Cara Penempatkan dan Tata Letak Kata Kunci Terbaik untuk SEO

MasIrfun

Cara Penempatkan dan Tata Letak Kata Kunci Terbaik untuk SEO
Cara Menempatkan Kata Kunci yang SEO Mungkin masih banyak yang masih bingung mengenai bagaimana cara menempatkan kata kunci (keyword) pada artikel postingan yang baik dan benar. Kata kunci sangatlah dibutuhkan untuk memenangkan persaingan pada SERP (Search Engine Result Page).

Cara Menempatkan dan Letak Kata Kunci Terbaik untuk SEO

Cara Menempatkan dan Letak Kata Kunci Terbaik untuk SEO

1. Menempatkan Kata Kunci Pada Judul Postingan

Salah satu cara terbaik untuk memasukkan kata kunci ke dalam posting blog Anda adalah dengan menempatkannya pada judul posting blog. Tapi ingat, anda tidak perlu menulis banyak kata kunci yang justru membuat judul memiliki kesan berlebihan (keyword stuffing). Intinya kata kunci pada judul semakin ke kiri semakin baik, utamakan memasukannya di awal judul (menurut yoast dan para pakar SEO)

Jangan buat judul yang membohongi pengunjung, kadang ada yang membuat judul artikel yang terlalu lebay, ehh pas dibuka ternyata isinya tidak sesuai. Contoh:
Anggap saja anda akan membuat artikel tentang SEO yang menggunakan fokus kata kunci “Cara Optimasi SEO”.
  • Cara Optimasi SEO On Page Paling Mudah Dilakukan
  • Cara Optimasi SEO On Page Mudah dan Berkualitas 2018

Nah, itu adalah contoh penempatan kata kunci pada judul postingan dimana fokus kata kunci digabungkan dengan kata kunci turunan (long tail keyword). Kemudian untuk judul postingan ini:
“Cara Menempatkan Kata Kunci yang SEO Friendly”.
Saya menargetkan judul di atas dengan lebih banyak keyword,
Cara Menempatkan Kata Kunci (focus keyword)
yang (Penghubung)
SEO Friendly (Pendukung sekaligus kata kunci turunan)
Saya berusaha menjaring pembaca dari 2 kata kunci di atas.

Meskipun begitu, pastikan bahwa judul yang anda buat benar-benar relevan. Jangan sampai hanya karena ingin menargetkan banyak kata kunci justru membuat judul yang tidak enak dibaca.

2. Penempatan Kata Kunci Pada Url Postingan

Setelah kata kunci ditempatkan pada judul, selanjutnya jangan lupa menempatkannya juga pada url atau alamat postingan. Memang pada dasarnya url posting akan secara otomatis disesuaikan dengan judul postingan. Tapi anda bisa mengambil tindakan manual jika dirasa url tidak sinkron dengan judul.

Pastikan anda meletakan kata kunci yang sama pada url posting. Mungkin masih banyak yang bingung menenai masalah ini dan kebanyakan blogger yang belum tahu lebih memilih menggunakan url otomatis (recommended url).

Contoh:

Saya masih akan menggunakan contoh dengen url postingan ini..
“http://www.masirfun.com/2018/12/keyword-density-yang-ideal-untuk-seo.html“

Url yang saya buat sangat berbeda dengan judul, ini karena saya membuatnya secara manual. Intinya adalah mengguanakan url mengandung kata kunci, jadi dengan menyelaraskan url dengan judul akan memberikan peluang untuk postingan yang dibuat bisa masuk halaman pertama untuk kata kunci yang ditargetkan.

3. Kata Kunci Pada Isi Postingan

Isi postingan adalah bagian yang tidak kalah penting dan wajib dimasukkan beberapa kata kunci. Tujuannya agar artikel lebih mudah dikenali oleh mesin pencari. Menulis kata kunci pada postingan memang gampang-gampang susah. Ini karena anda harus bisa menyelaraskan kata-kata yang diberikan kata kunci agar menjadi nyambung. Berikut adalah bagian posting yang wajib diberi kata kunci:

Pada Paragraf Awal Postingan

Paragraf pertama adalah posisi paling bagus untuk menempatkan kata kunci, ini sudah banyak diuji oleh beberapa pakar SEO di Dunia. Jadi anda hanya perlu menempatkan focus keyword anda dengan sedikit tambahan embel-embel long tail keywords.

Untuk mampu bersaing dan mengalahkan website yang populer anda perlu memakai strategi “kata kunci ekor panjang (long tail keyword)”. Jika anda tidak melakukan strategi ini, sudah pasti artikel yang susah payah anda buat hanya akan menjadi sampah di halaman dua dan seterusnya. Karena jika anda fokus hanya dengan kata kunci pendek (short tail keyword), saya rasa sudah dimakan habis oleh web besar.

Penyebaran kata kunci

Saya bilang ini adalah menyebarkan keyword ke seluruh tubuh artikel. Caranya cukup mudah, anda bisa menyelipkan kata kunci pada setiap paragraf dengan volume 1 keyword per paragraf. Tapi anda juga harus hati-hati dan jangan sampai terlalu banyak pengulangan. Takutnya karena memaksakan kw, malah hasil tulisan gak enak dibaca.

Agar hal tersebut tidak terjadi, maka anda perlu memahami keyword density atau yang diartikan dengan jumlah kepadatan kata kunci di dalam postingan. Ruud Hein (seorang blogger profesional) menjelaskan KD (keyword density) yang sehat adalah 0,5% sampai 2% dari keseluruhan isi artikel.

Pada akhir postingan

Bagian akhir artikel biasanya akan berisi sebuah kesimpulan dan penutup. Anda perlu menambahkan kata kunci di akhir postingan, lebih bagus bila disertai dengan link aktif (anchor text/internal link). Gunakan kombinasi kata yang baik dan tidak terkesan menumpuk Spam. Nah jika anda takut terlalu banyak pengulangan anda bisa menggunakan persamaan keyword yang anda bidik. Contoh:
Anda membidik kata kunci “Menempatkan Kata Kunci”
Maka anda bisa memakai persamaan yang memiliki arti mirip, seperti, memposisikan, memasukan, menyisipkan keyword,,.. dan sebagainya.

4. Letakkan Pada Heading Tag (H2, H3 dst)

Banyak sekali yang melewatkan bagian ini, padahal dengan memasukan kata kunci pada heading tag, akan membuat postingan jadi lebih SEO friendly. Heading Tag adalah beberapa sub-judul yang terdapat pada postingan yang terdiri dari H2 sampai H6. Sedangkan H1 adalah judul, sebaiknya tak perlu menggunakan H1 pada isi postingan.

5. Optimasi Pada Gambar

Singkatnya, menempatkan kata kunci pada gambar agar lebih SEO friendly bisa anda sisipkan pada nama gambar, judul dan alt tag gambar. Sebelum mengupload gambar sebaiknya terlebih dahulu merubah nama gambar dengan kata kunci yang anda bidik.

Selanjutnya setelah gambar dimasukan pada postingan, jangan lupa meletakan keyword yang anda bidik pada bagian judul dan alt tag gambar.

6. Menambahkan Kata Kunci Pada Meta Deskripsi

Meta deskripsi adalah tulisan singkat yang menjelaskan isi postingan secara singkat, ini sangat penting untuk diisi. Kata-kata singkat ini akan muncul di bawah judul postingan ketika postingan yang anda buat muncul di mesin pencari.

Anda wajib memasukan kata kunci yang anda bidik ke dalamnya. Semakin tepat anda memposisikan keyword, maka akan semakin besar peluang postingan anda bisa berada di halaman pertama search engine.

Gunakan maksimal 156 karakter huruf untuk mengisi meta deskripsi dan jangan sampai ada pengulangan kata, apalagi pengulangan kata kunci. Kemudian buat penjelasan yang memiliki kesan mengundang pengunjung untuk mengklik judul postingan saat mereka browsing di search engine.

7. Menempatkan Kata Kunci Pada Link Aktif Postingan

Selanjutnya gunakan link aktif pada postingan yang anda buat, ini berguna untuk menjadikan artikel anda lebih SEO friendly. Gunakan beberapa link aktif yang mengarah ke postingan anda yang lainnya dan link aktif yang mengarah ke situs lain. Tapi ingat, jika anda memakai link yang mengarah ke situs lain usahakan untuk menautkan situs yang relevan.


Kemudian untuk link yang diberikan kata kunci, Anda bisa mengarahkannya ke halaman yang serupa. Sebagai contoh, saya memberikan link aktif pada postingan ini “Menempatkan Kata Kunci,” kemudian setelah diklik akan mengarahkan pengunjung ke halaman ini lagi. Coba aja..

Baca juga : Keyword Density yang Ideal Untuk SEO
Letak Kata Kunci Terbaik untuk SEO

Cara Penempatkan dan Tata Letak Kata Kunci Terbaik untuk SEO

Letak Kata Kunci Memang beberapa mesin pencari seperti Google , Yahoo, Bing dan semacamnya itu melakukan indexing dan crawl sebuah artikel pada sebuah blog menggunakan teknik mencari kata kunci sehingga yang di cari oleh para pengunjung akan ditampilkan . Mesin pencari mencari artikel yang sesuai dengan pencarian pengunjung dengan cara mencari kata kunci yang sesuai . bahkan saat ini Mesin pencari sangatlah ketat dalam memilih artikel yang akan berada di halaman nomer satu . oleh karena itu Seoarang blogger harus rajin rajin dan pinter dalam menempatkan kata kunci pada artikel mereka ada google bisa menemukan artikel kamu dan menempatkannya pada halaman satu mereka. oleh karena itu ada beberapa cara dalam penempatan kata kunci tersebut tentunya sudah dalam tahap penelitian oleh para pakar seo (seperti Yoast dan lainnya). tidak sembarangan meletakkan kata kunci, oleh karena itu saya sekarang akan membagikan tips yang saya peroleh dari hasil pengalaman saya dan sudah sesuai dengan yang di anjurkan oleh pakar SEO dunia tentang peletakan kata kunci , dan berikut saya Rangkum Letak Kata Kunci yang sesuai SEO :

1. Letakkan Kata Kunci di Title Tag (Judul Artikel)

Meletakkan kata kunci pada title tag sangatlan berpengaruh karena pada saat seorang pengunjugn mencari keyword pada mesin pencari , dan mesin pencari pertama akan mengcrawl Judul dari Artikel tersebut , setelah itu mesin pencari akan terus Crawl sampai Beberapa kata pada paragraf artikel tersebut. oleh karena itu meletakkan kata kunci pada Title tag sangatlah di anjurkan , di samping akan memperoleh Score SEO bagu juga akan relevan di mata mesin pencari yang sesuai dengan keyword pengunjung yang dicari. Dan perlu diketahui penulisan judul artikel yang baik antara lain :

  1. Memberikan Kata kunci , usahakan di awal kata (Suku Kata)
  2. Gunakan karakter sebanyak 65-70 , karena apabila lebih dari 70 Karakter biasanya google akan menandai artikel kamu bahwa Score seo kamu buruk.
  3. Berikan bubuhan kata yang bisa menarik para pengunjung . (Faktor Artikel kamu di Klik)


2. Letakkan Kata Kunci di Url Artikel (Permalink)

Menurut Yoast pakar seo dunia , Score seo akan bagus ketika permalink kamu terdiri dari 3-5 Kata dan dalam permalink tersebut berisikan kata kunci yang kita bidik . oleh karena itu kata kunci harus ada dalam URL Artikel tersebut.

3. Letakkan Kata Kunci di Tag H1, Tag H2

Tag H1 dan H2 itu sangatlah perlu dalam sebuah artikel karena akan meningkatkan relevansi artikel tersebut di mta mesin pencari , namun apabila kamu membuat sebuah artikel kamu tidak perlu memberikan lebih dari 1 Tag H1 , karena hal tersebut bisa memperburuk Score Seo blog kamu . juga yang perlu di perhatikan yakni Tag H2 , Kembali menurut Yoast Tag H2 perlu di berikan dalam artikel untuk mendukung Score Keyword SEO yang Ideal sangat menguntungkan.
Letakkan Kata Kunci di Tag Alt Gambar dan Video (Media Lainnya)

Tidak lengkap rasanya score seo tanpa kamu tidak membubuhi kata kunci pada tag alt gambar , video atau bahlan media lainnya . hal tersebut juga sangat bagus untuk membantu dalam score seo artikel kamu tersebut , karena Google sangat senang dengan media seperti gambar dam video , Google dan mesin pencari lainnya juga akan mengcrawl atau menulusuri gambar dalam artikel tersebut.
Letakkan Kata Kunci dalam Meta Description Artikel

Meletakkan kata kunci pada meta description sebuah artikel sangatlah di anjurkan karena meta description adalah hal yang ketiga yang di crawl oleh mesin pencari setelah judul dan alaman url , dan meta description akan muncul pada saat pencarian , dan di samping meletakkan kata kunci pada deskripsi artikel kamu , kamu perlu memberikan kalimat yang bisa mengundang para pengunjung untuk mengklik artikel kamu tersebut. Karena tak ada gunanya artikel kita berada di halam pertama Mesin pencari namun tidak di klik bukan? oleh karena itu berikan kalimat yang bisa menarik pengunjung.

4. Letakkan Kata Kunci di Seluruh Paragraf Artikel

Peletakan pada awal paragram (100 Kata Pertama) sangatlah bagus , karena google biasanya hanya menelisir artikel hanya sampai 100-150kata pertama . oleh karena itu hal tersebut sangatlah di anjurkan dan disamping itu kamu juga perlu memberikan kata kunci pada paragraf lainnya agar menambar score relevansi artikel kamu di mata mesin pencari seperti (Google, Bing, Yahoo)
MasIrfun
Load comments