MasIrfun
MasIrfun Seorang blogger pemula yang ingin memberikan informasi, edukasi, dan review gadget terupdate

Daftar Harga HP Samsung Galaxy Fold dan Spesifikasi Terbaru 2019

MasIrfun - Apa yang telah dinanti-nanti sejak lama oleh Samsung fanboy akhirnya datang juga. Smartphone lipat yang diberi nama Samsung Galaxy Fold telah resmi dirilis pada even Samsung Unpacked kemarin (20/2).

Samsung Galaxy Fold berhasil mencuri perhatian publik, seolah-olah menenggelamkan nama besar Samsung Galaxy S10 yang dirilis secara bersamaan. Jadi, seperti apakah Samsung Galaxy Fold ini? Bagaimana dengan spesifikasi yang dimilikinya? Kapan akan resmi dirilis dan berapa harganya? Semua akan MasIrfun jawab di sini!

Daftar Harga Samsung Galaxy Fold dan Spesifikasi Terbaru Lengkap  


Daftar Harga HP Samsung Galaxy Fold dan Spesifikasi Terbaru 2019


Sebenarnya, kenapa kita harus memiliki ponsel pintar yang bisa dilipat? Apa untungnya memiliki handphone seperti ini?

Dilansir dari cnet.com, seorang analis Creative Strategies, Carolina Milanesi, mengatakan bahwa konsumer tidak pernah puas dengan ukuran layar HP yang dimiliki, tapi tidak ingin memiliki gadget yang kelewat besar.

Lebih lanjut, ia juga mengatakan bahwa Galaxy Fold hadir untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Memang, Samsung bukan produsen pertama yang merilis smartphone lipat. Mereka telah kalah dari Royole yang sudah merilis FlexPai pada even Consumer Electronic Show (CES) Januari tahun ini.

Akan tetapi, FlexPai memiliki begitu banyak kekurangan yang membuat orang enggan untuk memilikinya. Apalagi, sekarang Samsung telah merilis Galaxy Fold yang tentu lebih menarik bagi orang-orang berduit.

Spesifikasi Samsung Galaxy Fold


Daftar Harga HP Samsung Galaxy Fold dan Spesifikasi Terbaru 2019
Sumber foto : detikponsel.com

Tentu Samsung ingin memberikan spesifikasi yang mantul untuk ponsel lipat perdananya ini. Saking mantul-nya, kamu akan syok ketika mengetahui harga handphone ini. Kita mulai dari layarnya. Galaxy Fold memiliki dua layar, 4.6 inci ketika dilipat dan 7.3 inci ketika layar dibuka. Kabar buruk untuk pecinta bezeless, karena ketika dilipat handphone ini memiliki bezel yang sangat tebal.

Resolusi layar 4.6 incinya adalah 840x1960, sedangkan untuk layar 7.3 incinya adalah 1536x2152. Ketika dilipat, ponsel ini cukup tebal, yakni 17mm. Namun, ponsel ini amat tipis ketika dibuka, dengan ketebalan hanya 6.9mm, lebih tipis dari Samsung Galaxy S10 sekalipun. Untuk prosesornya sendiri, Galaxy Fold dibekali dengan Octa-core Qualcomm Snapdragon 855 yang ditunjang dengan RAM sebesar 12GB dan kapasitas penyimpanan sebesar **512GB*.

Bagaimana dengan kamera? Total terdapat enam kamera pada Galaxy Fold: Tiga kamera belakang dan tiga kamera depan, di mana dua kamera terdapat di dalam lipatan. Selain itu, Galaxy Fold juga telah dilengkapi dengan sensor sidik jari yang terletak di sisi samping ponsel, sama seperti Samsung Galaxy S10E. Jadi, sensor sidik jari pada handphone ini tidak terletak di dalam layar seperti Galaxy S10 dan S10+.

Terus, karena bisa dilipat, apa enggak mudah rusak tuh? Dari hasil pengujian, Galaxy Fold mampu dibuka-tutup hingga 200.000 kali. Jadi, jika dalam satu hari kamu membuka-tutup 100 kali, maka handphonemu akan bertahan selama 5 tahun lebih.

Untuk spesifikasi lebih detailnya, kamu bisa cek tabel di bawah ini ya geng!

Spesifikasi Samsung Galaxy Fold
Baterai 4380mAh
Layar 4.6-inch Super AMOLED
7.3-inch QXGA+ Dynamic AMOLED
Prosesor Qualcomm Snapdragon 855
RAM 12GB
Memori Internal 512GB
Kamera Belakang 16MP (ultra wide-angle)
12MP (wide-angle)
12MP (telephoto)
Kamera Depan Two 10MP
8MP 3D depth
Sistem Operasi Android 9.0 dengan Samsung One UI


Waktu Rilis dan Harga Samsung Galaxy Fold


Daftar Harga HP Samsung Galaxy Fold dan Spesifikasi Terbaru 2019

Samsung Galaxy Fold akan resmi dirilis pada tanggal 26 April 2019. Untuk tanggal rilis di Indonesia, MasIrfun belum berhasil menemukan info resminya.

Untuk harganya sendiri, Galaxy Fold akan dibanderol dengan harga $1.980 atau kira-kira sekitar 28 juta rupiah. Harga tersebut untuk varian yang memiliki memori internal 512GB dan RAM sebesar 12GB. Harganya yang begitu tinggi membuat ponsel ini untuk sementara menyandang predikat smartphone termahal untuk saat ini, meninggalkan iPhone XS Max. Galaxy Fold akan memiliki varian yang mendukung jaringan LTE dan 5G. Untuk tipe warna, Galaxy Fold memiliki 4 varian warna, yakni Cosmo Black, Space Sikver, Astri Blue, dan Martian Green.

Apakah Ponsel Lipat Masa Depan Smartphone?


Samsung Galaxy Fold memiliki slogan The Shape of Tomorrow. Apakah benar bahwa ponsel lipat menjadi masa depan smartphone? Yang jelas, kehadiran Galaxy Fold merupakan sebuah gebrakan nyata dari Samsung dalam menghadirkan inovasi di dunia smartphone. Beberapa tahun ke belakang, smartphone yang rilis di pasaran seolah begitu-begitu saja. Inovasi yang ada hanya seputar notch, kamera pop-up, hingga sidik jari di layar.

Oleh karena itu, banyak pengamat mengatakan bahwa kehadiran Galaxy Fold ini merupakan salah satu inovasi terbesar yang ada pada dunia smartphone. Jadi, apakah benar ponsel lipat akan menjadi masa depan? Tentu kita belum bisa mengeluarkan kesimpulan secepat itu. Kita harus melihat bagaimana respon pasar terhadap Galaxy Fold.

Yang jelas, produsen-produsen lain seperti Google, Xiaomi, hingga Apple nampaknya sudah mempersiapkan diri untuk memproduksi ponsel lipat mereka. Kita lihat seperti apa persaingan ponsel lipat pada beberapa waktu ke depan.

Jadi itu dia geng sekilas tentang Samsung Galaxy Fold yang baru aja dirilis. Apakah Galaxy Fold akan menjadi HP Samsung terbaik? Mari kita pantau bersama-sama. Lalu, gimana pendapatmu tentang ponsel lipat yang satu ini? Share di kolom komentar ya!

MasIrfun
MasIrfun  Seorang blogger pemula yang ingin memberikan informasi, edukasi, dan review gadget terupdate

Comments