[Update] Cara Mengubah File PDF Ke Word Terbaru dan Terlengkap

MasIrfun

[Update] Cara Mengubah File PDF Ke Word Terbaru dan Terlengkap
MasIrfun.Com - Cara Mengubah PDF Ke Word - Kamu pernah bingung saat harus mengedit file PDF? Atau, disuruh isi formulir tapi dapet filenya PDF?



Atau malah, kamu ingin copy-paste data yang ada di dalam file PDF tersebut, misalnya untuk membuat skripsi atau tugas sekolah?

Salah satu caranya adalah dengan mengubah PDF ke Word, kemudian diedit setelah jadi file Word.

Sudah tau caranya belum?

Cara Mengubah File PDF Ke Word Lengkap


Sumber : jambi.tribunnews.com

Di bawah ini MasIrfun akan memberi tips bagaimana cara ubah PDF ke Word, baik di PC/Laptop, Android, juga iPhone!

Apa Itu PDF?


Apa itu PDF? Pengertian PDF (Portable Document Format) adalah jenis format dokumen atau berkas untuk keperluan pertukaran dokumen digital yang dibuat oleh Adobe System pada tahun 1993.

Awalnya format ini digunakan untuk kepentingan pertukaran dokumen digital, namun sekarang format PDF juga banyak digunakan untuk presentasi dokumen dua dimensi yang terdiri dari huruf, teks, grafik vector dan citra.

Tak hanya itu saja, Adobe System Inc kini juga mengembangkan program Acrobat 3-D berupa kemampuan PDF untuk membaca dokumen tiga dimensi. Kini PDF sudah menjadi standar ISO dengan kode 32000-1:2008 sejak Juli 2008.

Sesuai dengan pengertian PDF di atas, format ini sering digunakan dalam administrasi perkantoran karena kemudahannya. Meskipun pada awal rilis format ini kurang diminati karena kalah bersaing dengan pendahulunya yakni Microsoft Office, namun karena memiliki fitur yang memudahkan penggunanya untuk mengarsipkan dokumen membuat PDF saat ini semakin banyak digunakan.

Bahkan software untuk mengakses format PDF pun tidak hanya Adobe Reader saja, namun juga ada Foxit Reader, Adobe Flash, Sumatra PDF dan lainnya.

Kelebihan PDF



  • cara kerja PDF
  • Sebagai suatu format dokumen pastinya PDF mempunyai kelebihan tersendiri jika dibandingkan dengan format lain seperti pada Word, Excel, Power Point, Text dan lain – lain. Kelebihan dari suatu berkas yang disimpan dengan format PDF antara lain :
  • Kelebihan utama dari file PDF adalah sifatnya yang fleksibel. Sudah dijelaskan sebelumnya bahwa file PDF ini dapat dibuka di komputer manapun atau bahkan smartphone tanpa adanya perubahan pada data atau isinya. Bahkan suatu browser bernama Mozilla Firefox juga memiliki kemampuan untuk membaca data pada format PDF.
  • Dapat diberi keamanan dengan mensetting password sehingga tidak dapat diedit sembarangan atau bahkan dibuka sekalipun. Gunakan software PDF locker jika tidak dapat dibuka.
  • Kebanyakan orang mungkin beranggapan bahwa file PDF tidak dapat diedit karena dengan mengconvert ke dokumen lain kemungkinan datanya akan kacau. Namun jangan salah karena saat ini terdapat software PDF reader yang juga dilengkapi fitur editor.
  • Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya format PDF tidak hanya menyimpan data dalam bentuk teks namun juga gambar (image) ataupun foto juga bisa.
  • Tersedia banyak sekali software PDF reader, software untuk melakukan konversi dari teks ataupun gambar dan software untuk melakukan editor (baik secara aplikasi ataupun online). Ketersediaan software yang sangat beragam ini menjadi indikasi ketenaran format PDF hingga saat ini.


Apa itu Word ?


Microsoft Word adalah aplikasi pengolah kata yang sangat populer pada saat ini, Aplikasi yang dikembangkan oleh microsoft ini terdapat dalam satu paket microsoft office yang berisi microsoft word, microsoft excel, microsoft power point, microsoft office publisher microsoft office access dan lain-lain.. Akan tetapi dari sekian banyak ini paket yang ditawarkan microsoft word yang paling sering dipakai oleh kebanyakan orang selain microsoft excel dan power point. Dalam perkembangannya microsoft word mengalami banyak perkembangan dari tahun ke tahun mulai dari microsoft word 1998, microsoft word 2003, microsoft word 2007, microsoft word 2010 dan microsoft word 2013. Dengan perkembangan tersebut microsoft telah menambahkan database dan tool yang baru untuk menyempurnakan agar microsoft word lebih mudah untuk digunakan. Dengan microsoft word dapat memudahkan kerja manusia dalam melakukan pengetikan surat maupun dokumen lain.

 Kelebihan Microsoft Office Word


  • Word dilengkapi tool dasar untuk desktop publishing.
  • Fasilitas lebih lengkap dari versi sebelumnya.
  • Pada tampilan menu ‘INSERT’, menu picture, clipart, dll dilengkapi dengan gambar -gambar dengan ukuran yang sedikit besar dan berwarna yang membuat tampilannya kelihatan lebih menarik.
  • Terdapat menu ‘REFERENCES’ yang sebelumnya tidak terdapat pada Microsoft Word 2003. Pada menu ini terdapat cara untuk memudahkan membuat daftar pustaka, daftar isi atau sebagainya.
  • Terdapat ‘Office Button’ atau tombol bulat di pojok kiri atas yang sebagian besar gunanyauntuk menggantikan fungsi menu file.
  • Loading lebih cepat dari versi sebelumnya, Ukuran file yang dihasilkan lebih kecil, Gaya tulisan yang lebih banyak dan terbaru. Pengaturan naskah lebih mudahjika sudah menguasainya.Dan Dapat membaca semua file dari semua versi office yang ada.
  • Terdapat smartart, yaitu sekumpulan template grafis yang mudah digunakan Terdapat ‘quick acces toolbar’.,Saat menu utama di klik langsung muncul ikon – ikon yang disebut dengan ribbon.
  • Dapat menyisipkan gambar ke dalam naskah, Title Bar terletak tepat di bagian tengah atas. Mempunyai 7 menu utama yang terkesan lebih simple dari versi sebelumnya.Toolbar ditampilkan secara vertical sehingga tidak mengganggu lembar kerja.
  • Dapat mempublish atau memposting tulisan ke blog. Sudah mulai ada perkembangan untuk ‘Save as’. Kita dapat menyimpan file dengan default yang kita hendaki yakni Word document, Word template, Word 97-2003 document. Template yang digunakan sudah mulai beragam se hingga tampilan lebih menarik.
  • Memiliki preview dari setiap ikon tentang pengaturan halaman apabila kita dekatkan kursor pada ikon yang kita kehendaki, Terdapat fasilitas untuk menggunakan ‘equation’ untuk menulis rumus. Multi dukungan untuk .NET, Web (kompatibilitas lebih bagus).dan Desain baru yang lebih mengutamakan kemudahan penggunaan. Dan dilengkapi tool dasar untuk desktop publishing.


Kekurangan Microsoft Office Word


  • Perubahan design yang drastis sehingga mengharuskan pengguna baru untuk mempelajari lagi dan membutuhkan waktu hingga terbiasa.
  • Relatif berat, terutama di mesin yang pas-pasan.
  • Banyak fitur yang mubazir, apalagi kalau kita menggunakannya untuk sekedar menulis surat. Installer yang lebih besar.
  • Spesifikasi yang dicapai lebih berat, yaitu processor sebesar 500 MHz (kecepatannya), RAM sebesar 256 MB (disarankan 512 MB), VGA 64 MB (agar pemrosesan gambar lebih cepat), HDD yang disediakan minimal 600 MB (disarankan 1 GB).
  • Minimal OS Windows XP dengan SP2.
  • Sedikit lebih sulit bagi orang-orang yang sudah terbiasa menggunakan Microsoft Word 2003.
  • File yang dihasilkan defaultnya berformat .docx dimana pada format ini tidak dapat dieksekusi atau dibaca oleh Microsoft Word 2003.
  • Menyimpan file untuk web terasa lebih kompleks dibanding pada edisi sebelumnya.
  • Tab konstektual dan style gellery agak mengganggu.
  • Karena merupakan versi baru sehingga membutuhkan penyesuaian penggunaan sistem dari user


Cara Mengubah PDF ke Word di PC/Laptop


Ternyata ada beberapa cara ubah PDF ke Word yang bisa kamu pilih. Semuanya sama mudahnya, kok.

Ingat ya, tips ini langkahnya berbeda kalau dengan menggabungkan file PDF! MasIrfun sudah membahas secara terpisah di artikel sebelumnya ya guys!

1. Menggunakan Website Converter


Sumber : berakal.com

Trik pertama yang dapat kamu gunakan sebagai cara convert PDF ke Word adalah menggunakan layanan converter online gratisan.

Ada banyak website yang menyediakan layanan mengubah file PDF ke Word secara online, namun yang termudah dengan menggunakan website ini.

Begini cara menggunakannya:


  1. Kunjungi website-nya via browser kamu.
  2. Tentukan jenis output yang kamu inginkan, karena ingin mengubah PDF ke Word, maka pilih PDF to DOCX.
  3. Klik Browse dan pilih dokumen PDF yang ingin kamu ubah menjadi dokumen Word.
  4. Klik Convert dan tunggu hingga proses konversi selesai, lalu akan muncul jendela pop-up untuk mendowload file yang telah berhasil di-convert.


2. Menggunakan Aplikasi UniPDF


Sumber : berakal.com

Selain menggunakan website, cara mengubah PDF ke Word juga bisa menggunakan aplikasi desktop.

Salah satunya dengan aplikasi UniPDF yang dapat kamu gunakan dengan gratis. Download software-nya di sini.

Ini cara menggunakannya:


  1. Jalankan software-nya dan buka tab Settings dan pastikan pada bagian Word format , pilih ekstensi .doc.
  2. Kembali ke tab Home, lalu pad bagian output pilih Word. Klik Add dan cari file yang ingin kau ubah menjadi Word.
  3. Terakhir, klik Convert dan tunggu hingga proses konversi selesai.


3. Menggunakan Adobe Acrobat PRO


Sumber : berakal.com

Kamu juga bisa menggunakan software Adobe Acrobat PRO di PC kamu sebagai cara ubah PDF ke Word.

Langkah-langkahnya pun mudah banget.


  1. Jalankan aplikasi Adobe Acrobat PRO
  2. Buka file PDF yang ingin kamu ubah menjadi Word.
  3. Buka File > Save As Other > Microsoft Word > pilih Word Document atau Word 97-2003 sesuai dengan selera kamu.


4. Cara Mengubah PDF ke Word Tanpa Aplikasi Tambahan


Nah, Jika ketiga cara di atas membutuhkan aplikasi tambahan, maka untuk cara yang ini tidak membutuhkan aplikasi tambahan sama sekali!

Kamu hanya butuh Microsoft Word kamu untuk convert PDF ke Word!

Tetapi, pastikan Microsoft Office-mu sudah versi 2013 ke-atas ya jika ingin menggunakan fitur ini.

Begini caranya:

1. Jalankan Microsoft Office Word 2013 atau 2016.

2. Pilih Menu File > Open dan cari dokumen PDF yang ingin kamu jadikan Word. Kalau file PDF kamu tidak terbaca oleh Ms.word, jangan lupa centang All Files pada toolbox bagian kanan bawah seperti gambar di bawah ini.


Sumber : sinau-belajar.blogspot.com

3. Pasti akan muncul pop-up peringatan, tetap lanjutkan lalu klik OK dan tunggu sampai proses konversi selesai.

5. Cara Ubah PDF ke Word di Handphone



Kalau kamu merasa ribet untuk mengubah file PDF menjadi Word di PC, ternyata kamu dengan mudah bisa mengubah file PDF menjadi Word di HP loh!

Ternyata kamu juga bisa mengubah PDF ke Word melalui aplikasi Android, lho! Hal ini akan sangat membantu kamu apabila file PDF yang ingin kamu konversi ada di handphone.

Ada banyak aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk merubah PDF ke Word. Salah satunya adalah PDF Converter.

Begini caranya:


  1. Jalankan aplikasi PDF Converter di handphone kamu.
  2. Pilih lambang 'Tanda Tambah" kemudian pilih file PDF yang ingin kamu convert menjadi Word.
  3. Selanjutnya kamu tinggal menunggu proses konversi selesai dan bisa kamu buka di Aplikasi Ms.Word handphone kamu. Oh iya, aplikasi ini bisa mengubah banyak file lainnya selain PDF, lho!
MasIrfun
Load comments