Perusahaan Cina Luncurkan 272 Satelit untuk Menyediakan WIfi Gratis di Seluruh Dunia

MasIrfun

Perusahaan Cina Luncurkan 272 Satelit untuk Menyediakan WIfi Gratis di Seluruh Dunia
Sebuah perusahaan teknologi internet China meluncurkan rasi satelit pertama yang akan menyediakan layanan WiFi gratis di seluruh dunia pada hari Selasa (4/12/2018) ini.

LinkSure Network, yang telah didirikan di Shanghai pada tahun 2013 silam. Mereka sendiri memasarkan dengan tujuan perusahaan internet seluler inovatif global yang mengkhususkan diri dalam akses internet gratis, konten, dan layanan berbasis lokasi di situs web resminya. Dikutip dari China Daily, Kamis (29/11/2018), satelit itu akan diluncurkan dari Pusat Peluncuran Satelit Jiuquan di provinsi Gansu China Barat Laut tahun depan.



China Siapkan Rp6 Triliun untuk Kirim 272 Satelit Demi Sediakan WiFi Gratis di Seluruh Dunia

China Siapkan Rp6 Triliun untuk Kirim 272 Satelit Demi Sediakan WiFi Gratis di Seluruh Dunia

Kemudian kemungkinan pada tahun 2020 ini akan ada 10 satelit di angkasa lagi. Selanjutnya rasi pada satelit itu akan mempunyai 272 satelit pada tahun 2026. Untuk para pengguna dapat menggunakan ponsel mereka sebagai mencari layanan internet yang disediakan oleh rasi satelit ini.

Wang Jingying, CEO LinkSure Network, mengatakan perusahaan akan menginvestasikan 3 miliar yuan atau setara dengan Rp6 triliun untuk proyek ini. Dia percaya bahwa perusahan nantinya akan mendapat keuntungan dan uang di masa depan. Menurut data dari PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa), hingga akhir tahun 2017 silam, masih ada 3,9 miliar orang yang tidak terhubung ke internet.

Soalnya keragaman serta kompleksitas geomorfologi, beberapa fasilitas infrastruktur jaringan telekomunikasi tidak dapat dipasang di beberapa tempat, dan oleh karena itu rasi satelit ini mungkin menjadi alternatif terbaik.
Era Internet Gratis

Pada saat ini, banyak sekali perusahaan teknologi asing, termasuk Google, SpaceX, OneWeb dan Telesat, telah meluncurkan rencana untuk menggunakan satelit guna menyediakan akses internet gratis. Laporan dari seorang ahli yaitu Goldman Sachs sebelumnya memperkirakan peluang jangka panjang dan keuntungan tinggi akan muncul di pasar komersial luar angkasa, dengan skala triliunan dolar dalam waktu 20 tahun.

Bank of America Merrill Lynch telah meramalkan bahwa pada tahun 2045, industri luar angkasa dunia akan mencapai nilai $ 2,7 triliun. Dalam teknologi kedirgantaraan Cina Huang Zhicheng mengatakan bahwa proyek ruang angkasa selalu berisiko tinggi dan investasi tinggi.

Memang, dalam waktu dekat investor tidak akan melihat kembalinya modal selama beberapa tahun dan mereka harus bersabar. Dalam teknologi kedirgantaraan Cina Huang Zhicheng mengatakan bahwa proyek ruang angkasa selalu berisiko tinggi dan investasi tinggi.

Memang, dalam waktu dekat investor tidak akan melihat kembalinya modal selama beberapa tahun dan mereka harus bersabar
MasIrfun
Load comments