Huawei Mate 20 Pro: Smartphone Canggih dengan Kamera Profesional

MasIrfun

Huawei Mate 20 Pro: Smartphone Canggih dengan Kamera Profesional
Huawei telah merilis HP flagship barunya ke Indonesia pada 19 Desember 2018 lalu di Jakarta. HP ini tetap membawa seluruh fitur dan performa dari Huawei P20 Pro, bahkan lebih baik.

Bagaimana impresi MasIrfun mengenai HP Huawei Mate 20 Pro ini? Simak review selengkapnya di bawah ini.Huawei Mate 20 Pro, Semua Tentang Estetika dan InovasiSebelum kamu membaca review MasIrfun tentang Huawei Mate 20 Pro, kamu dapat menyaksikan video review singkatnya di atas.

Review ini adalah murni penilaian MasIrfun mengenai Huawei Mate 20 Pro, seluruh pendapat yang diutarakan di artikel ini adalah subjektif. Tiap orang dapat berpandapat yang berbeda. Berikut adalah review selengkapnya yang MasIrfun mulai dari harga serta spesifikasi Huawei Mate 20 Pro.

1. Harga dan Spesifikasi Huawei Mate 20 Pro



MasIrfun tau, yang pertama kali kamu cari dari sebuah HP adalah harganya. HUAWEI Mate 20 Pro ini dibanderol dengan harga yang cukup tinggi guys, yaitu RP. 11.900.000. Harga ini merupakan harga resmi yang diluncurkan oleh HUAWEI Indonesia.

Dengan harga semahal itu, apa yang didapat?

Tentu semua yang kamu impikan ada dalam sebuah smartphone flagship guys. Mulai dari performa yang terbaik di kelasnya saat ini, kamera dengan hasil gambar paling unggul, dan fitur sebuah smartphone yang sangat lengkap.

HP ini dilengkapi dengan CPU Kirin 980 dan RAM sebesar 6 GB, membuat segala urusan multimedia dan gaming menjadi mulus, semulus tangan gebetan. Juga dengan kapasitas penyimpanan internal 128 GB dan dapat ditambah penyimpanan eksternal seharusnya kamu ga bakal kekurangan memori buat foto dan video.

Urusan kamera kamu akan mendapat Leica Triple Camera yang membuat hasil foto sangat jernih, mampu menyaingin hasil kamera DSLR. Menyaingi ya, bukan mengalahkan. Selengkapnya kamu bisa lihat di segmen Kamera.

Baterai yang disematkan di HP Huawei ini memiliki kapasitas sebesar 4200 mAh, memberikan waktu yang lebih lama untuk kamu beraktivitas dengan HP ini. Saat MasIrfun mencobanya, HP ini mampu bertahan hingga 4 hari dalam keadaan standby dengan media sosial yang aktif.

Berikut adalah spesifikasi dan harga selengkapnya:

DetailSpesifikasi Huawei Mate 20 Pro
Tanggal Rilis Rilis Desember 2018 (Indonesia)
Resolusi Layar OLED, 1440 x 3120 pixels, 19.5:9 ratio (~538 ppi)
OS Android 9
Prosesor HUAWEI Kirin 980
GPU Mali-G76 MP10
RAM 6 GB RAM
Penyimapanan Internal 128 GB ROM
Penyimapanan Eksternal Ya, letak di SIM 2
Kamera BelakangLeica Triple camera: 40 MP (Wide Angle Lens, f/1.8 aperture)
20 MP (Ultra Wide Angle Lens, f/2.2 aperture)
8 MP (Telephoto, f/2.4 aperture)
supports autofocus (laser focus, phase focus, contrast focus), supports AIS (Huawei AI Image Stabilization)
Kamera Depan 24 MP, f/2.0 aperture
Support 3D Depth Sensing Camera
Sensor Gravity Sensor
Ambient Light Sensor
Proximity Sensor
Gyroscope
Compass
In-Screen Fingerprint Sensor, Hall sensor, laser sensor, Barometer, Infrared sensor, colour temprature sensor
Baterai 4.200 mAh
Pilihan Warna Emerald Green
Harga Rp. 11.999.000

2. Tampilan Elegan Huawei Mate 20 Pro


Sumber: Idntimes.com

Jika dilihat dari tampilannya, HUAWEI Mate 20 Pro ini memiliki kesan elegan dan mewah. Hal ini didukung notch dengan ukuran simetris dengan layar dan cekungan di samping layar ala edge display milik Samsung. Walau banyak yang tak suka dengan penampilannya yang demikian, tapi saat MasIrfun melihatnya secara langsung HP ini memiliki bentuk yang elegan kok.

Untuk bagian belakang HP ini, kamera adalah hal yang paling mencolok. Posisi yang mengumpul di tengah dengan konfigurasi triple camera dan 1 flash light. Lagi-lagi, posisi kamera ini tak seburuk yang dibayangkan jika kamu melihatnya secara langsung.

Terakhir adalah warna HUAWEI Mate 20 Pro yang disebut Emerald Green memberikan gradasi warna hijau kehitamanan, juga sentuhan corak Hyper Optical jika kamu memperhatikannya secara seksama.

HP ini tidak memiliki headphone jack yang adalah sebuah kekurangan, tapi tergantikan oleh adanya konfigurasi dual speaker yang menghasilkan suara stereo. Speaker letaknya tersembunyi, satu letaknya menyatu dengan earpiece dan satu lagi berada di dalam port USB-C. Gimana kualitas suara HP ini jika sedang dicas? Kualitas suara akan menurun guys. Seperti kamu menutup speaker dengan tangan.

3. Performa Ngebut HUAWEI Mate 20 Pro


Sumber: digitaltrends.com

Lanjut ke performa HUAWEI Mate 20 Pro, dengan spesifikasi yang dimiliki oleh HP ini. Nampak semua kegiatan multimedia dan gaming dapat dijajal habis tanpa kendala. Kamu suka main PUBG? HP ini dapat bermain dalam settingan grafis high dan resolusi HDR dengan sangat mulus. Gimana dengan Fortnite? Tetap lancar jaya tanpa kendala guys.

MasIrfun sudah melakukan benchmark GPU pada HP ini untuk mengetahui seberapa besar performanya secara angka. MasIrfun menggunakan beberapa aplikasi benchmark yang ada. Berikut adalah hasil yang didapat oleh HUAWEI Mate 20 Pro yang MasIrfun uji.

Benchmark Hasil

BenchmarkHasil
AnTuTu Benchmark v.7.1.2 (Total)302908
3DMark (SLing Shot OpenGL ES 3.1)4155
3DMark (SLing Shot Vulkan)4690
3DMark (API Overhead Vulkan)356610
3DMark (API Overhead Vulkan)103106

4. Kamera Bersertifikasi Leica yang Apik



Bicara tentang sebuah HP flagship kurang rasanya kalau tidak ngomongin kamera, HUAWEI Mate 20 Pro seperti yang sudah disebutkan sebelumnya memiliki konfigurasi triple camera yang lolos sertifikasi Leica.

Ketiga kamera ini diletakan di bagian kamera utama pada belakang HP dengan posisi yang cukup ketinggalan zaman menurut MasIrfun. Ada juga yang bilang penempatan kamera seperti ini membuat orang yang memiliki Trypophobia menjadi resah.

Namun, terlepas dari penempatan kameranya. Kamera Huawei Mate 20 Pro adalah yang terbaik di kelasnya dengan besaran pixel masing-masing 40 MP, 20 MP, dan 8 MP. Kamu juga akan mendapat banyak sekali fitur dalam HP ini, diantaranya Aperture Mode, Night Mode, Portrait Mode, dan Pro Mode.

Night Mode pada HUAWEI Mate 20 Pro ini sangatlah baik, kamu akan mendapat hasil gambar yang lebih terang dan jelas pada malam hari. MasIrfun belum mengetahui bagaimana sistemnya bekerja, tapi jika dilihat HP ini akan melakukan foto berkali-kali dengan hasil pencahayaan yang berbeda. Lalu digabungkan secara otomatis untuk mendapat hasil foto dengan cahaya terbaik.

Tak hanya itu, efek bokeh pada Portrait Mode di HP ini sangat baik. Walau didapat dari proses AI atau komputerisasi, tapi hasil bokeh yang didapat sangat rapi terutama pada sisi objek. Walau masih ada beberapa saat bokeh terlihat tidak natural seperti pada helaian rambut tipis.

5. Fitur Premium HUAWEI Mate 20 Pro



Terlepas dari semua performa yang dimiliki, HP ini memiliki fitur unik yang tidak dimiliki oleh semua smartphone. MasIrfun mulai dari reversible charge yang dapat mengisi baterai HP lain secara wireless, seperti layaknya sebuah wireless powerbank.

Gimana kalau teman ada yang iseng mengisi baterai tanpa izin?

Kamu dapat mengatur fitur reversible charge ini melalui menu Battery guys, jika kamu matikan maka aliran daya baterai yang keluar pun terputus. Jadi kamu gausah khawatir ada yang mencuri baterai.

Kapasitas baterai yang besar mungkin akan memakan waktu yang lebih lama untuk durasi cas baterai, tapi tidak untuk HUAWEI Mate 20 Pro ini. Fitur pengisian baterai SuperChargestrong text hingga 40 Watt diklaim dapat mengisi baterai hingga 70% hanya dalam waktu 30 menit.

Fitur 3D Depth Sensing Camera yang dimiliki mampu membuat 3D Face Unlock pada HP ini lebih baik daripada HP lain. Face unlock ini dapat memindai muka kamu walau dalam keadaan redup cahaya sekalipun. Hal ini juga membuat HUAWEI Mate 20 Pro memiliki fitur 3D Live Emoji.

Kelebihan dan Kekurangan


Dari semua performa dan fitur yang dimiliki oleh HP ini, pasti juga ada kekurangannya. berikut adalah kelebihan dan kekurangan HUAWEI Mate 20 Pro menurut MasIrfun:

Kelebihan:

Penampilan berkelas dengan kualitas bahan terbaik
Layar OLED yang sangat jernih
Baterai yang tahan lama
Hasil foto terbaik

Kekurangan:

View Angle pada layar cekung kurang baik, membentuk semacam bayangan
UI atau sistem operasi bawaan HUAWEI yang kurang sempurna
Harga yang cukup tinggi

Kesimpulan

Jika dibandingkan harga dengan barang yang didapat, menurut MasIrfun HUAWEI Mate 20 Pro masih terlalu mahal dijual pada angka 12 juta Rupiah. Walaupun memiliki fitur dan teknologi yang canggih, tapi dengan uang 12 juta kamu dapat memiliki 2 HP Pocophone dan masih ada kembalian uang.

Namun, jika kamu bukan orang yang melihat harga, maka HP ini adalah salah satu smartphone terbaik saat ini. Performa yang mampu mengalahkan HP Android lainnya dan tampilan yang menawan membuat kesan berkelas bagi pemiliknya.

Jika dibandingkan dengan HUAWEI P20 Pro, HP ini memiliki fitur dan performa yang sedikit lebih baik. MasIrfun sendiri memilih HUAWEI Mate 20 Pro. Menurut kamu gimana guys? Apakah HUAWEI Mate 20 Pro layak dibawa pulang jika kamu memiliki uang 12 juta Rupiah?

Tuliskan pendapat kamu di kolom komentar, jangan lupa ;like dan share artikel ini. Sampai jumpa di artikel selanjutnya guys!
MasIrfun
Load comments