Teks Anekdot : Pengertian, Ciri-Ciri, Struktur, dan Contoh Teks Anekdot

MasIrfun

Teks Anekdot : Pengertian, Ciri-Ciri, Struktur, dan Contoh Teks Anekdot
MasIrfun.Com - Contoh teks anekdot - Pada artikel ini, saya akan memberikan artikel tentang pengertian, ciri-ciri, struktur teks anekdot. Teks anekdot itu sendiri adalah salah satu dari jenis teks Indonesia yang ada.

Teks anekdot juga merupakan salah satu bentuk teks paling populer setelah teks cerita. Pada zaman kuno, secara umum, orang dapat dengan mudah menemukan contoh teks anekdot di media cetak dan cetak, misalnya di koran. Seiring dengan perkembangan waktu dan teknologi, contoh-contoh teks anekdot bahkan lebih mudah ditemukan di Internet dan media sosial.

Pengertian Teks Anekdot


Teks Anekdot : Pengertian, Ciri-Ciri, Struktur, dan Contoh Teks Anekdot
Sumber image : moondoggiesmusic.com

Contoh Teks anekdot adalah teks cerita pendek yang dapat didasarkan pada pengalaman atau kenyataan, di mana kontennya mengandung humor dan lelucon untuk mengkritik masalah atau masalah mode. Masalah-masalah ini bisa datang dari berbagai hal, seperti politik, ekonomi, pendidikan, dan sebagainya.

Selain memiliki unsur humor, teks anekdot juga harus memiliki mandat dan pesan moral yang dapat diambil pembaca.

Secara umum, teks anekdot sering digunakan untuk menyiratkan kondisi sosial yang terjadi di masyarakat. Selain itu, teks anekdot juga terkadang digunakan untuk mengkritik kinerja pemerintah yang dianggap tidak memuaskan.

Ciri-Ciri Teks Anekdot


- Tentu saja, teks anekdot harus mengandung unsur humor dan lelucon sehingga Anda dapat membuat kesan lucu. Jika teks anekdot tidak memiliki kesan lucu, tidak pantas untuk menyebutnya teks anekdot. Tujuan utama dari teks anekdot adalah juga untuk menyindir sesuatu, tidak ada teks anekdot yang tidak mengandung sindiran.

- Selain manusia, karakter yang berperan dalam teks anekdot biasanya dapat berupa hewan atau hewan. Di mana hewan yang merupakan tokoh dalam teks anekdot memiliki karakteristik yang sama dengan manusia dan seolah-olah mereka dapat berbicara, dan sebagainya.

- Beberapa teks anekdot didasarkan pada peristiwa nyata, yang lain menambah imajinasi dan kreativitas penulis. Oleh karena itu, tidak ada ketentuan khusus mengenai apakah teks anekdot harus benar-benar menjadi eksperimen atau harus dibuat oleh imajinasi penulis.

- Secara umum, teks anekdot diarahkan pada orang tertentu atau karakter tertentu dari kehidupan nyata. Tokoh ini dapat berupa tokoh publik, lembaga tertentu atau organisasi tertentu.

- Dan karakteristik terakhir dari teks anekdot memiliki tujuan tertentu dalam bentuk kritik atau sindiran. Kritik dalam teks anekdot akan dengan hati-hati dikemas dengan cerita-cerita lucu yang menarik.

5 Struktur Teks Anekdot


1. Ringkasan adalah struktur tertua, yang terbuka dalam teks anekdot. Ringkasan berisi ikhtisar konten utama teks. Dengan struktur abstrak ini, pembaca dapat memperoleh gambaran umum terlebih dahulu. Sampai sekarang, imajinasi pembaca pada umumnya akan diuji.

2. Setelah meringkas, ada orientasi. Orientasi menunjukkan awal acara atau cerita dalam teks. Selain itu, orientasinya juga secara umum menjelaskan konteks peristiwa utama yang dilaporkan dalam teks anekdot. Seperti struktur orientasi yang ditemukan dalam teks umum lainnya. Struktur orientasi dalam teks-teks anekdot juga digunakan untuk memperkenalkan terlebih dahulu apa yang terjadi dalam cerita.

3. Krisis adalah bagian yang menjelaskan masalah utama yang muncul, disajikan dengan cara yang tidak biasa dan unik. Krisis juga merupakan tempat di mana sebagian besar masalah muncul. Dengan demikian, dengan cara ini, struktur krisis adalah struktur paling menarik dari teks anekdot.

4. Reaksi memiliki hubungan yang erat dengan bagian krisis. Jika krisis berada di pusat masalah, reaksi adalah bagian dari penyelesaian masalah. Reaksi juga terkadang mengandung reaksi atau pendapat karakter dalam teks anekdot, setelah melewati fase krisis.

5. Dan struktur terakhir dari teks anekdot adalah koda. Koda mungkin merupakan penutup teks anekdot. Secara umum, koda berisi kesimpulan dari semua isi cerita dan terkadang juga berisi pesan moral dan pesan yang ingin disampaikan oleh penulis.

Contoh Teks Anekdot

Contoh teks 1

Cinta Itu Tidak Adil
MasIrfun sedang curhat dengan Santoso. Menurut MasIrfun, cinta yang ia dapatkan tidak adil. Awalnya Santoso tidak ingin mendengarkan curhatan MasIrfun, karena ia kasihan melihat temannya habis babak belum karena cinta, maka ia bersedia.

"Jadi mengapa wajahmu jadi babak belur seperti Fun?", tanya Santoso.
"Dengarkan baik-baik Santoso aku akan menceritakan ketidakadilan cinta padamu", Jawab MasIrfun
"Kami lihat Bagong, ia mempunyai kekasih seorang perawat, maka iapun terawat baik sekarang," MasIrfun memulai curhatnya. (Santosi mengagguk, ia paham apabila Bagong beruntung mendapatkan kekasih seorang perawat.
"Nah, kamu juga lihat si Kampret, pacarnya seorang guru, sekarang dia tambah pintarkan?," tanya MasIrfun. Santoso juga hanya mengangguk. Memang benar adanya Kampret sangat beruntung.
"Lalu mengapa wajahmu jadi babak belur setelah kalian berkencan? Setahuku designer tidak pandai bertarung Fun." Santoso tambah jadi bingung.
"Begini San, yang melakukan ini semua bukan kekasihku, tapi", MasIrfun menahan nafas sejenak/
"Tapi apa" Santoso tambah tidak sabar.
"Tapi yang membuat babak belur adalah suaminya San". Kemudian Santoso langsung menyeret MasIrfun masuk ke dalam selokan.

Contoh teks 2

Cara Diet Paling Ampuh
Seorang wanita merasa frustasi dengan berat badannya. Ia merasa sangat gemuk dan tidak seksi. ia memutuskan untuk datang ke dokter kecantikan. Wanita ini sangat berharap, ia dapat langsing seperti boneka barbie.

Apapun akan dia lakukan untuk mendapatkan tubuh yang ideal. Sesampainya di tempat praktik dokter, wanita tersebut mengungkapkan keinginannya.

"Saya ingin langsing dok, seperti ini", jelas wanita tersebut sambil menunjukkan boneka barbie yang ia bawa. Mendengar hal tersebut, sang dokter mengerutkan dahi sambil melihat tubuh sang pasien secara detail. Menyaksikan ekspresi yang tidak mengenakkan dari si dokter, sang wanita tersebut pun mengancam, "Pokoknya saya harus langsing dok, saya tidak peduli bagaimanapun caranya".

Sang dokter memutuskan untuk memeriksa tubuh wanita tersebut. Sejenak setelah memeriksa tubuh si wanita, dokter tersebut hanya menggeleng-gelengkan kepala. Dengan wajah memelas, dokter tersebut berkata, "Sayang sekali nona, kondisi tubuh nona ternyata sangat parah, nona bahkan tidak akan bisa hidup lebih dari 2 minggu lagi".

Mendengar hal itu, wanita tersebut langsung teriak panik, ia pun keluar tempat praktik sambil menangis histeris. Namun 3 minggu kemudian wanita tersebut balik lagi ke praktik dokter tersebut. "Dokter bohong, kata dokter saya akan mati dalam 2 minggu, sekarang sudah 3 minggu tapi saya masih hidup", kata si wanita.

Dokter tersenyum, wow sekali non, apa yang nona lakukan selama 3 minggu ini sampai tubuh nona menjadi langsing begini?". Sang wanita merasa heran, ia menceritakan apabila dirinya hanya menangis terus-menerus karena memikirkan ia akan mati. Bahkan ia juga tidak selera makan karena ia takut mati, sehingga ia akhirnya menjadi kurus. "Nah nona, selamat menikmati tubuh barbie nona, itulah cara diet paling ambuh", jelas sang dokter

Itulah diatas artikel yang membahas contoh teks anekdot yang meliputi Pengertian Anekdot, Ciri-ciri Anekdot, dan Struktur teks Anekdot. Semoga dengan adanya artikel dari MasIrfun dapat menambah wawasanmu lebih dalam mengenal Teks Anekdot. See You !
MasIrfun
Load comments