MasIrfun
MasIrfun Seorang blogger pemula yang ingin memberikan informasi, edukasi, dan review gadget terupdate

Duel Flagship : Honor 10 vs Samsung Galaxy S9+ Manakah yang lebih cocok unuk kamu beli

Honor 10 telah hadir secara resmi di Tanah Air tampaknya mengusik beberapa smartphone di lini flagship. Diantaranya yaitu tentu Samsung Galaxy S9+ yang berani disandingkan dengan Honor 10. Memang di pembahasan kali ini, Samsung Galaxy S9+ sudah dikenal sebagai smartphone terbaik dengan chipset performa terbaik serta fitur kamera mumpuni.



 Manakah yang lebih layak dibeli, Kini MasIrfun akan memberikan informasi mengenai perbandingan Honor 10 atau Samsung Galaxy S9+ mana yang cocok untuk kamu beli sekarang juga?

Kini banyak vendor yang berlomba-lomba menyematkan beragam fitur menarik, kemampuan kamera canggih, hingga spesifikasi tertinggi pada smartphone flagship untuk memikat banyak orang. Biasanya smartphone flagship ini rata-rata memiliki harga Rp 9 juta ke atas yang harus membuat calon pembelinya mengeluarkan koceknya cukup dalam. Namun ternyata ada juga loh smartphone di kelas ini yang mempunyai harga terjangkau, yaitu Honor 10.

Sekilas, smartphone ini dikembangkan oleh Honor yang merupakan sub-brand dari Huawei. Selain itu, Honor 10 sendiri sebenarnya telah diluncurkan secara resmi di Indonesia pada bulan Agustus 2018 lalu.

Dalam menarik perhatian banyak orang, ternyata smartphone buatan Honor ini dibanderol dengan harga resmi bersahabat hanya mencapai Rp 6.999.000. Dengan harga yang terjangkau ini, Honor 10 mampu menantang smartphone flagship dengan harga Rp 9 juta ke atas di Indonesia, seperti Samsung Galaxy S9+, LG G7+ ThinQ, dan iPhone X.

Untuk pembuktian mengenai kemampuan, performa, dan fitur dari Honor 10 sebagai smartphone flagship maka saya mencoba melakukan perbandingan dengan Samsung Galaxy S9+ yang bisa dibilang sebagai smartphone kelas atas canggih dari Samsung.

Honor 10 vs Samsung Galaxy S9+: Manakah yang Lebih Cocok untuk kamu beli?

Honor 10 vs Samsung Galaxy S9+: Manakah yang Lebih Cocok untuk kamu beli?


Pembahasan ini MasIrfun mereview atau membandingkan antara Honor 10 vs Samsung Galaxy S9+. Mengawali tahun 2019, brand smartphone asal Korea Selatan ini langsung tancap gas dengan merilis Samsung Galaxy S9 dan Samsung Galaxy S9+ untuk lini terbaiknya.

Kerap menjadi dominasi pasar flagship di Indonesia, brand smartphone lain tentu tidak akan tinggal diam untuk mengambil alih tahkta. Salah satunya Honor yang merilis Honor 10 pada Agustus 2018 tahun kemarin. Apakah Honor 10 bisa melibas Samsung Galaxy S9+? Berikut pembahasan lengkap yang akan diulas lengkap dengan MasIrfun, mulai dari desain performa hingga kualitas kameranya guys.

Pertama tentu menilik sektor desain. Baik Honor 10 ataupun Samsung Galaxy S9+ ini sama-sama sudah menggunakan bodi belakang yang bermaterial kaca.

Namun tentu saja yang menjadi pembeda adalah Honor 10 hadir dengan warna yang lebih outstanding dengan Aurora glass design yang dimilikinya, dengan perpaduan warna Phantom Green dan Phantom Blue yang dimilikinya.

Beralih pada bagian depan, Honor 10 ini bisa dibilang lebih mengikuti tren kekinian dengan menghadirkan notch untuk menempatkan kamera, earpiece, LED notification dan sensor yang dimilikinya. Tidak kalah pentingnya, Honor 10 ini juga menempatkan sensor sidik jari pada bagian depan dan di bawah layar. Sedangka Samsung Galaxy S9+ ini sendiri yang punya layar Infinity Display masih meletakkannya di belakang dan tentunya sangat berisiko untuk jari tidak sengaja menyentu lensa kamera.

Soal ukuran itu sendiri, Honor 10 telah hadir lebih ringkas dengan ukuran 5.84 inci sedangkan Samsung Galaxy S9+ telah hadir lebih besar, yakni 6.2 inci. Namun untuk ukuran itu, tentu balik lagi pada preferensi kamu masing-masing. Sesuai kebutuhan kamu sendiri lebih memilih smartphone ringkas di kantong atau punya layar lebar sebagai konten yang lebih interaktif guys. Karena MasIrfun hanya merekomendasikan saja.

Untuk urusan performa sendiri ini, Samsung Galaxy S9+ telah beredar di Indonesia menggunakan chipset yang berbeda, yakni Exynos 9810 yang sudah memiliki fabrikasi 10nm. Sedangkan itu Honor 10 sendiri juga dilengkapi dengan chipset yang memiliki performa sebanding, yakni HiSilicon Kirin 970 yang sama-sama memiliki fabrikasi 10nm pula.

Walaupun demikian, performanya yang bisa dikatakan mirip-mirip dengan chipset Kirin 970 memiliki fitur yang belum dimiliki pada Samsung Galaxy S9+, yakni Neural Processing Unit (NPU) untuk optimalisasi teknologi berbasis artificial intelligence (AI).

Hal ini berarti Honor 10 akan mempelajari kebiasaan pengguna serta melakukan optimalisasi perangkat untuk berbagai kondisi, mulai dari fotografi, gaming, baterai dan sebagainya. Oleh karena itu, baterai 3400 mAh pada Honor 10 ini bisa lebih hemat daya untuk keperluan gaming mobile berkat adanya fitur GPU Turbo berbasis teknologi AI.

Yang utama adalah untuk beberapa judul game seperti Mobile Legends hingga PUBG Mobile, yang memberikan efisiensi daya hingga 30 persen. Dibandingkan dengan baterai 3500 mAh pada Samsung Galaxy S9+ yang terpaut lebih sedikit, keduanya sama-sama bisa dibilang mempunyai performa hampir sebanding.

Dual Kamera, Punya Keunggulan Tersendiri


Melihat dari segi sektor kamera, kedua smartphone ini sudah dilengkapi dengan dual kamera yang memiliki keunggulan masing-masing. Samsung Galaxy S9+ ini dibelaki lengkap dengan sensor 12MP pada kedua lensanya serta mempunyai fitur Dual Aperture mulai bukaan f/1.5 hingga f/2.4 yang menjanjikan pencahayaan optimal di berbagai kondisi.

Untuk kamera depannya ini sendiri, Samsung Galaxy S9+ hanya dibekali dengan lensa bersensor 8MP dengan bukaan f/1.7 sadja. Lain halnya dengan yang ditawarkan Honor 10 yang dibekali dual kamera utama bersensor 24MP serta 16MP dengan bukaan f/1.8, yang jelas lebih besar dibanding Galaxy S9+.

Apalagi kalau untuk kamera depannya sendiri, kamu bisa lebih puas selfie dengan sebuah kamera bersensor sampai 24MP dengan bukaan f/2.0 loh.

Tidak hanya itu saja guys, berkat keunggulan NPU yang dimilikinya Honor 10 juga mengedepankan fitur AI Camera yang bakal menyesuaikan hasil foto pada berbagai kondisi dan kategori. Bisa dilihat dari foto landscape pemandangan, foto manusia, hewan, tanaman hingga makanan untuk food photography akan lebih maksimal.

Kesimpulan: Mana yang Lebih 'Worth to Buy'?

Dari beberapa pembahasan di atas, tentu kedua smartphone flagship ini cocok untuk penggunaan harian mulai dari sosial media, browsing hingga bermain game-game saat ini. Dari segi sektor kamera pun, baik Honor 10 ataupun Samsung Galaxy S9+ memberikan hasil yang terbilang baik, walau masing-masing smartphone tersebut memiliki keunggulan tersendiri.

Lalu manakah yang lebih 'worth to buy' alias layak untuk kamu miliki? Nah apabila kamu melihat dari banderol harganya, Honor 10 bakalan lebih cocok buat kamu yang perhatian soal budget. Karena dengan banderol Rp 6,5 jutaan saja, kamu sudah bisa mendapatkan fitur yang mirip-mirip dengan Samsung Galaxy S9+ yang punya banderol Rp 13 jutaan untuk versi termurahnya.

MasIrfun
MasIrfun  Seorang blogger pemula yang ingin memberikan informasi, edukasi, dan review gadget terupdate
Note: Only a member of this blog may post a comment.