10 Dampak Buruk Bahaya Menggunakan Virtual Private Network (VPN)

MasIrfun

10 Dampak Buruk Bahaya Menggunakan Virtual Private Network (VPN)
MasIrfun.com - Bahaya Pakai VPN - Tahukah kamu apa itu VPN ? VPN singkatan dari Virtual Private Network merupakan salah satu layanan koneksi yang memberikan kamu akses ke website secara aman dan pribadi dengan mengubah jalur koneksi melalui server.

VPN ini juga menyembunyikan pertukaran data yang terjadi. VPN ini dibuat dengan tujuan mengkoneksikan jaringan antar gedung perkantoran secara aman dan bisa menggunakan jaringan kantor dari rumah ataupun tempat-tempat lain.

Sementara untuk sekarang, VPN kali ini sudah banyak sekali digunakan oleh pengguna internet secara aman, pribadi, dan bisa mengakses suatu jaringan secara remot. Nah, pada kesempatan kali ini MasIrfun akan memberikan ulasan lengkap mengenai VPN. Karena secara umum orang awam yang kenal dengan VPN masih belum mengerti apa fungsi dan bahaya memakai VPN.

Mengenal Lengkap Mengenai Virtual Private Network (VPN)


Sesederhananya, Virtual Private Network (VPN) mengkoneksikan smartphone, tablet, PC ke komputer yang lain dengan mengganti server di suatu tempat yang terhubung dengan internet. Juga mengijinkan kamu untuk menjelajah internet menggunakan jaringan internet. Hal ini apabila komputer server di negara yang berbeda, akan menjadikan negara yang kamu gunakan pada saat internet mencoba mengenai kamu melalui koneksi tersebut.

Selain itu juga bisa mengakses sesuatu yang tidak bisa kamu akses di negara sendiri. Mungkin dengan pengertian diatas membutakan kamu tentang asli dari VPN, apalagi kamu menggunakan yang gratisan dengan alasan akses medsos sekarang ini di tutup sementara. Namun, VPN pun mempunyai dampat buruk yang akan MasIrfun sampaikan pada pembahasan dibawah ini !

10 Dampak Buruk menggunakan Virtual Private Network (VPN)


10 Dampak Buruk Bahaya Menggunakan Virtual Private Netword (VPN)

Setelah dengan adanya pembatasan pada sejumlah fitur di media sosial dan platform messaging termasuk salah satunya WhatsApp, Facebook, Instagram ini banyak sekali orang yang menggunakan VPN. Karena apabila kita menggunakan Virtual Private Network (VPN) ini menjadikan kita dapat mengirimkan gambar dan video yang sebelumnya tidak bisa sama sekali karena pembatasan dari pemerintah. Sayangnya, para orang-orang awam pun tidak mengerti akan dampak dari bahaya menggunakan VPN itu sendiri.

Untuk itu, MasIrfun memberikan 5 dampak buruk bahaya dari Virtual Private Network ini sebagai berikut :

1. Pencurian data

Dengan menggunakan layanan Virtual Private Network atau VPN ini agar dapat menembus pembatasan akses pemerintah ini mempunyai potensi akan terjadinya pencurian data. Hal ini tentu secara tidak mungkin akan bertambahnya pengguna menggunakan VPN. Namun, dampaknya akan sangat besar apabila menggunakan VPN yang tidak rekomended.

Lalu apa saja yang bisa dicuri datanya saat menggunakan VPN gratisan ? Data yang dapat dicuri antara lain nama pengguna, alamat, username, password, dan data penting lainnya. Penjualan data inilah yang menjadi salah satu akan digunakan sebagai menaruh iklan di smartphone atau komputer si pengguna.

2. Penyebab Malware

Di dalam dunia internet ada sebuah istilah Malvertising, merupakan sebuah proses penyaluran Malware ke perangkat komputer ataupun smartphone yang menggunakan VPN gratisan. Ketika kita menggunakan VPN menjelajahi website, tentu hal ini secara otomatis tidak langsung virus atau malware bisa dengan mudah masuk ke perangkat melalui iklan yang telah terpasang dalam sebuah website.

3. Resiko Serangan Man in the Middle

Apa sih maksudnya "Man in the Middle?" merupakan serangan terhadap sebuah sistem perangkat yang salah berkomunikasi satu dengan yang lainnya. Beberapa layanan VPN ini bisa berpotensi mempermudah dan juga memperlancar dalam serangan Man in the Middle ini. Sedangkan si penyerang berada di tengah jalur komunikasi tersebut agar membaca, membajak, dan mencuri data bahkan akan menyisipkan malware pada perangkat kita.

4. Pengguna digunakan sebagai Network End-Poin

Untuk pihak ketiga ini bisa menggunakan IP Address kita sebagai Network End-Poin. Network End-poin ini biasanya digunakan sebagai meningkatkan bandwith layanan VPN agar meningkatkan kecepatan internet pemakai internet lainnya. Justru, beberapa sumber menyebutnya ada kemungkinan Network End-poin diperjualkan.

5. Kebocoran Alamat IP

Virtual Private Network (VPN) adalah salah satu jempatan rahasia yang digunakan sebagai sampai tujuan yakni internet. Akan tetapi, sejumlah layanan VPN mempunyai jalur rahasia yang memiliki banyak lubang. Lubang tersebut memperbesar kemungkinan untuk pencurian data sampai kebocoran alamat IP.

Kebocoran alamat IP dapat saja digunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab sebagai meretas dna mencuri data si pengguna VPN itu sendiri.

6. Melacak Kegiatan Online

Berdasarkan studi VPNMentor bahwa setidaknya ada 72% VPN gratis yang ternyata memasang tracker untuk melacak kegiatan si pengguna dan kemungkinan dibagikan pada pihak ketiga. Pada saat data tersebut selesai dikumpulkan, maka data kegiatan ini diberikan ke pengiklan sebagai memasang iklan tertarget kepada pengguna.

7. Penjualan Data

Salah satu dampak buruk bahaya menggunakan VPN gratisan yaitu resiko penjualan data secara ilegal. Akan tetapi untuk pengguna VPN berbayar rasanya tidak perlu di khawatirkan. Pasalnya, bahwa penyedia layanan ini secara umum mempunyai aturan lebih ketat apabila dibandingkan dengan pengguna VPN gratisan.

8. Serangan Adware

Iya sih, mungkin kamu dapat menggunakan VPN ini secara gratisan. Namun, ada pula bayaran lain yang harus kamu dapatkan yaitu serangan adware atau iklan yang sangat mengganggu. Menurut VPNMentor ini kebanayakan aplikasi VPN gratisan akan menampilkan iklan yang berasal dari pihak ketiga. Tidak hanya itu saja, VPN ini juga membagikan data dan kegiatan berinternet kamu kepada pihak ketiga.

Selain itu, adware yang tampil juga terkadang membuat koneksi internet melambat atau mengarahkanmu ke situs berbahaya.

9. Membajak browser

Cara kerja Virtual Private Network ini menghasilkan uang dapat pula dengan membajak browser. Hal ini terjadi ketika layanan itu mengalihkan browser pada website partner tanpa ijin si pengguna. Hospot Shield VPN ditemukan mengalihkan permintaan HTTP pada situs e-commerce seperti e-Bay dan juga Alibaba melalui jaringan mitranya.

10. Penipuan

Terakhir yaitu dengan kejahatan yang sudah disebutkan bahwa akibat penggunaan dapat mengalami pencurian identitas dan penipuan secara finansial. Hospot Shield memberikan akses pada pihak ketiga untuk data pengguna mereka. Model bisnis yang kerap terjadi pada VPN gratisan membaut layanan itu sangat berbahaya sekali.

Itulah diatas dampak buruk bahaya menggunakan VPN, apalagi kamu menggunakan yang GRATIS. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membuat kamu lebih waspada akan kejahatan dunia internet pada jaman sekarang. Pasalnya, kejahatan di dunia online sangat berhaya dan lebih kejam dibandingkan dengan kejahatan dunia nyata.
MasIrfun
Load comments