Bahaya Cas HP di Mobil Bisa Meledak ? Berikut 4 Tips Aman Cas HP di Mobil !

MasIrfun

Bahaya Cas  HP di Mobil Bisa Meledak ? Berikut 4 Tips Aman Cas HP di Mobil !
MasIrfun.Com - Bahaya Cas HP di Mobil - Saat kamu berpegian jauh mengendari Mobil, tentu saat HP lowbat membutuhkan pengisian daya. Charging hp Android memang menjadi hal kebiasaan bagi orang-orang pada umumnya. Tapi, tahukah kamu bahwa ada dampak charging saat kamu di mobil loh guys !

Apakah kamu mengetahui bahwa dengan cas hp di mobil ini bisa mengancam diri kamu sendiri ?

Adanya USB atau soket ligter dalam mobil ini bisa berfungsi menjadi beberapa hal diantaranya adalah menggunakan port USB dalam kegiatan transfer data lagu.

Faktanya, kebiasaan mengisi baterai HP melalui UBS atau soket ini tadi ternyata mendatangkan dampak buruk bagi HP dan aki mobil itu sendiri.

Nah, Apa saja sih bahaya cas hp di mobil? Bagaimana cara untuk mengisi baterai dengan benar di Mobil ? Berikut MasIrfun kasih penjelasannya dibawah ini !

3 Bahaya Cas HP di Mobil Bisa-Bisa Meledak !


Bahaya Cas  HP di Mobil Bisa Meledak ? Berikut 4 Tips Aman Cas HP di Mobil !
Sumber : ohayo.co.id

Pada setiap mobil ini menyediakan sebuah USB atau soket lighter yang akan mengalirkan listrik ke perangkat apapun yang terhubung.

Soket Lighter ini berfungsi sebagai alat untuk menyalakan rokok. Akan tetapi, banyak orang yang menggunakannya sebagai sumber listrik untuk cas HP.

Sementara untuk USB ini sendiri awal mulanya berfungsi untuk menyambungkan flasdisk kamu ke sistem multimedia mobil untuk menyalakan lagu sampai nonton sekalipun.

Ternyata, kebiasaan ini mempunyai dampak buruk bagi hp dan juga aki mobil itu sendiri,guys. Mengapa ?

1. Menguras Aki


Sumber : news.ralali.com

Accumulator atau Aki adalah komponen penyimpanan arus listrik pada mobil yang digunakan untuk menyalakan segala komponen listrik di mobil. 

Ketika mesin mobil dalam keadaan mati, aki yang bertanggung jawab untuk memberikan listrik kepada mobil.

Salah satunya yaitu port USD atau soket lighter ini. Penggunaan kedua port untuk mengisi baterai HP atau perangkat apapun itu ternyata mampu menguras aki.

Apabila kamu tidak ingin nyawa aki berkurang dengan cepat, maka hindari menyalakan segala multimedia ataupun penggunaan listrik apapun pada mobil.

Apalagi kalau aki sudah sekarat, maka mengisi baterai HP dalam keadaan mobil mati bukanlah hal yang tepat untuk kamu lakukan.

2. Merusak Baterai HP


Sumber : kaskus.co.id

Penggunaan USB atau soket lighter pada mobil bisa merusak baterai HP. USB yang disediakan pada banyak mobil hanya bisa mengalirkan output 0,5Ampere.

Jumlah listrik yang diberikan oleh USB ini sangat sedikit apabila dibandingkan dengan kapasitas optimal pengisian baterai HP pada sekitar 2Ampere.

Pada kasus tertentu, charging dengan USB tidak bisa mengisi baterai HP kamu. Baterai akan terus terkuras saat kamu menggunakannya, meskipun terhubung dengan USB.

Sementara, untuk penggunaan soket lighter sebagai sumber listrik karena output yang sangat besar.

Sebagian mobil menggunakan output listrik sampai 10Ampere. Jumlah ini 3 kali lebih besar dibandingkan dengan kapasitas pengisian baterai HP pada umumnya.

Mengisi baterai HP dari output listrik yang lebih besar dari seharusnya ini ternyata bisa menyebabkan korsleting yang akan merusak komponen penting HP.

Sampai yang terburuknya, ialah menyebabkan HP bisa meledak. Meskipun kasus seperti ini jarang terjadi dan tergantung dengan situasi saat HP di cas.

3. HP Menjadi Panas


Sumber : tanya.5cara.id

Secara umum, mobil diparkir dibawha terik matahari yang menyebabkan temperatur dalam mobil menjadi panas. Khususnya pada bagian mobil tertentu yang terkena sinar matahari langsung.

Kalau kamu seirng menyimpan HP di daerah dasbor mobil sambil mengisi baterai, maka akan menyebabkan HP menjadi panas.

Tidak hanya pengaruh cas saja, namun juga sinar matahari ini langsung terpancar ke HP. Banyak kasus juga HP yang meledak di mobil terjadi karena temperatur HP yang terlalu panas.

Serta aliran listrik yang masuk ke baterai HP tidak seimbang. Sehingga memicu baterai untuk meledak.

Baca juga : Penyebab Baterai HP Cepat Habis dan Cara Mengatasinya

Jika berbahaya cas hp di mobil, lalu bagaimana cara cash hp di mobil dengan baik dan benar ? Berikut MasIrfun kasih ulasannya !

4 Tips Aman Cara Cas HP di Mobil


Apabila sampai meledak, tentu akan membahayakan pengendara dan juga penumpang yang berada di dalamnya. 

Sebenarnya, kalau kita mengecas hp di mobil dalam perjalanan yang singkat, tentu resiko kemunculan masalah tadi ini masih kecil

Namun, ketika melakukan perjalanan jauh, hal ini berpotensi untuk HP meledak bisa makin besar.

Berikut Tips Aman dari MasIrfun !

1. Hanya kondisi Darurat


Sumber : autoexpose.com

Tips dari masirfun kali ini yaitu akan lebih baik untuk HP dna juga kondisi mobil kita apabila pengecasan asal tidak dilakukan di dalam mobil, kecuali saat kondisi yang darurat sekali. 

Lebih baik kita mengisi baterai HP sebelum mengendari mobil, supaya kita tidak perlu mengecas lagi selama perjalanan yang jauh.

Atau bisa kamu membawa power bank apabila kamu sendiri cukup intens menggunakan HP Android kamu,

2. Memperhatikan Spesifikasi Cas



Dalam menggunakan charger khusus untuk mobil, lebih baik pilih produk orisinal dikarenakan sudah disesuaikan dengan unit asalnya.

Walaupun banyak charger di pasaran yang berkualitas bagus, tidak sedikit juga yang kualitasnya rendah.

Yang kualitasnya jelek tentunya akan terasa langsung di HP Android kamu. Misalnya, proses pengecasan berlangsung tidak sempurna. 

3. Kontrol Kondisi Baterai


Sumber : buaya-instrument.com

Bahaya yang mungkin muncul ketika charging hp di dalam mobil ialah pada saat tidak mengontrol pengisian baterai. 

Artinya, kita perlu memantau apakah baterai sudah terisi penuh atau belum. Jadi, maksudnya adalah kalau baterai sudah penuh, segeralah langsung mencabut gadget dari port USB ataupun soket lighter.

Perlu diingat bahwa proses pengecasan hp juga harus segera dihentikan apabila charger atau hp tiba-tiba panas yaa!

Baca juga : Cara Menghemat Batera HP Semua Merek

4. Jangan Membiarkan Tertancap


Sumber : blog.tribunjualbeli.com

Bagi kita yang masih mengandalkan port lighter untuk mengecas, lebih baik jangan membiarkan charger tersebut tertancap lama apabila sudah tidak digunakan lagi.

Hal tersebut karena proses starter mobil membutuhkan tegangan listrik besar, sehingga charger yang terpasang akan memberi kesan yang masih terpakai.

Yang kualitasnya jelek tentunya akan terasa langsung di HP Android kamu. Misalnya, proses pengecasan berlangsung tidak sempurna. 

Pada indikator baterai sudah terlihat penuh, nyatanya belum. Pilihlah cas dengan kualitas baik dan output-nya stabil. Hal ini dikarenakan walau model chargernya sama, belum tentu sama kualitasnya dan aliran listriknya.
MasIrfun
Load comments