Huawei Mate 20 Pro VS iPhone XS : Manakah yang lebih unggul ?

MasIrfun

Huawei Mate 20 Pro VS iPhone XS : Manakah yang lebih unggul ?
Huawei Mate 20 Pro dibekali chipset Kirin 980 terbaru, dan iPhone XS tidak kalah juga dibekali chipset Bionic A12-nya. Keduanya sama-sama ditenagai chipset terbaru dengan dibekali teknologi 7nm pertama di dunia. Lalu, manakah yang lebih baik?

Hadir menggoda dengan kombinasi triple kamera Leica 40MP wide-angle, 20MP ultra wide-angle, dan 8MP telephoto; Huawei Mate 20 Pro digadang-gadang punya skor DxoMark lebih tinggi dari Huawei P20 Pro. Mampukah Mate 20Pro mengalahkan pesona iPhone XS? Ini dia mana yang lebih baik antara Huawei Mate 20 Pro VS iPhone XS!

Huawei Mate 20 Pro VS iPhone XS: Pilih yang mana?

Huawei Mate 20 Pro VS iPhone XS : Manakah yang lebih unggul ?

Dirilis lebih dulu dari Mate 20 Pro, iPhone XS yang harganya mencapai Rp20 jutaan banyak mendapat kritik keras karena desainnya yang mirip dengan iPhone X. Sementara Huawei memoles Mate 20Pro sedemikian rupa agar jadi penerus yang layak dari Huawei P20 Pro yang laris manis sebelumnya. Harga Huawei Mate 20 Pro cukup mahal sekali di Indonesia dijual sekitar Rp12 jutaan.

Desain Serupa Tapi Tak Sama

Sejak dirilisnya iPhone X pada tahun-tahun silam, trend smartphone dengan Notch di layar pun banyak diadopsi vendor smartphone Android. Termasuk Huawei. Uniknya, Huawei secara design tampak ingin menyamai desain iPhone XS lewat Huawei Mate 20 Pro.

Kok bisa? Lihat ukuran Notch pada Huawei Mate 20 Pro yang kini hadir lebih lebar daripada pendahulunya, P20 Pro. Tampak seperti yang dibawa oleh iPhone XS, bukan? Jangan dilupa tidak hanya itu, desain bezel bawah Huawei Mate 20 Pro pun didesain dengan se-ramping mungkin. Hampir jadi yang tertipis jika dibandingkan  dengan smartphone Android lain yang punya 'dagu' lebar. Lagi-lagi, mirip sama iPhone XS.

Dilihat dari sisi lain, pesona menarik yang ditawarkan Huawei Mate 20 Pro adalah terletak pada desain bodi belakangnya yang dibuat ergonomis dalam genggaman. Lengkungannya nyaman. Dilengkapi dengan material dan warna baru yang dibawanya, tampak sekali lebih menarik jika dibandingkan iPhone XS yang konsistem menyajikan warna standar dengan material kacanya.

Pun demikian, iPhone XS punya keunggulan lain. Bingkai stainless steel yang digunakannya menjanjikan durabilitas tinggi serta dengan tampilan premium. Berbeda dengan bingkai alumunium yang digunakan dengan Huawei Mate 20 Pro pada saat ini. Yah, ada harga ada rupa.

Layar iPhone XS Kalah Canggih!

Iya mungkin, sama-sama menggunakan layar OLED, iPhone XS harus mengakui bahwasannya keunggulan Huawei Mate 20 Pro. Kenapa? faktanyanya saat iPhone XS hanya dibekali layar seluas 5,8 inci, Sedangkan Huawei Mate 20 Pro telah mengusung ukuran layar lebih luas; 6,39 inci dengan resolusi Quad HD (1440p)yang super tajam. Menurut MasIrfun pribadi ini sama tajam sih, mengingat layar iPhone XS lebih kecil dengan resolusi 1125p.

Tapi, saat digunakan untuk streaming YouTube dan Netflix, serta main game; MasIrfun merasa jauh lebih nyaman pake Mate 20 Pro. Lebih luas. Tidak hanya itu karena serunya lagi, layar Mate 20 Pro lengkung di kedua sisinya, jadi sangat nyaman saat digenggam oleh pengguna.

Tidak hanya itu, ada satu keunggulan layar Huawei Mate 20 Pro yang membuatnya menarikk telat dari iPhone XS. yaitu sensor sidik jari di layar! Ya, saat iPhone XS tidak dibekali sensor sidik jari  ini sama sekali, Huawei dibekali teknologi terbaru pada Mate 20 Pro yang membuatnya sayang untuk tidak dibeli.

2 Kamera Udah Biasa, 3 Kamera Lebih Menggoda!

Seperti yang sudah diperbincangkan di awal, kamera Huawei Mate 20 Pro ini hadir dengan kombinasi 3 lensa Leica 40MP wide-angle, 20MP ultra wide-angle, dan 8MP telephoto. Artinya, smartphone ini mampu mengambil gambar dengan sudut pengambilan yang luas, serta juga mampu melakukan optical zoom. Dan juga bisa bikin foto bokeh!

Hasil foto , video memanglah bagus sekali. Selain itu hasil foto, video dari Huawei Mate 20 Pro ini juga layak diacungi jempol. Faktanyanya ada fitur AI Video yang bisa mengenali objek dengan cepat. Kemampuan dalam mengenali objek dari chipset Kirin 980 membuat Mate 20 Pro ini mampu mengaplikasikan filter pada background video. Seperti halnya pada membuat background jadi bokeh, hingga hitam putih pada saat merekam video. Untuk tes ini, nanti MasIrfun akan berikan hasilnya dalam video YouTube di channel JalanTikus ya!

Walaupun sama-sama menggunakan chipset dengan teknologi 7nm pertama di dunia, performa chipset Bionic A12 pada iPhone XS ternyata mampu mengalahkan Kirin 980 pada Huawei Mate 20 Pro. Performanya jauh diatas lebih unggul pada saat pengujian menggunakan AnTuTu Benchmark, dan juga lebih smooth saat dioperasikan sehari-hari.

Walaupun demikian, bukan berarti Mate 20 Pro tidak kencang. Faktanya selama melakukan komparasi iPhone XS dan Huawei Mate 20 Pro, MasIrfun cukup terpukau dengan kemampuannya yang gesit menjalankan multitasking saat main game dan chatting. Tidak lag, dan proses perpindahan antara aplikasi terasa mengalir dengan lancar.

Bahkan, apabila dibandingkan dengan smartphone flagship Android lainnya, Huawei Mate 20 Pro memegang kendali. Samsung Galaxy Note 9 mah lewat! Jadi jika kamu pecinta smartphone Android, dan tidak minat membeli iPhone XS yang harganya selangit, Huawei Mate 20 Pro masih ada di puncak rekomendasi MasIrfun.

Baterai dan Memori Lega, Siapa yang Nolak!?

Lagi dan lagi, Huawei Mate 20 Pro ini berhasil mengungguli iPhone XS dengan membekali baterai berkapasitas 4.200mAh. Sedangkan iPhone XS harus mengakui kekalahan hanya berpuas diri dengan baterai 2.658mAh saja. Oh iya guys, Mate 20 Pro telah dibekali Huawei SuperCharge yang aman, dan mampu mengisi ulang baterai dengan cepat. Dalam pengujian, Selama 30 menit, baterai Huawei Mate 20 Pro telah terisi 70%.

Tambah seru nih, pas iphone XS MasIrfun kehabisa daya, si Huaawei Mate 20 Pro ini bisa ngecharge iphone xs lho! Kok bisa? Karena Mate 20 Pro ini sudah dibekali kemampuan Wireless Reverse Charging yang bisa ngecas HP lain tanpa kabel. wow tidak ? hehe

Hadir dengan dibekali sistem keren operasi EMUI 9.0 berbasis Android Pie 9.0 yang kaya fitur baru, daya tahan baterai Mate 20 Pro cukup layak diacungi jempol. Bisa tahan hingga 2 hari! Faktanyanya ada banyak fitur pendukung untuk menghemat daya tahan baterainya selain kapasitas besar, sebut saja layar OLED, dan optimalisasi baterai terbaru dari Android Pie.

Sedangkan dari segi memori, kamu yang suka RAM besar sudah pasti akan tertarik dengan Mate 20 Pro yang dibekali RAM 6GB, sementara iPhone XS hanya 4GB saja. Kalaupun juga dari segi ruang penyimpanan, iPhone XS pun sudah kalah telak.

Coba pikirkan dalam logika saja, untuk membeli iPhone XS berkapasitas 256GB, kamu harus merogoh kocek Rp21 juta, sementara Mate 20 Pro dengan memori internal 128GB bisa ditebus dengan harga Rp12 juta saja. Dan apabila kurang, kamu masih bisa menambahkan memori eksternal hingga 2GB di Mate 20 Pro!

Kesimpulan: #2019GantiHuaweiMate20Pro!

iPhone XS sejauh ini adalah smartphone utama yang MasIrfun gunakan. Kalaupun demikian, harga yang jauh lebih mahal daripada Huawei Mate 20 Pro serta minim upgrade dari seri iPhone X sebelumnya menjadi kekurangan yang fatal.

Jadi jika kamu memang mengharapkan smartphone terbaru yang mampu memenuhi kebutuhan fotografi, performa tinggi untuk multi-tasking atau main game, serta dibanderol dengan teknlogi baru dan harga terjangkau; maka MasIrfun sarankan untuk membeli Huawei Mate 20 Pro.

Dengan harga pasaran Huawei Mate 20 Pro yang hampir beda setengah harga dari iPhone XS, kamu akan memiliki semua kelebihan smartphone yang MasIrfun sebutkan sebelumnya.

Dan jangan lupakan, Bahwasannya Huawei Mate RS juga tahan air, sama seperti iPhone XS. Tapi apabila kamu mencari smartphone dengan kamera superior, baterai awet, teknologi canggih, performa mumpuni dan harganya terjangkau, ayo jangan ragu pilih Huawei Mate 20 Pro! Stuju? Kalo setuju, yuk #2019GantiHuaweiMate20Pro!
MasIrfun
Load comments