10 Tips Cara Mengoptimalkan Pendapatan Google Adsense

MasIrfun

10 Tips Cara Mengoptimalkan Pendapatan Google Adsense
MasIrfun.COM - Mengoptimalkan Pendapatan Adsense - Apakah kamu salah satu publisher Google Adsense ?

Apa itu Google Adsense ? Google Adsense merupakan salah satu jenis iklan yang telah dikelola oleh pihak google. Tidak hanya itu saja, bahwa Google Adsense ini pun menjadi salah satu bada periklanan yang sangat besar nomor 1 dunia.

Jadi, tidak heran apabila seorang Blogger ini mendapatkan pendapatan melalui internet yang salah satunya Google Adsense ini. Karena iklan ini bisa di pasang pada website atau blog kita sendiri.

Publisher Google Adsense ini tidak sedikit jumlahnya, oleh karena itu banyak sekali yang merekomendasikan iklan Google ini untuk menjadi pendapatan utama. Tetapi, bagaimana cara mengoptimalkan pendapatan adsense ini?

 Tips Cara Mengoptimalkan Pendapatan Google Adsense



Dalam mengoptimalkan Google Adsense ini bisa dibilang sangatlah mudah. Pasalnya, cara-cara yang MasIrfun berikan kali ini tentunya sudah terbukti digunakan oleh para Ahlinya.

Buat kamu yang belum mengerti mengenai cara mengoptimalkan pendapatan Google Adsense ini bisa langsung menyimak pada pembahsan dibawah ini !

1. Kualitas Konten


Sumber : dannimedia.com

Apa maksud dari kualitas konten ini? Kualitas Konten yang MasIrfun rekomendasikan adalah salah satu artikel/postingan yang kamu buat tentunya mempunyai nilai BPK yang tinggi.

Bagaimana caranya ? Untuk cara sederhananya kamu bisa menggunakan tools yang sudah banyak disediakan oleh google yaitu keywordseverywhere.Com.

Dengan cara riset keyword inilah nantinya kamu mengetahui tentang kualitas konten yang mempunyai CPC tertinggi.

Keyword atau niche apa sih yang BPK nya besar ? Berikut masirfun berikan bocorannya sedikit mengenai niche yang mempunyai BPK besar yakni :

-Bisnis
-Kesehatan
-Asuransi dan sejenisnya.
-Pendidikan
-Teknologi (Apabila artikel sudah banyak)
-Dan masih banyak lagi (bisa mencari di google).

Apakah kualitas konten juga berdampak pada SEO ? Jawabannya adalah Iya. (Kamu bisa membaca mengenai Konten & SEO yang sudah MasIrfun jelaskan pada sebelumnya).

Oleh karena itu, MasIrfun sarankan kamu untuk membuat website/blog dengan satu niche dan menekuni serta konsisten dalam membuatnya. JANGAN MALES ! (Namun, MasIrfun tidak memaksa kamu yang sudah terlanjur dengan blog/website gado-gado yaa)

2. Kuantitas Konten



Apabila dilihat dari namanya saja sudah "Kuantitas" tentu tidak jauh-jauh dengan jumlah. Maksudnya yaitu kamu jangan terlalu buru-buru dalam menargetkan pendapatan Google Adsense ini dengan blog yang se-umur jagung.

Kalau blog kamu masih mempunyai artikel/postingan dengan jumlah puluhan, maka MasIrfun sarankan untuk memperbanyak artikel terlebih dahulu. Karena banyaknya jumlah konten yang kamu buat ini akan menjadikan blog kamu disukai oleh mesin pencari.

3. Promosi Website


Sumber : webhostmu.com

Mengapa promosi website ini termasuk salah satu faktor dalam mengoptimalkan pendapatan adsense?

Walaupun terlihat sederhana, cara memaksimalkan pendapatan google adsense ini masih work. Karena ini juga menjadi salah satu faktor meningkatnya BPK pada Google Adsense.

Bagaimana tidak, secara logika kita share atau promosi blog di facebook dengan jumlah pertemanan 5000. Mungkin gak sih kalau sebagian mengunjungi blog kita? Jawabannya Iya.

Walaupun yang mengunjungi hanya sebagian, tentu tidak menutup kemungkin yang klik iklan kita juga tidak jauh berbeda. Oleh karena itulah, jangan bosan untuk share/promosi konten kamu pada sosial media.

Bisa jadi, itu salah satu jalan untuk mengenalkan website kamu pada teman-teman rekan kamu !

4. Meningkatkan Visitor


Sumber : maxerdigital.com

Cara mengoptimalkan pendapatan Adsense yang selanjutnya ini masih berkaitan dengan promosi sebuah konten pada nomor 3. Karena apabila visitor atau pengunjung blog yang semakin merangkak naik, maka hal ini tentu menjadi BPK, CPC, CTR juga menaik.

Apa itu CPC, BPK, CTR? Ketiga ini merupakan unsur yang terdapat pada google Adsense. Lebih tepatnya adalah istilah yang dibuat untuk mempermudah. Cara meningkatkan CPC serta CTR ini sangatlah mudah sekali dan kamu bisa mencari di pencarian google hihi.

Baca juga : Cara Meningkatkan CPC serta CTR [Lengkap]

5. Penempatan Iklan Google Adsense



Secara dasar, penempatan iklan ini merupakan cara memaksimalkan pendapatan google adsense yang paling sederhana sekali. Karena apabila penempatan iklan yang kamu taruh sangat strategis, apabila iklan itu menarik maka banyak pengunjung yang akan klik iklan tersebut.

Dimankah penempatan iklan Google Adsense yang populer atau strategis ini ?

Secara umum, penempatan iklan google adsense ini yang paling populer yaitu pada awal artikel, tengah artikel, dan bawah artikel. Eits tidak hanya itu saja, karena kamu jangan sampai lupa untuk menempatkan iklan di sidebar dan header yaaa !

6. Pemilihan ukuran iklan



Google Adsense ini menyediakan beberapa ukuran yang meliputi 300x25, 336x280, 728x90, dan masih banyak lagi. Stok iklan yang diberikan ini biasanya tidak tersedia atau default, artinya bahwa iklan yang tidak mempunyai harga (Rp.0).

Untuk MasIrfun sendiri biasanya menggunakan ukuran iklan berapa agar iklan tersebut tidak pernah habis stoknya ?

Sampai sekarang, MasIrfun menggunakan ukuran iklan 300x250 dan juga 336x280. Karena sudah MasIrfun buktikan bahwa iklan inilah yang tidak pernah habis stoknya, terus-menerus muncul tidak pernah default.

Hal tersebut berbeda dengan ukuran iklan 728x90, meskipun termasuk salah satu iklan yang besar bukan? Secara logika mungkin akan berbanding terbalik, namun inilah faktanya !

Sudah terbukti juga bahwa kebanyakan iklan yang mempunyai klik tertinggi adalah iklan yang mempunyai ukuran 300x250 dan juga 336x280. Atau kamu bisa memasang Auto Ads yang dipasang pada settingan HTML. Boleh juga, kamu meniru penempatan iklan pada blog MasIrfun.Com ini. hehe

7. Posisi penempatan iklan Terbarik


Sumber : klikmania.net

Nah, untuk kali ini MasIrfun pernah mencoba untuk menempatkan iklan dengan berbagai blog/website. Saya melakukan eksperimen yang sebagai berikut :


  • Posisi Penempatan Sidebar 


Hasil :
RPM : $0,15
Penghasilan : $0,7-$1,2
CPC: $0,06
CTR: 0,27%


  • Posisi Penempatan Sidebar dan Awal Artikel


Hasil :
RPM : $0,20
Penghasilan: $0,8-$1,6
CPC: $-,06
CTR: 0,35%


  • Possi Penempatan Sidebar, Awal Artikel, dan Akhir artikel


Hasil:
RPM: $0,30
Penghasilan: $1,5-$2,1
CPC: $0,06
CTR: 0,49%


  • Posisi Penempatan Header, Awal Artikel, dan Akhir Artikel


Hasil:
RPM : $0,35
Penghasilan : $1,8-$2,5
CPC: $0,06
CTR: 0,54%


  • Posisi Penempatan Awal Artikel, Tengah Artikel, dan Akhir Artikel

Hasil:
RPM: $0,37
Penghasilan: $2-$3/day
CPC: $0,06
CTR: 0,57%

8. Mengoptimalkan Pendapatan Adsense dengan Eksperimen



Pernah denger orang-orang mastah dan sebagainya melakukan eksperimen pada google Adsense?

Dalam memaksimalkan pendapatan adsense ini cukup di bilang sederhana namun istimewa hasilnya dnegan melakukan eksperimen ini. Nah, untuk mengoptimalkan pendapatan adsense ini ada dua cara yang MasIrfun tahu yaitu :


  • Eksperimen Sendiri


Untuk eksperimen ini, mencobalah untuk merubah setelan iklan dengan variasi tertentu. Setelah itu lakukan peninjauan terhadap penghasilan kamu. Apabila eksperimen menaikkan pendapatan adsense itu artinya lebih baik, sedangkan apabila tidak maka kamu harus merubahnya !


  • Eksperiemen berdasarkan Peluang Laman di Laman Pengoptimalan


Nah, untuk eksperimen yang kedua ini kamu pun dapat eksperimen mengunjungi optimasi pada beranda adsense. Setelah itu, temukan cara terbaik untuk melakukan optimasi iklan yang sesuai keinginanmu.

Selamat mencoba !

9. Speed Website/Blog


Sumber : websolutions.com

Tahukah kamu bahwa speed blog ini merupakan salah satu faktor yang paling dasar juga. Pasalnya, biasanya blog yang memiliki loading tercepat ini mampu bersaing dan nangkring di SERP google.

Secara logika, pengunjung tentunya tidak akan membuka sebuah webiste atau blog yang sangat berat kecepatannya. Sehingga ini bisa dikategorikan mampu mengoptimalkan pendapatan adsense dengan banyak pengunjung yang klik tautan kita.

10. Sedekah


Sumber : bangka.tribunnews.com

Percayakah kamu bahwa apapun yang kamu lakukan di dunia nyata maka akan berdampak pada apapun yang kamu kerjakan, termasuk dunia maya ini?

Mengapa sebut dunia maya? Karena bagaimanapun kita bekerja untuk diri sendiri dengan meraup dari google adsense. Oleh karena itu, apapun yang kamu kerjakan di dunia nyata ini pun bisa meningkatkan pendapatan adsense kamu.

Entah percaya atau tidak, MasIrfun pernah bersedekah yang nominalnya tidak begitu besar. Pada hari itu tepat sekali walaupun visitor tidak begitu besar jumlahnya, namun pendapatan itu hampir 10rb per hari dengan PageView tidak sampai 500.

Oleh karena itu, berapapun hasil yang kamu peroleh dalam bekerja janganlah kufur tetapi tetaplah bersyukur. Tetap lakukanlah yang TERBAIK, karena semua sudah ada yang mengatur segalanya.

Nah, itulah diatas mengenai 10 cara memaksimalkan pendapatan adsense dengan versi MasIrfun. Semoga Bermanfaat !
MasIrfun
Load comments