Tuesday, January 8, 2019

5 Tips Strategi Promosi Pemasaran Bisnis Online

Adanya internet, tak bisa dipungkiri, telah mengubah sebagian besar cara hidup kita sehari-hari. Jika sebelumnya kita lebih sering berbelanja langsung ke toko, sekarang ada online shop yang siap sedia setiap saat sebagai tempat untuk berbelanja secara online. Bagi para pebisnis, mempraktekan strategi pemasaran bisnis online yang baik tentu menjadi hal yang wajib dilakukan setelah melihat trend membeli secara online saat ini.



Dalam memasarkan produk secara offline maupun online, strategi pemasaran tetap lah suatu hal yang penting. Dengan strategi yang tepat, penjualan produk maupun jasa pun akan semakin bisa dimaksimalkan. Untuk memaksimalkan pemasaran secara online, berikut ini beberapa strategi yang bisa diterapkan dalam bisnis online.

Baca juga : Pengertian Marketing dan Cara Riset dalam Marketing

Sebelum untuk memulai pembahasan mengenai strategi pemasaran produk, Yang pertama mari kita bahas mengenai apa itu sebenarnya pemasaran produk secara online atau yang juga dikenal dengan online marketing.

Definisi sederhananya, online marketing merupakan sebuah usaha untuk mengenalkan bisnis kepada masyarakat dengan menggunakan internet. Sekarang marilah kita simak apa saja dan bagaimana sih strategi pemasaran produk secara online:

Strategi Promosi Pemasaran


5 Tips Strategi Promosi Pemasaran Bisnis Online
Sumber foto: idcloudhost.com

Dalam sebuah penjualan tentunya harus mengetahui cara atau strategi pemasarannya, pada zaman seperti sekarang ini pemasaran tidak harus dengan cara offline atau dengan cara menyebarkan berbagai macam katalog atau dengan memasang banner di pinggir jalan atau juga dengan membagikan selebaran kepada orang orang banyak, bukan hanya lebih sulit dan mahal strategi seperti itu memerlukan banyak tenaga dan waktu , oleh sebab itu banyak dari perusahaan kecil hingga besar menggunakan cara atau strategi promosi ataupun Penjualan dengan cara online, berikut beberapa manfaat menggunakan Strategi Promosi Online :


  • Efisiensi Waktu
  • Lebih cepat dan tertarget
  • Murah dan Mudah
  • Jangkauan lebih luas


1. Efisiensi Waktu

Dengan kita menggunakan strategi promosi secara online ini akan sangat mengirit waktu artinya kamu tidak perlu memakan banyak waktu untuk memasarkan produk yang akan kamu promosikan tersebut, bila dibandingkan dengan promosi secara offline sangatlah beda jauh, kamu tidak perlu bagi bagi selebaran ke orang orang.

2. Lebih Cepat dan Tertarget


Strategi promo secara online juga lebih cepat artinya hanya dengan menggunakan laptop serta koneksi internet maka kamu dengan cepat akan promosi kepada orang orang, dan jangkauan orang dalam promosi online juga lebih tertarget soalnya lebih mudah untuk promosi sesuai dengan tempat (sesuai produkmu). Misalnya jika kamu menjual sebuah batik dan kamu ingin promosi ke grup facebook , maka kamu hanya perlu internet , laptop dan grup facebook yang membahas tentang batik maka hal ini adalah promosi yang tertarget soalnya promosi ke orang orang yang bener bener membahas tentang batik. itu pemisalan kecilnya , untuk contoh yang lumayan lebih tertarget yaitu dengan cara SEO atau Search Engine Optimization. (Baca juga: Panduan Lengkap Dalam Menerapkan SEO)

3. Murah dan Mudah

Murah dan mudah , mengapa murah? karena kamu hanya membutuhkan koneksi internet , laptop atau komputer tidak seperti promosi offline yang butuh banyak modal untuk memperbanyak selebaran yang akan di bagikan ke orang orang.

4. Jangkauan Lebih Luas

Dalam promosi online memiliki jangkauan yang luas, karena pengguna internet sendiri saat ini sudah terus bertambah dan perkembangannya sudah sangat pesat artinya pengguna internet akan semakin banyak, dan hal tersebut sangat menguntungkan pada marketing ataupun promotor yang ingin beriklan serta memasarkan produk mereka secara online.

Diluaran sana banyak sekali yang membuka kursus dan ebook yang mengenai strategi penjualan online , Akan tetapi Ada beberapa strategi promosi online yang umum orang menggunakan diantaranya sebagai berikut :

  • Facebook Adsvertising
  • Blog Marketing
  • Google Adsword (Google Marketing)
  • Instagram Ads

Seorang Blogger Pemula Asal Jombang, Jawa Timur namun akan belajar terus dan memberikan informasi mengenai Edukasi dan Informasi Gadget Terupdate.