasi SEO Off-Page yang dilakukan, maka Anda sudah bisa berharap 80% dari usaha optimasi anda akan berhasil dan mengalahkan ratusan pesaing dari pemilik web lainnya.

Lah… kok cuma 80% toh mas? Gak 100% sekalian?

Ya, tentu saja, karena yang namanya optimasi SEO pengaruhnya tidak 100 persen dari teknik yang kita terapkan.

Tapi… dipengaruhi pula dengan faktor-faktor lain, seperti tingkat persaingan kata kunci yang ditargetkan, optimasi On-Page SEO yang telah diterapkan, kemampuan pesaing kita, serta seberapa banyak kita menginvestasikan waktu di depan komputer setiap harinya.

Sebagai contoh, sebut saja si A optimasinya bagus dan dia bisa melakukan optimasi hingga 2 jam per hari, sedang si B juga optimasinya bagus dan hanya bisa online 1 jam sehari, maka sudah pasti si A lah yang akan jadi pemenangnya. Masuk akal kan?

Oke, sudah punya pencerahan soal faktor-faktor ranking dalam SEO dan juga 4 prinsip backlink yang berkualitas kan?

Jika sudah, mari kita masuk ke pembahasan soal Teknik Mencari Backlink Terbaru Saat ini:

1. Menulis Artikel yang ‘Sempurna’


Kalau di atas saya selalu menekankan untuk selalu menerapkan prinsip mencari backlink NATURAL (alami) atau dibuat seakan natural, maka pada cara pertama mencari backlink ini bukan lagi dibuat seakan natural, tapi REAL natural.

Maksudnya apa? Bagaimana cara kerjanya? Sabar brow… nafsu amat! He he he…!

Jadi begini, dengan menulis artikel yang sempurna maka akanmemancing banyak orang membacanya dan menjadikannya sebagai referensi. Nah, dari situlah kamu akan mendapatkan backlink yang  natural alias gak dibuat-buat.

Umumnya artikel seperti ini dibuat panjang sekali dengan jumlah kata hingga 2000 kata atau bahkan lebih, itulah sebabnya para mastah SEO juga menyebutnya dengan istilah 'skycraper article' atau artikel pencakar langit.

Adapun makna sempurna, maksudnya kamu membuat artikel yang tidak saja memperhitungkan algoritma mesin pencari , tapi juga berdasarkan pertimbangan atas kebutuhan pembaca, di antara  kriterianya adalah, simak closing action berikut ini:

------------------------------------------------------
.:: Closing Action #1 ::.
------------------------------------------------------
 Artikelnya betul-betul dibutuhkan banyak orang. Untuk bagian ini kamu butuh yang namanya riset kata kunci, salah satunya dengan menggunakan Google Keyword Planner.Membahas niche atau ceruk tertentu. Lebih gampangnya, yang membahas tema khusus yang dibutuhkan kalangan tertentu.
Informasinya akurat dan detail. Jelaskan bagian-bagiannya secara utuh, caranya, dan segala yang dibutuhkan pembaca. Jika diperlukan penjelasan video maka sertakan
juga di dalamnya.
Mampu memecahkan masalah banyak orang. Kamu bisa membayangkan kira-kira apa saja yang dibutuhkan pembaca dari tema tersebut dan akan lebih baik lagi kalau dibandingkan dengan artikel lainnya.
Ditulis berdasarkan referensi terpercaya,dan akan lebih bagus lagi kalau disertai pengalaman kamu sendiri.

Dan jika kamu bisa menuliskan artikel tersebut hingga 2000 kata dan ranking di halaman pertama, bahkan ranking #1 di Google, maka itu akan semakin sempurna. Tentunya dengan strategi backlink dan rekomendasi dari jasa penulis.

Selain bentuk artikel di atas, kamu juga bisa buat artikel ego bait dan link bait yang berpotensi mendatangkan viral.

Ego bait maksudnya artikel yang sesuai dengan minat dan emosi pembaca yang bisa membuat mereka tertarik membaca dan men-share artikelmu di blog atau akun sosmed mereka.

Adapun link bait adalah artikel yang sifatnya controversial yang bisa menarik perhatian banyak orang. Keduanya, fungsinya sama dengan artikel skyscraper di atas, yaitu agar banyak yang menjadikannya referensi dan memberi webmu kontekstual backlink.

2. Lakukan Strategi Backlink Reclamation


Backlink Reclamation maksudnya kita meminta link dari pemilik web yang menyebut merek atau websitemu, tapi belum menyertakan linknya.

Cara ini bisa dibilang sangat powerful untuk menaikkan ranking, apalagi webnya dari tema yang sama. Hanya saja, untuk mengetahui blog atau web apa saja yang menyebut brand-mu harus dilacak terlebih dahulu via google atau pun dengan tools lainnya.

Kalau di google caranya simple sekali, misalnya alamat domain webmu tokopedia.com maka cukup ketikkan di google Tokopedia saja (tanpa .com). Nah, akan banyak alamat web yang muncul, termasuk web yang sudah memasang link webmu.

Dan jika sudah ketemu web yang menyebut brandmu, tapi tidak menyertakan link webmu, maka yang harus dilakukan adalah dengan menghubungi pemilik web tersebut dan meminta supaya menyertakan link webmu, tentunya dengan kata-kata yang sopan.

Cara ini bisa dibilang rumit dan butuh waktu lama, belum lagi semua pemilik web yang dihubungi tidak akan serta merta menerima permintaanmu karena alasan tertentu.

Tapi bila ada yang meminta fee, misalnya 50ribu-200rb dan webnya memang memiliki tema yang sama dengan webmu maka tak masalah, sebaiknya penuhi saja. Kenapa? Karena web2 skala besar saja mulai menerapkan cara tersebut dan bahkan bisa mengeluarkan dana 50-100 juta per bulan untuk cara mencari backlink seperti ini.

Selain Google, kamu juga bisa menggunakan tool lain untuk menemukan situs apa saja yang membahas atau menyebut brandmu, di antaranya http://buzzsumo.com/ (tinggal ketik saja brandmu, lalu klik Go!) dan juga https://mention.com/ (coba saja trial-nya dengan daftar terlebih
dulu).

Tapi di banding dengan menggunakan Google, saya kira Google lebih cepat dan simple. Kedua tools di atas juga kadang tak menampilkan hasil.

------------------------------------------------------
.:: Closing Action #2 ::.
------------------------------------------------------
Yang harus kamu lakukan pada teknik ini adalah dengan mencari sebanyak mungkin web yang menyinggung brandmu, setelah itu kirimi mereka email satu per satu untuk meminta agar linkmu di pasang di web mereka.
Dan agar hasilnya bisa berefek pada ranking webmu maka tentukan target kuantitas backlink dari cara ini dan juga budget bulanan yang akan dikeluarkan. Dengan cara ini maka jumlah backlink
berkualitas untuk webmu bisa terus bertambah dari bulan ke bulan.


3. Nebeng Ranking


Di sini kamu harus mencari blog atau web yang ranking di Google (minimal masuk halaman 2) dan mesin pencari lainnya yang temanya sama dengan webmu.

Setelah ketemu, selanjutnya hubungi pemilik webnya dan minta menyertakan link webmu di sana.

Saya menyarankan, untuk cara ini sebaiknya siapkan budget dan perjanjian yang jelas bahwa linkmu akan terpasang selama blognya masih online.

Dan kalau misalnya pemiliknya minta bayaran bulanan maka sebaiknya hindari saja, kecuali punya budget yang banyak seperti yang dilakukan situs-situs berita dan toko online besar di Indonesia.

Penulis sudah sering mendapat tawaran seperti ini dari situs besar, seperti Bukalapak dan Logaster (sudah dibahas di atas).

Intinya, teknik ini butuh modal besar karena efeknya juga sebanding.

Cara lainnya, bisa juga dengan mengetik di Google kata kunci yang sesuai dengan tema webmu dan lihat web mana saja yang masuk ranking 20 besar, lalu hubungi satu per satu adminnya.

Dan kalau mau cepat berhasil maka ajukan penawaran yang menarik dan menggiurkan.

Dibanding 2 cara pertama di atas, cara ini tergolong sangat ampuh menaikkan ranking karena umumnya artikel yang bisa ranking di Google kalau bukan karena sudah dioptimasi pemiliknya, kemungkinan karena artikelnya menerapkan semua teknik penulisan yang SEO friendly dan juga memiliki rank domain authority (DA) yang tinggi.

------------------------------------------------------
.:: Closing Action #3 ::.
------------------------------------------------------
Untuk bisa berhasil dalam teknik ini maka lakukan penawaran yang menggiurkan pada pemilik webnya. Tentunya, budget untuk teknik ini harus lebih tinggi dari yang sebelumnya.

4. Membangun blog dummy


Arti sebenarnya dari dummy adalah 'tiruan', tapi kalau dunia blog ia adalah blog 'bayangan' yang sengaja dibuat untuk tujuan menaikkan ranking dari blog utama.

Adapun cara penerapannya adalah pertama-tama dengan membuat blog yang temanya sama, tapi jangan dibuat persis dengan blog utama.

Kemudian, si blog dummy tersebut diisi artikel dan backlink di dalamnya (yang anchor textnya sesuai dengan keyword yang ditargetkan), serta dengan judul artikel yang hampir mirip dengan blog utamamu.

Nah, dari URL artikel tersebut, kemudian dioptimasi sedemikian rupa dengan mencarikan backlink ke berbagai web yang sudah punya ranking dan DA yang tinggi (kalau dulu, yang punya PR tinggi), termasuk dibuatkan blog dummy juga biar tambah kuat (istilahnya link juice).

Dan biar tambah kuat lagi… kedua (atau puluhan bahkan ratusan, jika kamu sudah membuat banyak blog dummy) blog dummy ini terus dioptimasi setiap hari tanpa henti.

Nah, bila ranking blog dummy ini sudah naik, maka otomatis blog utamamu akan mulai ranking juga. Beginilah cara kerjanya.

Beberapa bulan sebelum artikel ini ditulis, bahkan beberapa tahun sebelumnya, cara membangun backlink dengan teknik di atas jadi andalan semua mastahSEO.

Alasan para mastah melakukannya, ya… karena cara ini masuk dalam kriteria kategori backlink terbaik, yaitu terletak dalam artikel (Contextual Links), temanya sama, dan anchor textnya sesuai kata kunci yang ditargetkan.

Tapi sekarang, strategi blog dummy ini selain bisa jadi faktor ranking yang paling kuat juga bisa jadi faktor perusak dari SEO webmu. Kenapa? Ya, karena algoritma terbaru google sekarang sudah bisa mendeteksicara kerja teknik ini.

Nah, biar lebih berhati-hati lagi, berikut ini beberapa jenis blog dummy yang sudah tidak bisa dilakukan, maupun yang masih bisa dilakukan tapi harus serba hati-hati:

a. Blog Dummy dengan 1-2 Artikel Saja



Masih banyak blogger yang belum 'ngeh soal ini, karena sampai hari ini masih banyak yang beli blog zombie untuk dibuat blog dummy lalu diberi hanya 1-2 artikel saja.

Padahal, blog dummy semacam ini sudah tidak bisa bekerja menaikkan ranking web di google, dan bahkan rawan terdeteksi tidak natural oleh Google.

Masalah terbesarnya juga karena Google juga kadang melakukan 'sidak' manual, jadi bukan dari algoritmanya yang mengecek, tapi langsung dari karyawan google sendiri.

Apalagi kalau dibuat menjadi PBN, linkwheel, dan link pyramid, tentunya jadi sasaran empuk bagi google untuk men-delisting semua blog dummy-nya.

Alasan utama mengapa cara ini tidak bekerja, yaitu pertama; karena blog dengan sedikit artikel diantara penyakitnya adalah DA (domain authority) dan PA (page authority)nya rendah.

Jadi, buat blog dummy tak masalah asalkan blognya dibangun layaknya blog utama, yakni dengan terus diupdate dan dioptimasi.

Wah.., sekarang susah dong ngelola blog dummy? Ya, memang begitu. Dari pada harus didelisting dari Google, kamu pilih yang mana? Hayoo…!

b. Private Blog Network



Ini sering juga disingkat dengan PBN. Caranya adalah membangun jaringan blog sendiri dari membeli domain-domain yang sudah expired dan punya reputasi bagus, termasuk yang DAnya tinggi.

Umumnya, PBN ini juga dibangun dari hosting yang sama, dan antara satu blog PBN dengan blog PBN lainnya dibuat saling terkait (linkwheel).

Seiring dengan perkembangan algoritma Google, PBN dari registrar dan hosting yang sama sudah sangat beresiko karena mudah dilacak oleh Google, apalagi dengan IP yang sama.

Berdasarkan keterangan di atas, bisa kita tangkap bahwa PBN sebenarnya berbahaya dilakukan jika tidak dibuat secara natural.

Nah, untuk itu lakukan tips-tips membangun blog PBN yang aman, seperti:

Menggunakan registrar (situs tempat mendaftarkan domain) yang berbeda-beda untuk mendaftarkan domain PBNmu.


  • Gunakan hosting yang berbeda-beda (bisa juga pakai CDN untuk masking nameserver)
  • Gunakan CMS yang beragam (jangan hanya wordpress dan blogspot saja).
  • Variasikan penggunaan theme dan lainnya, seperti plugin,permalink, halaman profil dan kontaknya.
  • Ekstensi domainnya jangan hanya .com dan .net saja, tapi yang lainnya juga.
  • Jangan dibuat linkwheel (backlink melingkar) dan tindakan lainnya yang bisa mengundang kecurigaan Google.


c. Linkwheel



Di atas sudah disinggung sedikit mengenai apa itu linkwheel.

Jadi, cara kerjanya dengan membuat beberapa blog atau artikel dari berbagai blog dummy yang bebeda yang di dalamnya semua ditanam link, kemudian masing-masing dari url artikel tersebut dihubungkan. 

Cara ngelinknya yaitu artikel pertama ngelink ke artikel kedua, artikel kedua ngelink ke artikel ketiga dan demikian seterusnya, dan pada artikel terakhir dilink-kan kembali ke artikel pertama sehingga  bentuknya melingkar seperti roda. 

Itulah mengapa teknik ini dinamakan dengan linkwheel atau roda link.

Kalau cara PBN di atas masih ada cara amannya, tapi kalau ini sama sekali sudah tidak bisa dilakukan karena tidak mungkin ada cara yang bisa membuatnya seperti natural.

Untuk itu, sangat disarankan untuk tidak melakukannya karena akibatnya webmu bisa di delisting dari Google. Atau paling ringan dapat peringatan kalau linkmu tidak natural.

d. Link Pyramid atau Tiered Link


Kalau pyramid pasti semua sudah tau kayak gimana bentuknya kan?

Nah, kalau dalam teknik SEO, link pyramid maksudnya membuat link bertingkat sehingga tampak dari atas ke bawah jaringannya seperti piramida.

Makna tiered link juga sama, karena tier link ini sebenarnya bagian dalam link piramida yang artinya link bertingkat, jadi tingkatan-tingkatan dari link yang membentuk seperti piramida inilah yang dinamakan link tier (lihat gambar bagian (b.) di atas).

Agak sedikit bingun kan? Tak masalah, soalnya cara ini juga sudah tidak disarankan untuk digunakan.

Contohnya bisa sama dengan gambar PBN di atas, hanya saja kalau di atas membahas sumber pembuatan linknya, kalau link piramida ini soal bentuk atau cara membangun tautan antara blognya.

Saya ulangi lagi, jangan melakukan cara ini, karena seperti bagian (c.) di atas, juga tidak ada solusinya untuk membuatnya seakan natural. Jadi sebaiknya dihindari. 

------------------------------------------------------
.:: Closing Action #4 ::.
------------------------------------------------------
Jangan lakukan cara b, c, dan d. Tapi untuk cara (a), buatlah blog dummy natural (ala tips PBN di atas) yang mana tiap satu blog dummy jangan dibuat terkait dengan blog dummy lainnya, tapi langsung ngelink ke web utama saja. Dan bangun blog dummy layakanya blog utama biar tidak dicurigai membangun link yang tidak natural.Caranya? yah… isi dengan artikel secara rutin juga layaknya blog utama.

5. Memberi testimoni


Seringkali kan kalau habis membeli sebuah produk di internet, entah itu produk fisik atau pun yang sifatnya non fisik (seperti software atau ebook), terkadang si pemilik produk meminta testimoni dari pembelinya soal kelebihan dan manfaat dari produknya?

Nah, dari sini kamu juga bisa dapat backlink karena umumnya di bawah testimony tersebut akan dicantumkan link web pemberi testimoninya.

Akan lebih bagus lagi kalau tema webnya sama. Tapi, biar pun tidak sama temanya dengan webmu, maka kamu bisa dapat kekuatan backlink dari kategori lain, misalnya saja skor DAnya yang tinggi atau posisi linknya kontekstual link atau letaknya ada dalam artikel.

Dalam prakteknya, bahkan banyak di antara mastah yang rela membeli produk suatu web hanya karena ingin mendapatkan backlink dari testimony yang ia berikan.

------------------------------------------------------
.:: Closing Action #5 ::.
------------------------------------------------------
Sebelum member testimony, terlebih dahulu pastikan webnya menyediakan halaman testimony khusus dan tertimoni yang sudah ada disertakan link pemberi testimoninya. Setelah itu, berikanlah
testimony yang jujur dan postif. Dan jangan lupa, webnya harus berkualitas dan bebas penalty dari Google.

6. Pancing Review dari Blogger


Bedanya dengan testimoni di atas, kalau review dari blogger kita meminta langsung ke pemilik blognya untuk mereview web kita, tapi dengan syarat kamu memberi sesuatu yang bernilai padanya.

Atau dengan kata lain, kamu menawarkan produk kamu yang berbayar untuk diberikan dan digunakan secara gratis oleh mereka, dengan syarat ia merevie produkmu di blognya.

Caranya? Ya, kirim email ke pemilik blog yang menulis tutorial yang ada kaitannya dengan produkmu bahwa kamu akan memberikan gratis produk berbayar yang kamu miliki dengan ketentuan seperti yang disebutkan di atas.

Untuk bagian ini sepertinya tak perlu closing action karena sederhana sekali, yaitu cukup berikan penawaran menarik lewat blogmu.

7. Tulis dan ajukan Guest post berkualitas


Guest post atau 'postingan tamu' maksudnya kita posting artikel di blog orang lain yang mana di dalamnya disertakan link dari blog kita sebagai penulis tamu.

Biasanya tidak semua blog menerima layanan seperti ini. Hanya blog tertentu saja, yang mungkin malas update artikel di blognya.

Beberapa kriteria blog yang bisa kita pilih untuk menjadi penulis tamu adalah tentunya yang punya tema yang sama.

Kalau bisa dapat banyak Guest post dari blog seperti ini maka pasti efeknya sangat kuat pada ranking webmu.

Tapi bila tidak bisa ketemu yang temanya sama, maka usahakan artikel yang kamu ajukan untuk dipublikasikan ada hubungannya dengan tema webmu.

Selain itu, anchor textnya kalau bisa yang sama dengan tema blogmu atau dari kata kunci yang ditargetkan (selama tidak dipasang dalam banyak blog sekaligus dalam sehari).

Dan bila sudah sering menggunakan anchor text yang sama pada teknik ini, sebaiknya gunakan anchor text yang lain (baca lagi soal 7 faktor SEO On-Page yang sudah MasIrfun buat artikelnya.)

Mengenai kualitas artikelnya sudah pasti juga tidak boleh asalan, karena selain Google tidak suka dengan artikel singkat, pemilik blognya mungkin juga akan menolak kalau menilai tulisanmu jelek.

Dan tak kalah pentingnya adalah catat URL dari semua artikel guest post yang berhasil kamu buat. Mengapa? Ya, karena pada pembahasan teknik manajemen backlink di bawah ini akan jadi senjata paling ampuh dalam menaikkan ranking dan DA webmu.

------------------------------------------------------.:: Closing Action #7 ::.------------------------------------------------------Biar mudah mudah menemukan web atau blog yang menyediakan jasa guest post maka gunakan teknik pencarian intitle dan inurl. Caranya ketik di google intitle: guest post (untuk mencari berdasarkan judul) dan inurl: guest post (untuk mencari berdasarkan url), maka secara otomatis google akan menampilkan semua blog yang menuliskan kata guest post di judul atau url artikelnya. (soal cara penggunaan oprator inurl dan lainnya baca: http://caraoperatorgoogle.blogspot.co.id/2017/05/teknik-melakukan-pencarian-di-google.html ) Selanjutnya, tinggal temukan dan hubungi langusung alamat kontak atau email dari pemilik blognya.

8. Strategi infografik


Infografik maksudnya informasi yang disediakan tidak dalam bentuk artikel tapi visual art, di antaranya adalah info yang disajikan dalam bentuk gambar.

Cara kerja dari teknik link building ini adalah dengan membuat gambar atau media yang menarik, baik itu untuk diletakkan dalam postinganmu atau pun untuk diletakkan di halaman tertentu di webmu.

Nah, bila nantinya ada yang menggunakan gambarmu di blognya tapi tidak menyertakan linkmu, maka kamu kamu bisa meminta pada si pemilik web untuk menyertakannya.

Bila tidak mau? maka kamu bisa memberinya peringatan kalau kamu akan melaporkannya ke Google (tapi tetap harus sopan ya!).

Terkadang juga, bahkan banyak kasus, para pemilik blog yang sadar soalhak cipta akan menyertakan linkmu tanpa harus diminta. Bila berhasil dan dia memasang linkmu maka kamu akan dapat backlink dari situ.

------------------------------------------------------
.:: Closing Action #14 ::.
------------------------------------------------------
Buatlah infografik yang semenarik mungkin yang bisa memancing banyak blogger untuk menggunakannya. Dan ada saat membuat media gambar atau infografik lainnya, pastikan hak ciptamu tercantum di sana atau bisa dibuktikan kalau itu memang benar-benar dari hasil karyamu, ya biar klaimnya gampang.

9. Listing di Web Direktori yang Aman


Web direktori maksudnya web yang diperuntukkan untuk menampilkan list berbagai web.

Kalau dulu mungkin dengan sembarang web direktori saja sudah bisa, tapi sekarang tidak lagi karena bisa beresiko terhadap ranking webmu.

Untuk saat ini teknik listing di web direktori masih bisa dilakukan, hanya saja harus pilih-pilih. Ya, sebaiknya yang tergolong aman aja.

Aman di sini adalah yang tidak ditandai oleh google sebagai web direktori spam.

Salah satu contoh yang aman adalah web direktori yang ketat dalam melakukan moderasi pada semua web yang didaftarkan. 

Makanya, kalau kamu mendapati yang amburadul dimana semua web bisa listing tanpa harus ada moderasi dari adminnya, maka sangat disarankan untuk tidak mencari backlink dari situs semacam itu.

Selain itu, kalau web direktorinya menawarkan jual beli backlink, apalagi ditampilkan secara fulgar, sebaiknya dihindari karena semua situs yang melakukan aktifitas jual beli link dibenci oleh Google, dan jika seandainya webnya kena penalty maka webmu juga akan ikut terseret.

Jadi, yang harus kamu lakukan adalah cari web directori yang punya reputasi bagus, terutama yang DA dan PAnya tinggi.

Saya ingatkan kembali: jangan pernah mengejar jumlah backlink, tapi cari yang berkualitas. 1-2 saja per hari sudah cukup asalkan berkualitas.

Alasannya, over backlink juga bisa jadi ancaman kena penalty karena dianggap melakukan spam.

------------------------------------------------------
.:: Closing Action #15 ::.
------------------------------------------------------
Mulai berburu artikel direktori berkualitas dari list di web ini:https://allbloggingtips.com/the-ultimate￾list-of-free-web-directories-for-seo/
https://en.wikipedia.org/wiki/List_of_web_directories
Tetap selektif ya, karena bisa jadi dalam listnya ada beberapa web yang sudah tidak layak dijadikan sumber backlink. Caranya sama dengan closing action #7 dan juga bisa dengan cara mengetik site:  url (contoh: site: allbloggingtips.com). Jika tidak muncul di pencarian maka hindari mencari mencari backlink di web tersebut.

10. Adakan Kontes


Saya tidak menyebut judul sub bab ini dengan 'kontes SEO', karena kontes SEO saat ini sudah tergolong black hat SEO atau teknik SEO curang.

Sebenarnya sih dari dulu sudah tidak dibolehkan, tapi karena dulu system google belum terlalu canggih jadi masih banyak yang lolos pengawasan.

Tapi sekarang, kalau tidak hati-hati jangan coba-coba karena webmu bisa di-delisting.

Pemilik web masih bisa melakukan cara ini asalkan berhati-hati dan tidak melakukan kesalahan saat membuat aturan mainnya untuk semua peserta blogger yang ikut.

Nah, dalam closing action berikut ini ada beberapa tips yang bisa dilakukan dan yang sebaiknya disyaratkan sama semua peserta yang ikut.

------------------------------------------------------
.:: Closing Action #16 ::.
------------------------------------------------------
  • Seleksi setiap blogger yang ikut. Pastikan hanya yang memiliki blog berumur (kalau bisa yang minimal 1tahun saja) dan punya skor DA dan PA yang tinggi. Misalnya, syaratnya hanya boleh yang DAnya di atas 30.
  • Larang mereka membuat judul yang sama. Untuk itu, tentukan temanya saja dan setiap peserta wajib melakukan konfirmasi sebelum memposting artikel mereka.
  • Larang menggunakan anchor text yang seragam. Sama dengan yang di atas, setiap peserta juga haruskonfirmasi soal anchor text apa yang ingin ia gunakan dan kapan linknya akan dipasang.
  • Jangan publikasikan dengan kata￾kata "kontes SEO". Kenapa? Ya, karena google sekarang 
  • menggunakan cara manual untuk mengecek web yang melakukan spam.
  • Batasi peserta yang bergabung setiap harinya. Ini penting sekali, karena jika ada 100 peserta yang  bergabung dalam sehari dan posting secara bersamaan dengan menyertakan link webmu maka itu 
  • bisa dinilai spam. Boleh juga, mereka posting bersamaan tapi waktu penyertaan link webmu di artikel mereka diatur.

Selebihnya, tinggal kamu pikirkan sendiri kira-kira aturan apa lagi yang harus diterapkan biar kontes yang kamu lakukan tidak terlacak oleh Google.

11. Manfaatkan 'Broken Link' dari Situs Terpercaya


Kalau cara kedua di atas menyarankan linkmu yang belum disertakan, nah kalau yang ini menyarankan link webmu sama pemilik web karena link yang ada sudah tidak aktif atau istilahnya 'broken link'.

Adapun langkah-langkah dalam melakukan teknik ini adalah:

#LANGKAH PERTAMA: 


Temukan situs-situs yang memiliki tema yang sama dengan webmu tapi sudah tidak beroperasi atau melakukan perubahan, di antaranya:


  • Yang sudah pindah ke url baru
  • Sudah tidak menawarkan layanan tertentu
  • Sudah tidak beroperasi. Tapi, kalau misalnya ada yang membeli domainnya yang sudah expired tapi membuat situs dengan tema yang berbeda maka kamu masih punya kesempatan dari sini.


Adapun cara menemukan situs yang masuk 3 kategori di atas adalah :


  • Search di Google News kata 'ganti domain'
  • Ketik langsung di google string pencarian ini (sertakan tanda petik sebelum dan sesudahnya): "halaman tidak ditemukan", "situs ini tidak tersedia", "layanan tidak tersedia" dan kata-kata lain yang biasa kamu temukan.


Sebagai contoh, kamu menemukan bahwa SEOmoz.org telah berganti domain ke Moz.com.

Karena dia adalah situs besar dan tools SEOnya banyak direkomendasikan para blogger maka tentunya banyak web yang ngelink ke URL domainnya yang lama (bukan domain utamanya karena  biasanya di-redirect).

Nah, dari url yang sudah mati inilah yang jadi peluang kita mendapatkan backlink. Caranya? Teruskan ke langkah kedua di bawah.


#LANGKAH KEDUA: 


Menemukan web yang terhubung ke URL web lama yang sudah tidak aktif.

Nah, setelah kamu menemukan bahwa SEOmoz.org telah berganti ke Moz.org, maka langkah selanjutnya adalah cek web apa saja yang ngelink ke web lamanya.

Caranya, gunakan Ahrefs - http://ahrefs.com/ - (daftar dulu untuk nyoba trialnya, setelah berhasil login, tinggal ketik seomoz.org di kolomnya)

#LANGKAH KETIGA: 


Setelah menemukan situs-situs yang sudah berganti alamat atau tidak beroperasi lagi (langkah pertama) dan juga sudah menemukan situs-situs yang terkait dengannya (langkah kedua), selanjutnya kunjungi situs-situs tersebut dan temukan broken link di dalamnya, lalu tinggal  hubungi saja pemilik webnya via email.

Ketiga langkah di atas bisa juga kamu rubah prosesnya, yaitu mulai dengan mengunjungi web yang berskala besar, seperti Wikipedia dan lainnya, kemudian berusaha menemukan broken link di dalamnya, lalu tinggal hubungi pemilik webnya. 

Terus, hubungi untuk apa? Ya, kamu hubungi kalau ada broken link dalam webnya dan kamu punya solusinya, yakni artikel yang sudah dipublikasikan di webmu dan temanya sama dengan broken link  tersebut.

Intinya, kamu melakukan pengajuan untuk mengganti broken link tersebut dengan link dari webmu.

Berikut ini adalah contoh email dalam mengajukan permohonan penggantian broken link dangan link dari webmu:

------------------------------------------------------
Salam, Admin!

Saat saya mencari artikel tentang ……. (sebutkan temanya) saya akhirnya ketemu dengan artikel blog Anda: …… (sebutkan URL artikel dari pemilik blognya)

Dalam artikel tersebut menyebutkan kata ……… (sebutkan anchor textnya) yang linknya mengarah ke situs ini : ……. (sebutkan URL situs yang ditautkan).

Tapi, setelah saya cek situs tersebut sudah tidak ada. Ini screenshotnya:

…………………. (tunjukkan screenshot dari link broken tersebut)

Dan kebetulan sekali saya juga sudah menulis artikel tentang itu dengan penjelasan yang lebih lengkap. Ini linknya: …………….. (sebutkan link URL blogmu yang pembahasannya sama dengan broken link tersebut)

Dengan penuh hormat: Untuk menghindari efek buruk dari broken link tersebut, Anda bisa menambahkan tautan dari web saya secara gratis.

Demikian, semoga bermanfaat!
---------------------------------------------------------
Jika pemiliknya merasa info yang kamu berikan bermanfaat maka tentunya ia akan melakukannya dan memberimu backlink secara gratis.

Dan sebagai tambahan, di akhir email tersebut kamu juga bisa memintanya untuk mengabari jika linkmu sudah dipasang agar linknya bisa kamu save.

------------------------------------------------------
.:: Closing Action #11 ::.
------------------------------------------------------
Mulai dengan melakukan pencarian pada situs2 yang sudah berganti alamat atau tutup usia, kemudian cari web yang ngelink ke web2 tersebut dengan bantuan Ahref, dan terakhir buka situsnya satu per  satu dan temukan broken link di dalamnya. Tapi, pastikan sebelum itu kamu sudah mempersiapkan artikel yang berkualitas atau bahkan lebih baik dari broken link tersebut. Dan terakhir, tinggal  lakukan pendekatan pada pemilik webnya. Jika email pertama ditolak atau tak ada tanggapan, maka kirim ulang lagi sampai ada tanggapan kalau permintaanmu ditolak atau diterima.

12. Manfaatkan situs sharing artikel


Ingat ya! HANYA YANG MENYEDIAKAN SHARING ARTIKEL LENGKAP, BUKAN SHARING LINK DAN DESKRIPSI TULISAN SAJA. 

Kenapa? Sebab situs-situs, seperti situs bookmark, bisa dibilang tidak layak lagi dijadikan sumber backlink untuk saat ini.

Itulah sebabnya banyak situs serupa yang sudah gulung tikar, sebut saja kalau di Indonesia ada Lintas.me yang sekarang sudah tutup.

Lalu situs apa saja yang bisa jadi tempat mendapatkan kontekstual backlink (backlink dalam artikel)?

Ada banyak, di antaranya untuk yang lokal kamu bisa gunakan Kompasiana.com, sedang yang luar bisa pakai SlideShare.net.

Dalam mentoring rekomendasi backlink yang saya berikan akan banyak merekomendasikan situs-situs seperti ini (langsung ke url tujuannya) dan menariknya karena situsnya berkualitas dan jarang diketahui blogger sehingga lebih aman dari spam.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan situs sharing video untuk meningkatkan trafik webmu tanpa melalui Google, yang paling terkenal adalah Youtube.

Misalnya saja kamu share artikel 'cara memakai jilbab' maka kamu juga bisa sekalian buat videonya tentang itu dan share di Youtube.

------------------------------------------------------
.:: Closing Action #12 ::.
------------------------------------------------------
Pastikan situs sharing artikel yang kamu gunakan bebas penalty (caranya sudah dijelaskan di atas) dan memiliki skor DA yang tinggi serta mengizinkan sharing artikel lengkap dan bukan hanya link atau deskripsi saja.
Beberapa di antaranya bisa kamu temukan di sini:
http://www.petersandeen.com/list-of-guest-blogging-sites/
https://www.shoutmeloud.com/list-of-50-best-blogs-that-accept-guest-posts.html
(umumnya berbahasa Inggris).

Nah, itulah diatas yang bisa MasIrfun ulas dari beberapa ebook mengenai Teknik mencari backlink yang berkualitas. Semoga bermanfaat dan menjadi ilmu tambahan setelah membaca artikel ini. Tunggu artikel selanjutnya yang lebih menambah wawasan hanya di MasIrfun.Com!

Artikel Terkait


Apa itu Backlink ? Manfaat Backlink untuk SEO dan Traffic
Belajar SEO : Mengenal Konten dan SEO
Mengapa SEO Penting untuk Bisnis ?
Pengalaman Mastah Tanpa Backlink Mendapatkan Ribuan Visitor
Faktor Ranking Terkuat Google
Konten vs Backlink, Mana yang Berkualitas?

MasIrfun
MasIrfun  Seorang blogger pemula yang ingin memberikan informasi, edukasi, dan review gadget terupdate
Note: Only a member of this blog may post a comment.